Sukses

Uang Milik Streamer Kripto Asal Brasil Raib, Kok Bisa?

Streamer cryptocurrency Brazil, Fraternidade Crypto telah kehilangan ribuan dolar Amerika Serikat (AS).

Liputan6.com, Jakarta - Risiko penyimpanan mata uang kripto adalah nyata dan tidak boleh diremehkan, karena private key (kunci pribadi) dapat dicuri, dihancurkan, atau hilang.

Melansir Cointelegraph, Minggu (3/9/2023), streamer atau penyiar cryptocurrency Brasil, Fraternidade Crypto, adalah salah satu korban terbaru dari praktik hak asuh yang tidak aman. Sebagaimana diketahui, ia dilaporkan kehilangan ribuan dolar Amerika Serikat karena "kecelakaan" private key.

Selama siaran langsung di YouTube pada 29 Agustus 2023, pemilik saluran Fraternidade Crypto, Ivan Bianco, tanpa disadari mengekspos private key ke dompet mata uang kripto yang memiliki hak asuh mandiri.

Di tengah livestream terkait Bitcoin Game BTC dan blockchain, Bianco rupanya mencoba mengakses kata sandinya untuk platform game blockchain Gala Games melalui file teks di komputernya.

Sayangnya bagi streamer, kata sandi Gala Games-nya disimpan dalam file teks yang sama dengan frase awal untuk dompet MetaMask-nya, yang memiliki sejumlah besar MATIC Polygon..

Tak lama setelah secara tidak sengaja membuka file teks, yang memperlihatkan dua kunci pribadi untuk dompet mata uang kripto miliknya, Bianco menutup streaming langsung tersebut, tetapi tampaknya, sudah terlambat untuk memulihkan dana untuk streamer tersebut.

Fraternidade Crypto kemudian memulai streaming langsung baru, mengklaim salah satu pemirsanya berhasil mengakses dompet MetaMask-nya melalui kunci pribadi dan mencuri seluruh simpanan Polygon miliknya sebesar 86.000 MATIC. Pada saat pencurian terjadi, nilainya sekitar USD 50.000.

"Saya tidak sengaja menunjukkan private key saya secara langsung, dan orang tersebut dengan cepat mengirimkannya ke alamat lain. Saya mencoba menutup siaran dan mengirim crypto ke alamat lain, tetapi saya terlambat,” kata Bianco dalam video nya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kehilangan Tabungan

Dalam video tersebut, streamer ini memberikan link alamat Polygon pelaku yang tidak diketahui identitasnya. Simpanan 86.000 MATIC kemudian mulai ditransfer ke berbagai alamat.

Bianco mengklaim dia kehilangan seluruh tabungan hidupnya karena tragedi itu, memohon kepada pemirsa streaming untuk mengembalikan uang tersebut sebagai hadiah.

YouTuber tersebut juga mengatakan dia berencana untuk mengajukan pengaduan ke polisi setempat, dan mencatat bahwa sekitar 70 orang menonton siaran langsungnya yang malang.

Menurut beberapa sumber online, Fraternidade Crypto mungkin telah berhasil mendapatkan kembali setidaknya sebagian dananya sejauh ini. Eksekutif kripto lokal Guilherme Rennó melalui X (sebelumnya Twitter) pada 30 Agustus melaporkan bahwa ada rumor bahwa Bianco akhirnya berhasil memulihkan sebagian besar uang tersebut.

"Penahanan mandiri adalah sesuatu yang memerlukan kehati-hatian yang ekstrim,” kata eksekutif tersebut. 

Dia menambahkan, pengguna kripto tidak boleh menyimpan benih dan kata sandi mereka di komputer mereka atau di tempat yang mudah diakses.

Dihubungi oleh Cointelegraph, Bianco mengatakan bahwa dia entah bagaimana berhasil memulihkan 86,000 MATIC, tetapi masih harus memulihkan token non-fungible (NFT) miliknya.  

“Saya mendapatkan kembali 50 ribu dolar, sekitar 86000 MATIC. Segala sesuatu yang lain masih hilang, nilainya tak terhitung karena merupakan NFT, perkiraan nilai sekitar 15 ribu dolar masih hilang,” kata Bianco sambil menambahkan bahwa dia juga kehilangan sejumlah Ether (ETH) di jaringan ARB.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 3 halaman

Imbauan kepada Investor

Tidak ada yang lebih penting daripada keamanan kunci pribadi dalam hal penyimpanan kripto. Sangat penting untuk berhati-hati dalam menangani kunci pribadi atau frase awal, dan bagi sebagian orang, mungkin lebih baik memilih solusi kustodian, seperti pertukaran.

Penggemar mata uang kripto merekomendasikan investor untuk mendiversifikasi jenis penyimpanan mata uang kripto untuk mencegah hilangnya seluruh tabungan hidup mereka juga.

Meskipun hak asuh mandiri memungkinkan pengguna untuk “menjadi bank mereka sendiri,” metode penyimpanan kripto seperti itu masih rentan terhadap banyak risiko, seperti pencurian, perusakan, atau kehilangan.

"Bukan kunci Anda, bukan koin Anda” adalah ungkapan populer di komunitas mata uang kripto yang memperingatkan pengguna tentang risiko tersebut. Setelah pengguna dompet hak asuh mandiri memperlihatkan kunci pribadinya kepada orang lain, pengguna tersebut tidak lagi menjadi pemilik dana, sesuai dengan aturan kripto.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini