Sukses

Intip Kinerja Kripto Dogecoin yang Menguat 10% Selama Sepekan

Dogecoin menjadi salah satu kripto deretan teratas berdasarkan kapitalisasi pasarnya dan menjadi meme coin paling populer di dunia

Liputan6.com, Jakarta - Dogecoin (DOGE) adalah kripto yang didasarkan pada meme Internet "doge" yang populer dan menampilkan anjing Shiba Inu pada logonya. Dogecoin adalah kripto meme coin terbesar di dunia. 

Dilansir dari Coinmarketcap, mata uang digital open-source ini diciptakan oleh Billy Markus dari Portland, Oregon dan Jackson Palmer dari Sydney, Australia, dan bercabang dari Litecoin pada Desember 2013. 

Pencipta Dogecoin membayangkannya sebagai mata uang kripto yang menyenangkan dan ringan yang akan memiliki daya tarik lebih besar. audiens inti Bitcoin, karena didasarkan pada meme anjing.

Dogecoin menjadi salah satu kripto deretan teratas berdasarkan kapitalisasi pasarnya dan menjadi meme coin paling populer di dunia. Sebagai salah kripto yang banyak diminati investor, pergerakan harga DOGE sering diamati. 

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Jumat (10/11/2023) Dogecoin melemah 3,71 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih menguat 10,17 persen sepekan. Harga Dogecoin saat ini berada di level Rp 1.160 dengan volume perdagangan 24 jam terakhir sebesar Rp 15,44 triliun.

Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 9. Dogecoin memiliki kapitalisasi pasar sekitar Rp 164,41 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sebanyak 132,6 miliar Dogecoin dari maksimal suplai tidak tersedia.

Kegunaan Dogecoin

Dogecoin telah digunakan terutama sebagai sistem tip di Reddit dan Twitter untuk menghargai pembuatan atau berbagi konten berkualitas. Pengguna bisa mendapatkan tip Dogecoin dengan berpartisipasi dalam komunitas yang menggunakan mata uang digital, atau Anda bisa mendapatkan Dogecoin dari faucet Dogecoin. 

Faucet Dogecoin adalah situs web yang akan memberi Anda sejumlah kecil Dogecoin secara gratis sebagai pengantar mata uang, sehingga Anda dapat mulai berinteraksi di komunitas Dogecoin.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dogecoin Berhasil Kalahkan Stabilitas Harga Bitcoin

Sebelumnya diberitakan, volatilitas kripto dogecoin (DOGE), mata uang kripto meme terbesar berdasarkan nilai pasar, telah menyusut drastis sehingga kini terlihat lebih stabil dibandingkan pemimpin industri aset digital, bitcoin (BTC).

Dilansir dari CoinDesk, Sabtu (23/9/2023), menurut TradingView, realisasi atau volatilitas historis dogecoin selama 30 hari tahunan adalah 30 persen, terutama lebih rendah dari 35 persen bitcoin. Volatilitas yang direalisasikan dihitung sebagai deviasi standar dari persentase perubahan harian harga aset selama periode tertentu.

DOGE secara historis lebih fluktuatif dibandingkan bitcoin, sehingga membuat takut investor yang menghindari risiko, karena BTC telah ada sejak 2009 dan telah berkembang sebagai aset makro, dengan meningkatnya partisipasi institusional selama tiga tahun terakhir. 

DOGE, sementara itu, telah dipandang sebagai proyek kripto yang tidak serius sejak didirikan pada 2013. Status koin meme yang baru ditemukan sebagai aset yang tidak terlalu fluktuatif tidak boleh dianggap menyiratkan kematangan pasar, dan mungkin berasal dari kurangnya minat investor terhadap mata uang kripto alternatif.

Tingkat dominasi Bitcoin, atau pangsa pasar kripto secara total, telah melonjak menjadi 50 persen dari hampir 40 persen tahun ini, sebuah tanda likuiditas terkuras dari mata uang kripto alternatif dan beralih ke bitcoin. 

 

 

3 dari 4 halaman

Kenaikan Harga Bitcoin

Sementara harga BTC telah naik 60 persen tahun ini, DOGE telah kehilangan lebih dari 12 persen, menurut data CoinDesk.

Metrik likuiditas utama seperti kedalaman pasar agregat sebesar 1 persen menunjukkan data yang sama. Metrik tersebut mengukur tawaran dan permintaan dalam 1 persen dari harga tengah untuk semua buku pesanan di bursa kripto utama.

Rendahnya likuiditas di DOGE dan koin lainnya konsisten dengan prospek peraturan yang suram untuk mata uang kripto yang lebih kecil. Awal tahun ini, Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), dalam gugatannya terhadap bursa aset digital terkemuka 

Coinbase dan Binance, menyebut beberapa altcoin sebagai sekuritas. dogecoin dan SHIB tidak disebutkan, namun potensi peraturan yang lebih ketat untuk altcoin pada akhirnya dapat memengaruhi koin meme.

4 dari 4 halaman

New York Bakal Perketat Proses Listing Koin Kripto Baru

Sebelumnya, proses listing kripto baru di New York menghadapi pembatasan yang lebih ketat dari Departemen Layanan Keuangan New York, terutama jika mereka menargetkan klien ritel, menurut usulan pedoman terbaru yang dikeluarkan oleh regulator pada Senin, 18 September 2023.

Penerima lisensi perlu menilai risiko hukum, reputasi, dan pasar dari setiap koin baru, dan mereka juga harus menetapkan bagaimana mereka akan membalikkan proses tersebut dengan membatalkan pencatatan token, menurut konsultasi, yang diusulkan oleh Inspektur Departemen Jasa Keuangan New York (DFS) Adrienne Harris.

"Sejak bergabung dengan DFS, saya menjadikannya prioritas untuk memastikan kemampuan re2023).

Harris menambahkan, mengutip tim yang terdiri lebih dari 60 staf dan lebih dari USD 132 juta atau setara Rp 2 triliun (asumsi kurs Rp 15.382 per dolar AS) di DFS. denda yang dikenakan pada perusahaan mata uang virtual.

Pada April, regulator yang sebelumnya telah memberikan sanksi kepada perusahaan seperti Coinbase dan Robinhood menetapkan bagaimana perusahaan kripto akan dianalisis ber gulasi dan operasional Departemen sejalan dengan perkembangan industri untuk melindungi konsumen dan pasar,” kata Harris, dikutip dari CoinDesk, Kamis (21/9/2023).

Berdasarkan norma pencucian uang dan keamanan siber. Sebagai bagian dari langkah pada September, regulator juga memperbarui daftar koin yang masuk daftar hijau yang dapat didaftarkan atau disimpan oleh pemegang lisensi tanpa hambatan peraturan lebih lanjut dan sekarang mencakup bitcoin (BTC), ether (ETH), dan stablecoin yang diterbitkan oleh PayPal dan Gemini.

New York telah menjadi pionir AS dalam mengatur kripto, meskipun beberapa pihak menyambut baik kejelasan peraturan tersebut, perusahaan seperti Kraken telah menarik diri sebagai bentuk protes. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini