Sukses

Perusahaan Pembayaran Milik Jack Dorsey Luncurkan Dompet Bitcoin Bitkey

Block menekankan Bitkey menggunakan tiga kunci untuk mengamankan bitcoin sehingga memerlukan dua kunci untuk memindahkan bitcoin atau memerlukan tindakan terkait keamanan

Liputan6.com, Jakarta - Block, perusahaan keuangan pembayaran yang didirikan oleh Jack Dorsey telah meluncurkan dompet bitcoin yang disebut Bitkey.

Dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (9/12/2023),  pada pengumuman, Kamis, 7 Desember 2023, pengembang mengungkapkan dompet bitcoin tersebut akan tersedia sebagai aplikasi dan dapat diakses lebih dari 95 negara.

Bitkey memiliki dua dari tiga dompet multi-signature yang terdiri dari kunci seluler, perangkat keras dan server. Ini mencakup perangkat keras yang aman dan alat pemulihan jika hilang.

Untuk menyetujui transaksi, pengguna perlu autentifikasi dengan sidik jari dan teleponnya. Coinbase dan Cash App adalah salah satu mitra global awal untuk Bitkey.

Block menekankan Bitkey menggunakan tiga kunci untuk mengamankan bitcoin sehingga memerlukan dua kunci untuk memindahkan bitcoin atau memerlukan tindakan terkait keamanan yakni pemulihan dan modifikasi pengaturan.

Dompet tersebut beroperasi dengan kerangka multi tanda-tangan dua dari tiga sehingga memastikan Bitkey tidak dapat mengakses atau memindahkan bitcoin tanpa partisipasi mereka.

Pada kuartal III 2023, Block melaporkan kinerja keuangan yang mengesankan. Block mencatat pendapatan USD 5,62 miliar yang didorong  pertumbuhan penjualan yang kuat dari pemproses pembayaran ash App dan Square.

Perseroan juga peroleh laba USD 44 juta dari investasi di bitcoin, dan mendapatkan keuntungan dari pemulihan harga BTC baru-baru ini. Selain itu, transaksi laba kotor mencapai USD 45 juta atau meningkat 22 persen dari YoY dengan Block menjual BTC senilai USD 2,42 miliar kepada pelanggan melalui aplikasi Cash.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perusahaan Pembayaran Block Catatkan Pendapatan Bitcoin Rp 37,7 Triliun pada Kuartal III 2023

Sebelumnya diberitakan, perusahaan pembayaran Block milik Jack Dorsey menerbitkan surat pemegang saham yang mengungkapkan pendapatan kuartal tiga perusahaan. Dalam surat tersebut terungkap laba kotor Bitcoin naik menjadi USD 45 juta atau setara Rp 701,5 miliar (asumsi kurs Rp 15.589 per dolar AS).

Ini menandai kenaikan 22 persen dari tahun ke tahun. Perusahaan ini memulai otorisasi pertama kalinya untuk membeli kembali USD 1 miliar atau setara Rp 15,5 triliun sahamnya, untuk melawan beberapa dampak dilutif dari kompensasi berbasis saham. 

“Kami yakin kami akan mencapai Rule of 40 pada 2026, dengan komposisi awal setidaknya pertumbuhan laba kotor pertengahan remaja dan margin Pendapatan Operasional yang Disesuaikan pada pertengahan 20 persen,” kata Block dalam suratnya, dikutip dari Bitcoin.com, Senin (6/11/2023).

Laporan tersebut mengungkapkan peningkatan substansial dalam pendapatan bitcoin untuk kuartal 3, naik menjadi USD 2,42 miliar atau setara Rp 37,7 triliun, meningkat 37 persen dari tahun sebelumnya.

Block juga menyampaikan transaksi Cash App Pay telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Pada September, layanan ini mencatat lebih dari dua juta pengguna aktif bulanan, angka yang meningkat dua kali lipat sejak Juni. 

Pendapatan kuartal tiga Blok tersebut mengikuti pengungkapan keuangan kuartal ketiga Coinbase yang menunjukkan perusahaan tersebut juga makmur dengan laba bersih. Microstrategy juga meluncurkan pendapatan kuartal tiga nya, mengungkapkan pembelian bitcoin tambahan yang dilakukan pada Oktober.

 

3 dari 4 halaman

Aplikasi Pembayaran Block Raih Pendapatan Rp 31,6 Triliun dari Penjualan Bitcoin

Sebelumnya diberitakan, Berkat peningkatan jumlah Bitcoin yang dijual kepada pelanggannya, perusahaan mantan CEO Twitter, Jack Dorsey, Block Cash App menghasilkan USD 50 juta atau setara Rp 733,7 miliar (asumsi kurs Rp 14.674 per dolar AS) laba kotor Bitcoin pada kuartal pertama 2023. 

“Ini naik 16 persen dari tahun ke tahun,” kata perusahaan itu dalam surat pemegang saham, dikutip dari Decrypt, Minggu (7/5/2023). 

Jumlah total penjualan bitcoin yang dijual kepada pelanggan, yang menurut Block diakui sebagai pendapatan Bitcoin, adalah USD 2,16 miliar atau setara Rp 31,6 triliun, naik 25 persen dari tahun ke tahun.

Dalam laporan pendapatan sebelumnya, Block melaporkan pendapatan Bitcoin sebesar USD 1,83 miliar atau setara Rp 26,8 triliun dari bisnis Cash App.

Pendorong Peningkatan Pendapatan Bitcoin

Menurut perusahaan, peningkatan pendapatan Bitcoin dan laba kotor dari tahun ke tahun didorong oleh peningkatan jumlah Bitcoin yang dijual kepada pelanggan, sebagian diimbangi oleh penurunan harga pasar Bitcoin dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

 

 

4 dari 4 halaman

Tidak Ada Kerugian Penurunan Nilai Kepemilikan Bitcoin

Block, sebelumnya dikenal sebagai Square, adalah perusahaan pembayaran yang didirikan oleh co-founder Twitter Jack Dorsey. 

Ini melayani usaha kecil dan menengah, dengan layanan pembayaran seluler Aplikasi Tunai menjadi alat populer untuk membeli dan menjual Bitcoin, terutama untuk pengguna yang lebih muda dan mereka yang lebih suka melakukan transaksi keuangan di perangkat seluler mereka.

Dalam laporan pendapatan terbarunya, perusahaan juga mengungkapkan tidak membukukan kerugian penurunan nilai pada kepemilikan Bitcoin di kuartal satu setelah menginvestasikan total USD 220 juta atau setara Rp 3,2 triliun dalam cryptocurrency terkemuka di kuartal keempat 2020 dan kuartal pertama 2021. 

Saat itu, Block membeli Bitcoin masing-masing senilai USD 50 juta atau setara Rp 733,7 miliar dan USD 170 juta atau setara Rp 2,4 triliun. 

Seperti yang dijelaskan oleh Block, Bitcoin sebagai aset tidak berwujud yang berumur tidak terbatas dapat mengalami kerugian penurunan nilai jika nilai wajarnya turun di bawah nilai tercatatnya selama periode penilaian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini