Sukses

JPMorgan: Bitcoin di Fase Titik Jenuh Beli

JPMorgan lebih lanjut memperingatkan perlambatan arus masuk dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin (ETF Bitcoin Spot) baru-baru ini menimbulkan keraguan terhadap prediksi optimis pasar mengenai kenaikan harga di akhir tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Analis JPMorgan, yang dipimpin oleh ahli strategi global Nikolaos Panigirtzoglou, memperingatkan dalam catatan bitcoin berada pada fase overbought atau jenuh beli. Hal ini menunjukkan harga Bitcoin bisa turun lebih jauh.

Para analis menggunakan dua metrik dalam analisis ini yaitu, proksi posisi berjangka JPMorgan dan harga premium bitcoin berjangka dibandingkan dengan harga spot.

“Kedua metrik tersebut menunjukkan bahwa bitcoin tetap berada di wilayah overbought meskipun terjadi koreksi tajam selama seminggu terakhir,” kata Panigirtzoglou dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (26/3/2024).

JPMorgan lebih lanjut memperingatkan perlambatan arus masuk dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin (ETF Bitcoin Spot) baru-baru ini menimbulkan keraguan terhadap prediksi optimis pasar mengenai kenaikan harga di akhir tahun. 

Meskipun terdapat harapan yang tinggi terhadap permintaan berkelanjutan yang dipicu oleh ETF bitcoin dan halving Bitcoin yang akan datang, angka-angka baru ini menunjukkan aliran dana ke ETF spot mungkin tidak akan terus menerus seperti yang diperkirakan beberapa orang.

Setelah aliran masuk selama berminggu-minggu, 10 ETF bitcoin spot yang mulai diperdagangkan pada awal Januari mengalami aliran uang keluar minggu lalu karena kepercayaan bitcoin Grayscale (GBTC) terus mengalami arus keluar yang signifikan. 

“Saat kita mendekati peristiwa halving, aksi ambil untung ini kemungkinan besar akan terus berlanjut, terutama dengan latar belakang posisi yang masih terlihat overbought meskipun terjadi koreksi pada minggu lalu,” jelas Panigirtzoglou.

Bulan lalu, JPMorgan mengeluarkan peringatan bearish, memperkirakan penurunan harga bitcoin menjadi USD 42.000 atau setara Rp 662,9 juta setelah halving pada April. Bank tersebut juga meremehkan dampak dari halving dan peningkatan Ethereum yang akan datang, menunjukkan pasar telah memperhitungkan peristiwa-peristiwa ini. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berhasil Pulih, Harga Bitcoin Kembali Tembus USD 70.000

Sebelumnya, Harga Bitcoin kembali menembus USD 70.000 atau setara Rp 1,10 miliar (asumsi kurs Rp 15.791 per dolar AS) setelah sempat terkoreksi akibat arus keluar besar dari ETF Bitcoin Spot. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Selasa (26/3/2024), sebagian besar aset digital menguat sejak Senin, dengan Bitcoin menguat sebanyak 7,1% menjadi USD 70.816. Itu adalah pertama kalinya token berada di atas USD 70.000 dalam lebih dari seminggu. 

Ether naik sekitar 6%, sementara Solana dan Dogecoin keduanya lebih tinggi lebih dari 4%. Hampir USD 900 juta atau setara Rp 14,2 triliun keluar dari ETF Bitcoin Spot minggu lalu, mencerminkan arus keluar yang terus-menerus dari Grayscale Bitcoin Trust.

Selain itu, penawaran dari BlackRock Inc dan Fidelity Investment Kelompok 10 dana tersebut mengalami salah satu minggu terburuk tahun ini sejak diluncurkan pada Januari.

Permintaan baru dari ETF Bitcoin telah menjadi kekuatan pendorong utama di balik reli bersejarah mata uang kripto terbesar tahun ini. Arus masuk yang kuat ke dalam dana tersebut memicu optimisme seputar pertumbuhan eksponensial kelas aset dari lebih banyak investor. 

 

3 dari 3 halaman

Saham Perusahaan Terkait Kripto

Namun, arus keluar yang sangat besar pada minggu lalu memicu lebih banyak lindung nilai di antara para pedagang terhadap harga yang lebih rendah serta likuidasi yang signifikan dalam taruhan bullish di pasar berjangka kripto.

Saham perusahaan terkait kripto juga melonjak. Misalnya MicroStrategy naik 20%, pertukaran kripto Coinbase Global meningkat 9% dan penambang bitcoin, Marathon Digital naik 5%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini