Sukses

Jelang Momen Halving Bitcoin, Bappebti Imbau Investor Kripto Hati-Hati

Pasar kripto tengah mengalami reli sepanjang Maret 2024. Harga kripto terbesar di dunia, Bitcoin juga berhasil menyentuh rekor harga tertinggi baru yaitu USD 73.000 atau setara Rp 1,13 miliar (asumsi kurs Rp 15.586 per dolar AS).

Liputan6.com, Jakarta Pasar kripto tengah mengalami reli sepanjang Maret 2024. Harga kripto terbesar di dunia, Bitcoin juga berhasil menyentuh rekor harga tertinggi baru yaitu USD 73.000 atau setara Rp 1,13 miliar (asumsi kurs Rp 15.586 per dolar AS).

Kenaikan harga Bitcoin ini salah satunya didorong dengan momen Halving Bitcoin yang diprediksi bakal terjadi pada April 2024. 

Terkait kenaikan harga menjelang halving, Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan Berjangka Komoditi Bappebti Tirta Karma Senjaya mengimbau investor untuk tetap hati-hati dalam berinvestasi kripto. 

Tirta menyampaikan pentingnya memilih platform investasi kripto yang terdaftar di Bappebti agar mendapatkan pengawasan dari regulator. Terutama dengan kondisi pasar kripto yang diprediksi memasuki fase Bull Run.

“Keamanan merupakan faktor yang tidak bisa dikompromi. Jadi pastikan untuk memilih platform investasi yang terdaftar di Bappebti sebelum berinvestasi kripto,” kata Tirta dalam acara Reku Finance Flash, Kamis (14/3/2024). 

Tirta menambahkan masyarakat Indonesia saat ini sudah cerdas dalam memilih investasi, tetapi masih ada yang terjebak investasi ilegal. Menurutnya, banyak modus investasi yang dibalut seolah-olah terlihat logis, tetapi nyatanya ilegal. 

Maka dari itu, Tirta mengingatkan agar masyarakat tidak tergiur investasi yang menjanjikan keuntungan besar dan tetap tanpa risiko, tetapi melihat aspek legal dan logisnya. Adapun, Tirta mengingatkan agar calon investor memahami profil risiko investasi.

“Konsumen ada yang risk taker tapi ada yang memilih aman-aman saja. Jadi konsumen harus cerdas dan menggunakan dana yang aman untuk berinvestasi,” jelas Tirta. 

Terkait jumlah aset kripto yang beragam, Tirta meminta agar masyarakat memahami aset kripto yang menjadi pilihan dengan sering melihat data-data terkait aset kripto tersebut. Bappebti sendiri telah merilis daftar terbaru yaitu 545 aset kripto yang legal dapat diperdagangkan di Indonesia.

 

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Intip Kinerja Kripto MOVR Coin Hari Ini 14 Maret 2024

Sebelumnya, The Moonbeam Foundation menciptakan Moonriver sebagai lingkungan blockchain yang kompatibel dengan Ethereum di jaringan Kusama (KSM). Kripto Moonriver (MOVR Coin) dimaksudkan untuk beroperasi di Kusama sebagai parachain, membantu proyek kripto memperluas jangkauan mereka ke pengguna dan pasar baru dengan pendekatan multi-rantai.

Dilansir dari Coinmarketcap, Kamis (14/3/2024). cryptocurrency asli Moonriver, MOVR Coin, memainkan peran kunci dalam memelihara dan mengoperasikan platform Moonriver. MOVR dapat digunakan untuk mengeksekusi kontrak pintar, memberi insentif pada node, membayar biaya transaksi, dan memfasilitasi tata kelola.

Tim Moonbeam telah memilih untuk meluncurkan Moonriver (MOVR) di Kusama untuk menyediakan platform kontrak pintar yang kompatibel dengan ethereum kepada komunitasnya dan juga merilis Moonbeam (GLMR), platform serupa untuk Polkadot pada 2021.

MOVR akan dikirimkan ke anggota komunitas yang menggunakan cryptocurrency Kusama (KSM) mereka, untuk memilih aplikasi tersebut untuk ditayangkan sebagai parachain di Kusama dalam proses yang disebut Lelang Parachain.

Desain Jaringan Moonriver (MOVR)Moonriver dimaksudkan untuk bekerja sebagai platform kontrak cerdas, memungkinkan pengembang untuk menyebarkan kembali ethereum dapps mereka di lingkungan substrat dengan gesekan minimal.

Ini berarti kontrak pintar yang mendukung dapps Ethereum tidak perlu ditulis ulang atau dikonfigurasi ulang untuk jaringan Karura. Substrat adalah kerangka kerja untuk membuat blockchain baru dan aplikasi blockchain yang dapat berjalan di jaringan Kusama dan Polkadot.

Harga MOVRBerdasarkan data Coinmarketcap, Kamis (14/3/2024), harga MOVR Coin adalah Rp 415,545 dengan volume perdagangan 24 jam sekitar Rp 1,9 triliun.

MOVR melemah 2,30 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 308 dengan kapitalisasi pasar Rp 3,6 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sekitar 4,7 juta MOVR Coin dari maksimal suplai 10 juta MOVR Coin.

 

3 dari 4 halaman

Kapitalisasi Pasar Kripto Koin Meme Melonjak 9,9%, Sentuh Rp 267,5 Triliun

Nilai koin meme melonjak terhadap dolar pada Kamis, 26 Oktober 2023 karena penilaian pasar dari seluruh pasar koin meme mencapai USD 16,8 miliar atau setara Rp 267,5 triliun (asumsi kurs Rp 15.927 per dolar AS), naik 9,9 persen selama 24 jam terakhir. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Jumat (27/10/2023), koin meme terkemuka dalam hal kapitalisasi pasar, dogecoin (DOGE), telah meningkat 11 persen selama sehari terakhir. Tepat di bawah DOGE adalah shiba inu (SHIB), yang naik 7,8 persen dalam rentang 24 jam. 

DOGE telah mencatat USD 1,48 miliar atau setara Rp 23,5 triliun volume perdagangan global selama 24 jam, dan SHIB telah melihat sekitar USD 428 juta atau setara Rp 6,8 triliun dalam volume perdagangan.

Pepe (PEPE) naik 8,9 persen terhadap dolar, dan floki (FLOKI) mengalami kenaikan 28,6 persen selama 24 jam terakhir. Koin meme terbesar kelima berdasarkan kapitalisasi pasar, baby doge coin (BABYDOGE), telah meningkat sebesar 7 persen. 

Meskipun ekonomi koin meme menghasilkan volume perdagangan global sebesar USD 2,66 miliar selama 24 jam, sebagian besar volume perdagangan berasal dari DOGE dan SHIB. Faktanya, sekitar 71,42 persen volume perdagangan global saat ini berasal dari dua aset token meme terkemuka. 

Meskipun lima koin meme teratas memperoleh kenaikan yang lumayan dalam 24 jam, pemimpin terbesar di dunia koin meme dalam hal persentase kenaikan saat ini adalah koin meme pepesol, strawberry elephant, and wassie. Ketiga token meme tersebut memperoleh keuntungan antara 70 persen dan 290 persen selama sehari terakhir.

 

4 dari 4 halaman

Pertumbuhan Nvidia Stabil Meski Pasar Kripto dalam Guncangan

Lonjakan pendapatan Nvidia disebabkan oleh melonjaknya permintaan unit pemrosesan grafis (GPU), khususnya untuk AI dan model AI generatif. GPU biasanya digunakan untuk menambang Bitcoin. 

Pendapatan perusahaan untuk kuartal kedua fiskal mengalami peningkatan luar biasa sebesar 101 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dengan pertumbuhan sebesar 88 persen dibandingkan kuartal sebelumnya.

Meskipun pasar mata uang kripto mengalami fluktuasi, pertumbuhan Nvidia tetap stabil. Perusahaan ini telah mengungguli harga pasar mata uang kripto berkat konsentrasinya pada pengembangan perangkat keras AI dan peningkatan penjualan yang signifikan.

Menurut para ahli, penggunaan aplikasi blockchain praktis bersama dengan kecerdasan buatan dapat menjadi kunci pertumbuhan jangka panjang di kedua industri tersebut.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini