Sukses

Peretas Korea Utara Gondol Lebih dari USD 180 Juta Kripto Selama Semester I 2023

Grup Lazarus diprediksi terlibat dalam aksi peretasan di Korea Utara. Grup ini menjadi tersangka paling dicari dalam berbagai peretasan mengenai kripto.

Liputan6.com, Jakarta - Korea Utara terus menimbulkan ancaman signifikan dalam ranah eksploitasi mata uang kripto. Hal itu menyusul temuan badan intelijen nasional Korea Selatan, yang mencatat peretas dari negara tersebut telah secara ilegal mengumpulkan setidaknya USD 180 juta dalam enam bulan pertama 2023.

Melansir The Block, Jumat (18/8/2023), aksi peretasan di Korea Utara kemungkinan melibatkan Grup Lazarus. Lazarus Group, adalah salah satu tersangka yang paling dicari dalam berbagai peretasan terkait crypto.

CoinsPaid, sebuah entitas yang terkait dengan pemroses pembayaran kripto Alphapo, mengungkapkan pihaknya mengalami eksploitasi senilai USD 37 juta bulan lalu, mencurigai Lazarus Group sebagai biang keladi serangan tersebut. Pemerintah AS mengidentifikasi Lazarus sebagai pelaku utama dalam peretasan senilai USD 600 juta tahun lalu di Ronin, blockchain yang mengoperasikan permainan play-to-earn yang dikenal sebagai Axie Infinity.

Grup ini telah terlibat dalam pencurian dari pengguna cryptocurrency selama beberapa tahun. Sebelumnya, perusahaan analitik Blockchain, Chainalysis mengatakan 2022 adalah tahun dengan peretasan terbesar untuk kripto, dengan nilai aset yang dibobol mencapai USD 3,8 miliar.

Perusahaan menambahkan bahwa peretasan protokol keuangan terdesentralisasi (decentralized finance/defi) menyumbang 82,1 persen dari semua kripto yang dicuri oleh peretas sepanjang 2022. Selain protokol defi, Chainalysis mencatat bahwa peretas yang terkait dengan Korea Utara cenderung mengirim uang dalam jumlah besar ke sebuah sistem mixer, yang biasanya menjadi landasan proses pencucian uang mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

The Fed Mulai Program Baru untuk Awasi Aktivitas Kripto di Bank Amerika Serikat

Sebelumnya, Federal Reserve AS (the Fed) memulai program baru untuk mengawasi aktivitas kripto bank, dan mengklarifikasi persyaratannya. Program ini memungkinkan pemberi pinjaman di bawah otoritasnya mendapatkan persetujuan sebelum terlibat dalam aktivitas aset digital.

Langkah yang diumumkan pada Rabu, 9 Agustus 2023 ini tidak mengubah aturan apa pun untuk perbankan kripto. Sebaliknya, itu hanya mendefinisikan bagaimana bank sentral bermaksud menangani pengawasannya, menempatkan transaksi dengan sektor kripto di bawah program pengawasan aktivitas baru di mana pakar khusus Fed dalam aset digital akan bekerja bersama pengawas regulator.

The Fed juga mengeluarkan penjelasan yang lebih lengkap tentang bagaimana bank yang diawasinya perlu mendapatkan persetujuan awal untuk terlibat dengan stablecoin. 

Sebuah institusi yang menerbitkan, menahan, atau bertransaksi dalam token dolar untuk memfasilitasi pembayaran perlu membuktikan kepada pengawas sebelumnya ia dapat melakukan semua itu dengan cara yang aman dan sehat dan membutuhkan the Fed untuk secara resmi menandatangani.

Bank Bakal Memantau dan Mengendalikan Risiko

Izin itu mungkin sulit untuk dimenangkan, karena setiap bank perlu menunjukkan mereka dapat mengidentifikasi, mengukur, memantau, dan mengendalikan risiko aktivitasnya, dan Fed akan mencari kerentanan apa pun terhadap pencucian uang, pelarian pelanggan, dan peretas.

Pengumuman bank sentral dimaksudkan untuk memperkuat panduan kripto yang dikeluarkan pada Januari, dan pernyataan Selasa datang setelah berita PayPal (PYPL) ia akan meluncurkan stablecoinnya sendiri.

 

3 dari 3 halaman

Memastikan Regulasi

Regulator perbankan AS telah menjelaskan selama pemerintahan ini mereka berniat untuk mempertahankan penghalang substansial antara sistem perbankan dan sektor kripto, meskipun mereka juga bersikeras pemberi pinjaman dipersilakan untuk terus bereksperimen di bawah pengawasan ketat mereka. 

“Program aktivitas baru yang baru akan memberi tahu setiap bank ketika paparan aset digitalnya akan ditinjau,” kata Fed, dikutip dari CoinDesk, Sabtu (12/8/2023).

Sementara itu, bank sentral mengatakan program barunya akan membantu memastikan regulasi dan pengawasan memungkinkan inovasi yang meningkatkan akses dan penyampaian layanan keuangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini