Sukses

Intip Kinerja Kripto LUNA Coin di Tengah Pelemahan Hari Ini 27 Oktober 2023

Pengembangan Terra Classic diluncurkan pada Januari 2018 dan blockchain-nya diluncurkan pada April 2019

Liputan6.com, Jakarta - Terra (LUNA) adalah protokol blockchain publik yang muncul dari Terra Classic. Terra Classic adalah tempat bagi algoritma stablecoin TerraClassicUSD. 

Sekarang berganti nama menjadi token LUNC beragunan UST, yang jatuh dalam pada Mei 2022. Itu menjatuhkan valuasi LUNA menjadi hampir nol dan menyebabkan peluncuran chain baru menghasilkan Terra Classic dan Terra. 

Pengembangan Terra Classic diluncurkan pada Januari 2018 dan blockchain-nya diluncurkan pada April 2019. Ini berusaha untuk menggabungkan harga dan adopsi mata uang fiat yang luas dengan ketahanan sensor Bitcoin (BTC) dan menawarkan yang cepat dan terjangkau melalui stablecoin UST-nya. 

Terra Classic menawarkan stablecoin yang dipatok ke dolar AS, won Korea Selatan, tugrik Mongolia, dan keranjang mata uang Hak Penarikan Khusus Dana Moneter Internasional. Lantas bagaimana pergerakan harga koin Luna pada hari ini?

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Jumat (27/10/2023), LUNA Coin melemah signifikan 1,72 persen dalam 24 jam terakhir. Harga LUNA Coin saat ini berada di level Rp 7.057 dengan volume perdagangan 24 jam terakhir sebesar Rp 933,3 miliar. 

Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 118, naik dari sebelumnya 136. LUNA Coin memiliki kapitalisasi pasar sekitar Rp 3,97 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sebanyak 127,4 juta LUNA Coin dari maksimal suplai tidak tersedia.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mantan Bos Kripto Terra Do Kwon Akui Palsukan Volume Perdagangan

Sebelumnya diberitakan, mantan bos kripto perusahaan Terra Labs, Do Kwon, mengaku memalsukan volume perdagangan, menurut dokumen pengadilan dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

Pengajuan SEC pada  22 September menunjukkan pertukaran pesan teks antara Do Kwon dan Daniel Chin, pendiri aplikasi pembayaran Chai, di mana Do Kwon mengatakan kepadanya hanya bisa membuat transaksi palsu yang terlihat nyata yang akan menghasilkan biaya.

Chai bermitra dengan Terra Do Kwon untuk mempercepat pembayaran. Namun tahun lalu, Terra bangkrut dan kini SEC menuduh Do Kwon melakukan penipuan. 

Dalam gugatan SEC terhadap Terra, agensi tersebut menuduh kemitraan tersebut tidak seperti yang dipasarkan kepada pengguna dan Terra tidak pernah menggantikan sistem pembayaran Chai.

Tuduhan tersebut merupakan tuduhan yang besar mengingat pendiri Chai, Daniel Shin, juga mendirikan Terraform bersama Kwon pada 2018. 

Dalam sebuah pernyataan di Twitter, CEO Terraform Labs Chris Amani menolak pesan teks yang bocor itu dan menyebutnya tidak memberatkan. 

"Ini adalah percakapan pribadi, tentang perlunya meningkatkan validator untuk memastikan keamanan rantai. Di banyak rantai kosmos saat ini, hal itu dilakukan melalui imbalan inflasi. Terra hanya mengandalkan biaya sehingga mereka membutuhkan cara lain untuk melakukannya,” kata Amani, dikutip dari Decrypt, Selasa (3/10/2023).

Pada 2019, Terra mengumumkan kemitraannya dengan Chai, menulis dalam postingan blog mereka akan membangun kembali tumpukan pembayaran di blockchain untuk menyederhanakan sistem pembayaran lama dan memberikan biaya transaksi dengan harga diskon kepada pedagang.

 

3 dari 4 halaman

Ingin Kolaborasi dengan Tim Lain

Selain itu, road map mereka termasuk mengejar daftar Terra Classic di antarmuka web Keplr, alat web untuk visualisasi analitik, dan Mintscan, penjelajah blok Cosmos yang melayani pertukaran kripto dan pelanggan.

Dalam proposal mereka, tim menyatakan kesiapan untuk melakukan upaya yang diperlukan untuk mencapai kebangkitan ekosistem yang sejati. Mereka juga menekankan kesediaan mereka untuk berkolaborasi dan berkoordinasi dengan tim lain yang mendapatkan mandat untuk mengembangkan LUNC.

Akibatnya, komunitas LUNC sejauh ini telah menunjukkan tanggapan positif, condong ke arah pemungutan suara untuk mendukung proposal tersebut.

Sesuai data CoinMarketCap, LUNC telah turun 1,65 persen dalam 24 jam terakhir. Saat ini memegang posisi ke-75 dan memiliki kapitalisasi pasar langsung sebesar USD 537.523.209. Suplai koin LUNC yang beredar adalah 5.822.833.985.154, dengan suplai maksimum tidak ditentukan.

4 dari 4 halaman

Bank Investasi Morgan Stanley Sebut Musim Dingin Kripto Sudah Berakhir

Sebelumnya diberitakan, bank investasi global Morgan Stanley percaya musim dingin kripto mungkin sudah berlalu dan musim semi kripto kemungkinan besar akan segera terjadi.

Seorang analis di Morgan Stanley Denny Galindo menjelaskan secara historis, sebagian besar keuntungan bitcoin terjadi langsung setelah peristiwa halving yang terjadi setiap empat tahun.

Hal tersebut disampaikan Galindo dalam laporan baru Morgan Stanley berjudul “Akankah Musim Semi Crypto Akan Datang?” yang dirilis akhir pekan lalu.

“Sama seperti seorang petani yang menghindari menanam bibit di musim dingin atau terlambat di musim semi, investor kripto ingin tahu kapan musim semi kripto telah tiba untuk memaksimalkan musim tanam investasi mereka,” kata Galindo dalam laporannya, dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (24/10/2023).

Galindo menambahkan hanya ada tiga mata air kripto hingga saat ini dan mengakui masih banyak yang harus dipelajari. Berdasarkan data saat ini, tanda-tanda menunjukkan musim dingin kripto mungkin sudah berlalu dan musim semi kripto kemungkinan besar akan segera terjadi.

Periode Sebelum HalvingGalindo menggambarkan musim semi kripto sebagai periode sebelum setiap halving di mana harga bitcoin umumnya pulih dari titik terendah siklus, namun minat investor cenderung lemah. Dia menunjukkan ada tiga musim dingin kripto sejak 2011, yang masing-masing berlangsung sekitar 13 bulan.

"Perkiraannya bervariasi, namun sejarah menunjukkan bahwa halving berikutnya dapat terjadi sekitar bulan April 2024. Tanda-tanda menunjukkan musim dingin kripto siklus penurunan pasar bearish bitcoin mungkin sudah berlalu,” jelas Galindo.

Semakin banyak individu dan analis yang menyatakan optimisme mengenai prospek bitcoin dan pasar mata uang kripto secara keseluruhan. Pada April, Standard Chartered Bank mengatakan musim dingin kripto telah berakhir, memperkirakan harga bitcoin dapat mencapai USD 100.000 atau setara Rp 1,5 miliar (asumsi kurs Rp 15.878 per dolar AS) tahun depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini