Sukses

Sempat Populer, Ini Penyebab Marketplace NFT Opensea PHK 50% Pegawai

OpenSea adalah marketplace andalan di dunia NFT yang awal tahun lalu mengumpulkan putaran Seri C senilai USD 300 juta

Liputan6.com, Jakarta - Industri kripto tengah berada dalam keoptimisan beberapa waktu terakhir karena harga Bitcoin yang berhasil melonjak melewati USD 35.000 atau setara Rp 548,2 juta (asumsi kurs Rp 15.663 per dolar AS). 

Di sisi lain, sektor Non Fungible Token (NFT) yang pernah berkembang kini tengah mengalami penurunan. Penurunan ini berdampak pada beberapa perusahaan marketplace NFT. 

Terbaru, perusahaan marketplace NFT OpenSea, memberhentikan 50 persen stafnya. OpenSea adalah marketplace andalan di dunia NFT yang awal tahun lalu mengumpulkan putaran Seri C senilai USD 300 juta atau setara Rp 4,6 triliun dengan penilaian USD 13,3 miliar atau setara Rp 208,3 triliun.

Masalah OpenSea sebagian disebabkan oleh kesalahannya sendiri. Hal ini termasuk keputusan untuk berhenti memberlakukan royalti pencipta, yang memastikan seniman mendapat potongan setiap kali karya mereka dijual di platform. 

Hal ini terjadi sebagai respons terhadap munculnya pesaing seperti Blur, yang platformnya dirancang untuk memperdagangkan NFT secara batch, dan sekarang menyumbang 70 persen dari seluruh volume. 

Namun, keputusan untuk bergabung dengan Blur dan lainnya dalam mengingkari janji royalti meracuni hubungan OpenSea dengan banyak seniman terkemuka, yang memilih untuk menahan karyanya dari platform tersebut. 

CEO Opensea, Devin Finzer mengatakan PHK tersebut adalah bagian dari OpenSea 2.0" yang baru dan lebih baik, namun tidak memberikan rincian spesifik mengenai rencana untuk membalikkan keadaan.

"Kami ingin bergerak dengan kecepatan, kualitas, dan keyakinan untuk membuat taruhan yang lebih bermakna. Hari ini kami melakukan reorientasi tim pada Opensea 2.0, peningkatan besar pada produk kami, termasuk teknologi dasar, keandalan, kecepatan kualitas serta pengalaman," kata Finzer, dikutip dari Yahoo Finance, Rabu (8/11/2023).

Banyak masalah OpenSea yang khusus terjadi pada perusahaan, tetapi juga menghadapi masalah lebih luas yang dihadapi pasar NFT secara keseluruhan.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mantan Karyawan OpenSea Dipenjara Akibat Kasus Perdagangan Orang Dalam

Sebelumnya diberitakan, seorang mantan karyawan di pasar NFT OpenSea diperintahkan untuk menghabiskan tiga bulan di balik jeruji besi setelah dinyatakan bersalah dalam kasus perdagangan orang dalam pertama yang melibatkan aset digital.

Nathaniel Chastain, yang menggunakan informasi rahasia sebagai kepala produk di OpenSea untuk menghasilkan ribuan dolar, pada Selasa dijatuhi hukuman oleh Hakim Distrik AS Jesse M. Furman di New York, setelah juri memutuskan dia bersalah pada Mei atas penipuan kawat dan pencucian uang.

Chastain bertanggung jawab untuk memilih token mana yang akan ditampilkan di halaman beranda OpenSea, yang biasanya menaikkan harga. 

Menghasilkan Lebih Dari Rp 800 JutaJaksa mengatakan dia membeli lusinan NFT sebelum disorot, dan menjualnya segera setelah itu sebanyak lima kali lipat dari yang dia bayarkan, menghasilkan lebih dari USD 57.000 atau setara Rp 873,4 juta (asumsi kurs Rp 15.324 per dolar AS).

"Saya di sini hari ini karena dua tahun lalu saya mengecewakan komunitas yang saya layani dan kehilangan pandangan tentang orang yang saya cita-citakan. Saya minta maaf karena telah membuat kolega dan teman saya di OpenSea mengalami cobaan ini,” kata Chastain, dikutip dari Yahoo Finance, ditulis Minggu (27/8/2023).

Kasus terhadap Chastain dapat menandai jalan bagi kejaksaan untuk menindak penipuan di pasar baru dan nontradisional untuk aset digital seperti kripto dan NFT sementara regulasi masih dikembangkan.

Sebagian besar kasus perdagangan orang dalam tradisional berpusat pada biaya penipuan sekuritas untuk membeli dan menjual saham berdasarkan pengetahuan detail informasi non-publik. Namun, Chastain didakwa melakukan penipuan kawat dituduh menyalahgunakan informasi bisnis rahasia.

 

3 dari 4 halaman

Yuga Labs Bakal Blokir OpenSea, Ini Alasannya

Sebelumnya, Yuga Labs, perusahaan pencipta koleksi NFT populer Bored Ape Yacht Club (BAYC), akan menghapus dukungan untuk protokol Seaport OpenSea mulai Februari 2024.

Langkah tersebut dilakukan setelah keputusan OpenSea untuk menonaktifkan royalti wajib untuk koleksi yang ada. Koleksi Yuga Labs mencakup hampir USD 5 miliar atau setara Rp 76,6 triliun (asumsi kurs Rp 15.324 per dolar AS).

Selain itu, nilai perdagangan sepanjang masa di OpenSea, dengan BAYC sendiri menghasilkan USD 2 miliar atau setara Rp 30,6 triliun. 

Harga dasar proyek Yuga telah terpukul selama seminggu terakhir, dengan BAYC, MAYC dan BAKC masing-masing turun 20 persen, 22 persen dan 29 persen. NFT Bored Ape belum diperdagangkan di bawah 23 ETH sejak Agustus 2021.

Penghapusan Penegakan Royalti OpenSea

Pekan lalu, OpenSea, pasar NFT terbesar kedua berdasarkan volume, mengatakan akan menghapus Operator Filter, alat penegakan royalti on-chain, mulai 31 Agustus. Koleksi yang ada akan melihat royalti diberlakukan hingga 29 Februari 2024.

"Agar jelas, biaya kreator tidak akan hilang - hanya penegakannya yang tidak efektif dan sepihak." kata CEO dan salah satu pendiri OpenSea, Devin Finzer, dikutip dari Yahoo Finance, Rabu (23/8/2023).

Investor OpenSea terkemuka Mark Cuban mengkritik langkah tersebut, dengan mengatakan, "Tidak mengumpulkan dan membayar royalti atas penjualan NFT adalah kesalahan besar oleh OpenSea. Ini mengurangi kepercayaan pada platform dan merugikan industri."

 

4 dari 4 halaman

Hakim AS Tolak Pengajuan Banding SEC Kepada Perusahaan Kripto Ripple

Sebelumnya diberitakan, seorang hakim AS menolak upaya Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk mengajukan banding terhadap Ripple terkait keputusan token digital XRP bukanlah sekuritas ketika dijual ke masyarakat umum.

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat (6/10/2023), Hakim federal Analisa Torres di Distrik Selatan New York mengeluarkan keputusannya pada Rabu, 4 Oktober 2023 dalam kasus yang melibatkan Ripple Labs dan token XRP-nya, dengan mengatakan tidak ada dasar substansial untuk perbedaan pendapat tentang temuannya.

Torres adalah hakim yang memutuskan pada Juli XRP hanya merupakan sekuritas jika dijual kepada investor institusi. Penjualan XRP di bursa publik kepada pelanggan ritel dan memang mematuhi undang-undang sekuritas federal.

Keputusan awalnya dipuji sebagai kemenangan di dunia kripto, dan keputusannya untuk menolak banding SEC juga dirayakan oleh beberapa pelaku industri. 

Setelah pengumuman ini, saham perusahaan kripto termasuk Coinbase Global (COIN), Microstrategy (MSTR), dan perusahaan pertambangan bitcoin, Marathon Digital (MARA) dan Riot Platforms, Inc (RIOT) naik pada pembukaan Rabu antara 1 persen hingga 11 persen.

SEC dan ketuanya Gary Gensler telah berulang kali berargumen mata uang kripto tertentu adalah sekuritas dan oleh karena itu harus diawasi oleh lembaga AS, menggunakan pernyataan tersebut sebagai dasar untuk beberapa tuntutan hukum terhadap pemain industri besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.