Sukses

Selesaikan Gugatan Program Gemini Earn, Genesis Sepakati Tebusan USD 21 Juta ke SEC

SEC akan menerima USD 21 juta sebagai imbalan untuk menyelesaikan gugatan perdata terhadap Genesis atas penawaran dan penjualan sekuritas yang tidak terdaftar melalui program Gemini Earn.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan bangkrut Genesis Global Holdco dan afiliasinya telah menyelesaikan polemik dengan Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) dengan tebusan USD 21 juta.

Dalam pengajuan pada 31 Januari di Pengadilan Kebangkrutan AS untuk Distrik Selatan New York, debitur Genesis mengusulkan penjadwalan sidang pada 14 Februari untuk memasukkan mosi yang mengakui kesepakatan antara perusahaan dan SEC.

Menurut debitur, SEC akan menerima USD 21 juta sebagai imbalan untuk menyelesaikan gugatan perdata terhadap Genesis atas penawaran dan penjualan sekuritas yang tidak terdaftar melalui program Gemini Earn.

"Perjanjian penyelesaian (settlement agreement) adalah produk negosiasi ekstensif antara SEC dan Genesis Global Capital (GGC).Penyelesaian yang diusulkan akan, antara lain, memberikan manfaat bagi harta Debitur, menyelesaikan Tuntutan Perdata yang diajukan oleh SEC dalam Kasus Bab 11 ini dan menghilangkan risiko, biaya, dan ketidakpastian yang terkait dengan litigasi yang berlarut-larut terhadap SEC," bunyi pengajuan tersebut. Melansir Cointelegraph, Jumat (2/2/2024), penyelesaian tersebut akan menyelesaikan gugatan SEC terhadap Genesis dan Gemini yang diajukan pada Januari 2023.

Kasus komisi tersebut berfokus pada tindakan kedua perusahaan antara Februari 2021 dan November 2022, menuduh mereka melanggar undang-undang sekuritas AS melalui program pinjaman kripto. Genesis menangguhkan penarikan pada platformnya pada November 2022 dan mengajukan kebangkrutan pada Januari 2023.

Gugatan SEC dan pengajuan kebangkrutan Genesis menyebabkan beberapa tindakan hukum antara Gemini, Genesis, dan perusahaan induk Genesis, Digital Currency Group, dan CEO-nya Barry Silbert.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tuntutan Hukum yang Berlangsung

Penyelesaian pengumuman tersebut adalah yang terbaru dari SEC di tengah tuntutan hukum yang sedang berlangsung antara regulator keuangan dan perusahaan kripto yang beroperasi di Amerika Serikat, termasuk Ripple, Binance, Coinbase, dan Kraken.

Pada Agustus 2023, SEC mengumumkan penyelesaian USD 24 juta untuk kasusnya terhadap Bittrex dan mantan CEO-nya William Shihara karena mengoperasikan bursa yang tidak terdaftar.

Pada 12 Januari, Genesis Global Trading, entitas terpisah dari Genesis Global Capital yang tidak terlibat dalam program Gemini Earn setuju untuk membayar denda USD 8 juta kepada Departemen Layanan Keuangan New York menyusul penyelidikan yang mengungkapkan kegagalan signifikan dalam program anti pencucian uang dan keamanan siber perusahaan.

Perusahaan setuju untuk menghentikan operasinya di New York dan menyerahkan BitLicense-nya sebagai bagian dari kesepakatan.

3 dari 4 halaman

Platform Pinjaman Kripto Genesis Gugat Crypto Exchange Gemini Rp 10,8 Triliun

Sebelumnya diberitakan, perusahaan pemberi pinjaman kripto yang bangkrut, Genesis Global Holdco LLC, menggugat Gemini Trust Co untuk memulihkan hampir USD 690 juta atau setara Rp 10,8 triliun (asumsi kurs Rp 15.567 per dolar AS). 

Dilansir dari Yahoo Finance, Kamis (23/11/2023), gugatan ini menurut Genesis karena Gemini menarik diri dari Genesis pada bulan-bulan sebelum pengajuan Bab 11 perusahaan pada Januari 2023.

Genesis mengatakan dalam pengaduan hari Selasa di pengadilan kebangkrutan New York penarikan yang dilakukan oleh Gemini belum pernah terjadi sebelumnya dan merupakan kerugian besar yang merugikan kreditor pemberi pinjaman kripto lainnya.

Gugatan tersebut meningkatkan perselisihan dalam kebangkrutan antara Genesis dan Gemini, yang berkolaborasi dalam program Gemini Earn yang memungkinkan klien mengumpulkan sekitar 8 persen bunga atas kepemilikan aset digital mereka. 

Bulan lalu, Gemini menggugat Genesis dalam upaya untuk menentukan siapa yang berhak memiliki sejumlah saham di Grayscale Bitcoin Trust yang sekarang bernilai hampir USD 1,6 miliar atau setara Rp 25 triliun.

Secara umum, Bab 11 memberi perusahaan gagal seperti Genesis kemampuan untuk mendapatkan kembali dana yang telah dibayarkan pada bulan-bulan sebelum kebangkrutan meskipun penerima manfaat tidak melakukan kesalahan apa pun. 

Kekuasaan hukum tersebut dimaksudkan untuk memastikan kreditor tertentu tidak mendapatkan rejeki nomplok hanya karena mereka mampu mengeluarkan uangnya dari bisnis yang gagal sementara yang lain tidak.

Genesis mengatakan pada Selasa mereka mengajukan gugatan untuk menempatkan Gemini pada posisi yang sama dengan kreditor lainnya dan memperbaiki ketidakadilan yang berasal dari penarikan besar-besaran sebelum mengajukan kebangkrutan. 

 

 

4 dari 4 halaman

Usulkan Restrukturisasi, Kreditur Genesis Ingin Uang Kembali 80 Persen

Sebelumnya diberitakan, seorang kreditur Genesis telah mengungkapkan rencana restrukturisasi baru yang diusulkan antara Genesis, Digital Currency Group dan kreditur. Upaya itu akan membuat kreditur mendapatkan kembali setidaknya 80 persen dari dana mereka.

Pada 6 Februari, Genesis Global mengumumkan telah mencapai kesepakatan prinsip dengan Digital Currency Group (DCG) dan krediturnya. DCG akan menyumbangkan bagian ekuitasnya di Genesis Global Trading, bisnis anak perusahaan pialang Genesis, kepada Genesis Global Holdco yang merupakan entitas induk Genesis.

Transaksi tersebut akan membawa semua entitas terkait Genesis di bawah perusahaan induk yang sama. Persyaratan perjanjian akan melihat DCG menukar promissory note senilai USD 1,1 miliar yang ada jatuh tempo pada 2032 untuk saham preferen yang dapat dikonversi. Ini juga akan membiayai kembali pinjaman berjangka 2023 yang ada dengan nilai agregat USD 526 juta dan membuatnya dapat dibayarkan kepada kreditur.

Sambil menunggu penutupan transaksi yang membutuhkan persetujuan pengadilan, Genesis akan berusaha untuk menjual entitas Genesis Global Trading miliknya.

Melansir Cointelegraph, Selasa (7/2/2023), Genesis saat ini sedang melakukan restrukturisasi sebagai bagian dari proses kebangkrutan Bab 11 yang berasal dari krisis likuiditas pada bulan November yang disebabkan oleh kebangkrutan crypto exchange FTX.

Genesis Global Trading tidak termasuk dalam pengajuan Bab 11 perusahaan pada saat itu. Pada sidang kebangkrutan awal Januari, pengacara Genesis mengatakan bahwa firma sedang mencari penyelesaian cepat untuk perselisihan krediturnya dan menyatakan optimis bahwa perusahaan akan keluar dari proses Bab 11 pada akhir Mei.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini