Sukses

China Larang Penggunaan Stablecoin USDT

Kejaksaan Agung Tiongkok (SPP) badan nasional tertinggi yang bertanggung jawab atas penuntutan hukum di daratan Tiongkok telah memperingatkan masyarakat agar tidak menggunakan stablecoin USDT.

Liputan6.com, Jakarta - Lebih dari dua tahun setelah memberlakukan larangan kripto yang signifikan, otoritas China kembali bergerak untuk menindak penggunaan mata uang kripto stablecoin seperti Tether.

Dilansir dari Cointelegraph, Senin (15/1/2024), Kejaksaan Agung Tiongkok (SPP) badan nasional tertinggi yang bertanggung jawab atas penuntutan hukum di daratan China telah memperingatkan masyarakat agar tidak menggunakan stablecoin USDT sebagai perantara untuk memperdagangkan yuan Tiongkok dengan mata uang fiat lainnya. 

Badan tersebut mengeluarkan pernyataan bersama dengan Administrasi Valuta Asing Negara (SAFE), mendesak pejabat lokal untuk menerapkan tindakan yang lebih ketat terhadap stablecoin dalam transaksi valuta asing lintas batas.

Dalam pernyataannya, SPP dan SAFE menyatakan penggunaan USDT sebagai alat tukar antara mata uang lokal dan asing adalah ilegal. 

Pihak berwenang mengatakan cabang lokal mereka harus meningkatkan koordinasi untuk menghukum penipuan pembelian valuta asing, transaksi valuta asing ilegal, dan aktivitas ilegal dan kriminal terkait valuta asing lainnya sesuai dengan hukum.

Di sisi lain, Hong Kong telah mengusulkan untuk menerima dan mengatur stablecoin yang direferensikan fiat (FRS), dengan penerbitnya diharuskan untuk mendapatkan lisensi lokal tertentu. 

Makalah konsultasi bersama dari Biro Jasa Keuangan dan Perbendaharaan serta Otoritas Moneter Hong Kong (HKMA) menguraikan definisi stablecoin yang direferensikan fiat dan mewajibkan perusahaan mana pun yang secara aktif memasarkan penerbitan FRS mereka kepada publik Hong Kong untuk dilisensikan oleh HKMA.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perusahaan Penerbit Stablecoin USDC Bakal Go Public

Sebelumnya diberitakan, didirikan pada Oktober 2013 oleh Jeremy Allaire dan Sean Neville, Circle sedang dalam perjalanan untuk menjadi entitas publik. Perusahaan mempublikasikan hal ini melalui siaran pers pada Kamis, 11 Januari 2024.

Perusahaan mengumumkan penyerahan Formulir kepada Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC). Hingga saat ini, rincian spesifik mengenai jumlah saham dan harganya untuk penawaran mendatang masih dalam pertimbangan.

“Penawaran umum perdana diperkirakan akan dilakukan setelah SEC menyelesaikan proses peninjauannya, tergantung pada pasar dan kondisi lainnya,” ungkap Circle, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (12/1/2024).

Sejak didirikan, perusahaan telah berhasil mengumpulkan total pendanaan USD 950 juta atau setara Rp 14,8 triliun (asumsi kurs Rp 15,582 per dolar AS) dari investor terkemuka seperti Fidelity, Marshall Wace LLP, dan Blackrock. 

Aspirasi Circle untuk menjadi entitas publik telah lama ada, dan perusahaan tersebut hampir mencapai tujuan ini melalui transaksi perusahaan akuisisi bertujuan khusus (SPAC) pada tahun 2021. 

Kesepakatan potensial ini, yang didukung oleh Bob Diamond dari Barclays Capital, diperkirakan bernilai USD 4,5 miliar atau setara Rp 70,1 triliun. Namun, pengaturan tersebut pada akhirnya tidak membuahkan hasil.

Circle, dikenal sebagai penerbit koin USDC stablecoin terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar – saat ini mengelola 25,20 miliar USDC yang beredar. Selama 30 hari terakhir, pasokan USDC telah mengalami pertumbuhan sebesar 4.7%. 

Meskipun terjadi pertumbuhan baru-baru ini, keseluruhan pasokan USDC telah mengalami kontraksi yang signifikan pada tahun lalu. Stablecoin mengalami peristiwa depegging yang penting pada Maret 2023, bertepatan dengan runtuhnya Silicon Valley Bank. Kini, 

Circle mengambil jalur yang mirip dengan Coinbase, yang melakukan debut publiknya pada 14 April 2021, melalui pencatatan langsung di bursa Nasdaq.

 

3 dari 4 halaman

Perusahaan Kripto Tether Terapkan Kebijakan Pembekuan Stablecoin Baru

Tether, perusahaan stablecoin terkemuka di industri kripto, telah mengumumkan inisiatif baru yang signifikan yang bertujuan untuk memperkuat keamanan ekosistem aset kripto. 

Perusahaan tersebut mengumumkan akhir pekan ini langkah baru-baru akan ditetapkan untuk secara sukarela membekukan dompet penambat yang terkait dengan Daftar Warga Negara yang Ditunjuk Khusus (SDN) dari Kantor Pengendalian Aset Luar Negeri (OFAC).

Ini menandai langkah proaktif menuju pemberantasan kegiatan terlarang oleh Tether.  CEO Tether, Paolo Ardoino menekankan sifat strategis dari keputusan ini. Menurut dia, Keputusan strategis ini sejalan dengan komitmen teguh Tether untuk mempertahankan standar keselamatan tertinggi bagi ekosistem global. 

"Dengan melakukan pembekuan alamat dompet secara sukarela pada penambahan baru pada Daftar SDN dan membekukan alamat yang ditambahkan sebelumnya, kami akan dapat lebih memperkuat penggunaan positif teknologi stablecoin dan mempromosikan ekosistem stablecoin yang lebih aman bagi semua pengguna,” kata Ardoino, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (14/12/2023).

Sejarah pembekuan USDT Tether bukanlah hal baru. Sebelumnya, perusahaan telah memasukkan sejumlah alamat yang terlibat dalam transaksi mencurigakan ke dalam daftar hitam. 

Tindakan ini termasuk membekukan lebih dari 30 alamat USDT yang memindahkan miliaran dolar, seperti yang dilaporkan oleh perusahaan intelijen blockchain Chainargos. 

Langkah-langkah ini merupakan bagian dari kolaborasi berkelanjutan Tether dengan penegak hukum, termasuk Departemen Kehakiman AS (DOJ), untuk memerangi aktivitas ilegal.

 

 

4 dari 4 halaman

Pembekuan USDT Terbesar

Dalam satu contoh penting, Tether secara sukarela membekukan USD 225 juta USDT  atau setara Rp 3,5 triliun (asumsi kurs Rp 15.573 per dolar AS) yang terkait dengan kelompok perdagangan manusia di Asia Tenggara. 

Tindakan ini, yang disebut-sebut sebagai pembekuan USDT terbesar yang pernah ada, menunjukkan peran aktif perusahaan dalam mencegah penyalahgunaan mata uangnya. Selain itu, Tether menyita aset senilai USD 9 juta atau setara Rp 140,1 miliar yang dicuri dalam penipuan pemotongan babi, bekerja sama dengan DOJ dan Dinas Rahasia AS.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini