Sukses

Parkir di Zona Hijau, Berikut Kinerja Kripto Shiba Inu Hari Ini 12 Maret 2024

Shiba Inu menjadi salah satu kripto terpopuler dan masuk dalam 15 kripto jajaran teratas berdasarkan kapitalisasi pasar.

Liputan6.com, Jakarta - Koin Shiba Inu dibuat secara anonim pada Agustus 2020 dengan nama samaran "Ryoshi". Koin meme ini dengan cepat mendapatkan kecepatan dan nilai karena komunitas investor tertarik dengan pesona lucu koin, dipasangkan dengan berita utama dan Tweet dari kepribadian seperti Elon Musk dan Vitalik Buterin.

Shiba Inu bertujuan untuk menjadi mitra berbasis Ethereum untuk algoritma penambangan berbasis Scrypt Dogecoin. Token Shiba Inu dan SHIB adalah bagian dari kumpulan cryptocurrency bertema anjing, termasuk Baby Dogecoin (BabyDoge), Dogecoin (DOGE), JINDO INU (JIND), Alaska Inu (LAS), dan Alaskan Malamute Token (LASM). 

Shiba Inu menjadi salah satu kripto terpopuler dan masuk dalam 15 kripto jajaran teratas berdasarkan kapitalisasi pasar. Shiba Inu (SHIB) juga menjadi meme coin terbesar kedua setelah pendahulunya yaitu Dogecoin.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Selasa (12/3/2024) SHIB Coin menguat 5,97 persen dalam 24 jam terakhir. Harga SHIB Coin saat ini berada di level Rp 0,5178 dengan volume perdagangan 24 jam terakhir sebesar Rp 36,5 triliun.

Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 10. SHIB Coin memiliki kapitalisasi pasar sekitar Rp 305,1 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sebanyak 549 triliun SHIB Coin dari maksimal suplai tidak tersedia.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lepas PEPE, Bandar Beralih ke Kripto Shiba Inu

Sebelumnya diberitakan, investor skala besar, atau bandar (Whale) menunjukkan poros baru menuju Shiba Inu (SHIB) setelah divestasi dari PEPE (PEPE). Satu transaksi bandar mencatatkan penjualan 1,97 triliun token PEPE senilai lebih dari USD 6 juta.

Langkah tersebut menghasilkan keuntungan besar hampir USD 3,5 juta bagi investor. Bandar dengan cepat mengalokasikan kembali dananya, memperoleh 75,9 miliar token SHIB dengan investasi hampir USD 900 ribu.

Setelah transaksi, PEPE mengalami penurunan harga yang signifikan sebesar 17,71 persen, menunjukkan koreksi pasar dari puncaknya baru-baru ini. Relative Strength Index (RSI) untuk PEPE menunjukkan nilai 67, mencerminkan perubahan mendadak dalam dinamika pasar dan sentimen investor.

Terlepas dari minat yang didorong oleh bandar, harga SHIB tidak luput dari penurunan sebesar 5,91 persen selama sehari terakhir. Namun, berbeda dengan tren harga, data jaringan SHIB memberikan gambaran yang lebih positif dengan peningkatan alamat dompet baru dan lonjakan kecepatan transaksi, yang menunjukkan peningkatan aktivitas dalam ekosistemnya.

Melansir Bitcoin Haber News, ditulis Minggu (3/3/2024), mekanisme pembakaran token di ekosistem SHIB juga mengalami peningkatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan 3,7 juta token dibakar dalam satu hari. Ini menandai peningkatan yang luar biasa sebesar lebih dari 30 ribu persen.

Sementara itu, jaringan Shibarium, komponen utama infrastruktur Shiba Inu, mengalami penurunan pendaftaran akun baru, sehingga menawarkan sudut pandang berbeda mengenai dinamika ekosistem yang terus berkembang.

Pergerakan bandar dan sinyal jaringan yang kontras ini telah memicu rasa ingin tahu tentang pendorong yang mendasari perilaku pasar SHIB, karena investor dan analis terus memantau lanskap evolusi koin meme.

 

 

3 dari 4 halaman

Triliunan Shiba Inu Dipindahkan dari Binance US

Sebelumnya diberitakan, layanan pelacakan blockchain populer Whale Alert, yang melacak transaksi crypto besar, telah mendeteksi sejumlah besar koin meme Shiba Inu yang dipindahkan dari bursa Binance US.

Transaksi ini bernilai tidak kurang dari USD 18.771.570. Sementara itu, SHIB terus kehilangan posisi di pasar dan telah didorong kembali ke posisi ke-20 oleh kapitalisasi pasar, meskipun peluncuran blockchain Layer 2 yang akan datang, Shibarium.

Whale Alert mencatat, total 2.416.836.656.676 SHIB ditransfer dari pertukaran crypto dalam satu transaksi 11 jam yang lalu ke dompet anonim. Namun, detail yang diberikan oleh Arkham Intelligence menunjukkan bahwa alamat ini milik Binance US.

Melansir U Today, Jumat (21/7/2023). platform ini menunjukkan banyak transfer SHIB antara dompet internal pertukaran crypto terkemuka ini.

Namun, transaksi tersebut yang membawa 2,4 triliun SHIB tidak disebutkan oleh Arkham, hanya menunjukkan ribuan dan jutaan Shiba Inu dipindahkan oleh pertukaran Binance US secara internal.

Dalam kurun waktu 24 jam terakhir, telah terjadi aktivitas pembakaran 84.946.889 SHIB. Dalam hal persentase, ini 22,16 persen lebih sedikit dari yang dihancurkan pada hari Rabu, ketika tentara SHIB berhasil membakar lebih dari 100 juta token Shiba Inu.

Bandar SHIB yang tidak aktif telah terbangun dan mentransfer lebih dari 77,5 juta SHIB ke dompet mati. Alamat pengiriman tetap tidak aktif selama kurang lebih 2,2 tahun, menurut data yang diberikan oleh Etherscan.

 

4 dari 4 halaman

Kinerja Harga SHIB

Dalam semalam, jumlah Shiba Inu terbesar yang dibakar oleh penggemar SHIB dan bandar berjumlah 33.006.524 SHIB. Secara keseluruhan, sejauh ini ada 20 transaksi yang telah membakar 85 juta Shiba Inu tersebut.

Setelah kehilangan hampir 8 persen selama akhir pekan, koin meme terbesar kedua Shiba Inu telah diperdagangkan dalam kisaran, tidak mampu melampaui resistensi USD 0,00000784 dan bertahan di atas support USD 0,00000765.

Awal pekan ini, testnet Shibarium yang dikenal sebagai Puppynet melampaui tonggak sejarah 30 juta transaksi, sementara jumlah dompet yang ditautkan belum bertambah baru-baru ini pada angka 17 juta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.