Sukses

4 Katalis Ini Bakal Jadi Pendorong Harga Bitcoin Makin Mahal di 2024

Perusahaan manajemen aset Ark Invest telah menyoroti empat katalis utama yang akan mendorong harga bitcoin tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan manajemen aset Ark Invest telah menyoroti empat katalis utama yang akan mendorong harga bitcoin tahun ini. Hal ini disampaikan Ark Invest dalam publikasi terbarunya. 

Peluncuran ETF Bitcoin Spot

Katalis pertama adalah peluncuran ETF Bitcoin Spot pada Januari 2024. Ark menjelaskan ETF bitcoin spot memungkinkan investor untuk membeli dan menjual saham yang terkait dengan investasi langsung dalam bitcoin. 

“Bitcoin telah muncul sebagai kelas aset independen yang layak mendapat alokasi strategis dalam portofolio institusional,” kata Ark Invest dalam publikasinya, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (15/2/2024).

Ark adalah salah satu manajer aset yang meluncurkan ETF bitcoin spot pada 11 Januari. 

Halving Bitcoin

Katalis utama kedua adalah halving Bitcoin yang akan datang, yang terjadi kira-kira setiap empat tahun sekali yang berikutnya dijadwalkan pada April 2024.

Secara historis, setiap peristiwa halving bertepatan dengan dimulainya pasar bullish. Diperkirakan pada April 2024, halving ini akan mengurangi tingkat inflasi bitcoin dari 1.8% menjadi 0.9%.

Perkembangan Peraturan Kripto

Katalis ketiga adalah perkembangan peraturan. Ark menunjukkan kebangkrutan FTX dan Celsius telah mendorong dorongan untuk peraturan kripto global yang lebih transparan dan terbuka.

“Ini termasuk potensi pengesahan undang-undang AS yang menetapkan kerangka peraturan untuk mata uang kripto, dan penerapan Pasar Aset Kripto Eropa yang mengamanatkan lisensi untuk penyedia dan bursa dompet kripto di UE,” jelas perusahaan manajemen aset itu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sentimen Selanjutnya

Penerimaan Institusional

Katalis utama keempat untuk bitcoin tahun ini adalah penerimaan institusional. Pergeseran persepsi terhadap bitcoin dari instrumen spekulatif menjadi investasi strategis dalam portofolio yang terdiversifikasi akan menjadi ciri evolusinya pada 2024.

Bulan lalu, CEO Ark Invest Cathie Wood mengatakan perusahaannya memperkirakan ETF bitcoin spot akan menarik arus institusional yang besar yang akan mendorong harga bitcoin jauh lebih tinggi. Dia juga mengatakan kemungkinan bitcoin mencapai USD 1,5 juta atau setara Rp 23,3 miliar pada 2030.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.