Sukses

Mengenal Kripto GTC Coin dan Gerak Harganya

GTC Coin adalah token kripto tata kelola Gitcoin, diluncurkan pada akhir Mei 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Gitcoin adalah platform yang menggabungkan proyek pemrograman open source dengan sistem pembayaran kripto. GTC digunakan sebagai token tata kelola asli Gitcoin. GTC Coin adalah token ERC-20 yang ditujukan untuk tata kelola platform komunitas.

Gitcoin menciptakan komunitas yang mendukung infrastruktur baru Web3 termasuk alat, teknologi, dan jaringan untuk mendorong pengembangan di bidang sumber terbuka.

GTC Coin adalah token kripto tata kelola Gitcoin, diluncurkan pada akhir Mei 2021. Token ini diperlukan untuk pembuatan dan pendanaan DAO yang akan mengatur Gitcoin.

Gitcoin didirikan oleh Keving Owocki dan Scott Moore. Owocki adalah CEO, Moore adalah pemimpin pertumbuhan teknis dan direktur penelitian.

Apa yang Membuat Gitcoin Unik?

Gitcoin unik karena merupakan platform yang mendukung pembangunan komunitas, terutama untuk proyek sumber terbuka. Pada Juni 2021, lebih dari USD 20 juta atau sekitar Rp 302,3 juta telah didanai untuk proyek sumber terbuka melalui Gitcoin, ada lebih dari 160.000 pengembang aktif setiap bulan dan sedikit lebih dari 1.600 proyek dibuat.

Gitcoin bertujuan untuk menciptakan visi masa depan yang disebut “Tanah Kuadrat” ekosistem digital dengan demokrasi digital dan penekanan kuat pada pembangunan komunitas.

Harga GTC Coin

Berdasarkan data Coinmarketcap, Senin (7/8/2023), harga GTC Coin adalah Rp 18.410 dengan volume perdagangan 24 jam sekitar Rp 1,4 triliun.

GTC Coin menguat 19 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 287 dengan kapitalisasi pasar Rp 1,17 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sekitar 14,1 juta GTC dari maksimal tidak tersedia.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Membedah COMP Coin, Kripto Asli Platform Pinjaman Compound

Sebelumnya, Compound adalah protokol peminjaman DeFi yang memungkinkan pengguna memperoleh bunga atas mata uang kripto mereka dengan menyetorkannya. COMP Coin menjadi kripto utilitas di ekosistem Compound.

Dilansir dari Coinmarketcap, saat pengguna menyetorkan token ke kumpulan penyewaan, mereka menerima cToken sebagai imbalan. CTokens ini mewakili bagian individu dalam kumpulan dan dapat digunakan untuk memulihkan kripto dasar yang awalnya disimpan ke dalam kumpulan kapan saja. 

Misalnya, dengan menyetorkan ETH ke dalam kumpulan, investor akan menerima cETH sebagai imbalan. Seiring waktu, nilai tukar cToken ini ke aset dasarnya meningkat, yang berarti investor dapat menggunakan cToken ini untuk mengambil kembali lebih banyak aset dasar yang dimasukkan di awal, begitulah cara bunga didistribusikan.

Di sisi lain, peminjam dapat mengambil pinjaman yang dijamin dari kumpulan Senyawa mana pun dengan menyetorkan agunan. Rasio pinjaman terhadap nilai maksimum (LTV) bervariasi berdasarkan aset agunan, namun saat ini berkisar antara 50 hingga 75 persen. 

Suku bunga yang dibayarkan bervariasi berdasarkan aset yang dipinjam dan peminjam dapat menghadapi likuidasi otomatis jika agunannya jatuh di bawah ambang pemeliharaan tertentu.

Pendiri Compound

Compound didirikan pada 2017 oleh Robert Leshner dan Geoffrey Hayes, keduanya sebelumnya bekerja dalam peran penting di Postmates layanan pengiriman makanan online. 

Keduanya terus memegang posisi eksekutif di Compound Labs, Inc perusahaan pengembang perangkat lunak di belakang protokol Compound, dengan Leshner saat ini menjabat sebagai CEO, sementara Hayes adalah CTO.

Sementara kedua pendiri memiliki pengalaman mendirikan perusahaan yang sukses, Robert Leshner, khususnya, sangat aktif dalam membantu mengembangkan dunia blockchain, dan telah berinvestasi secara publik di platform kripto populer termasuk Argent Wallet, Opyn, dan Blockfolio.

 

3 dari 3 halaman

Keunikan Compound

Menurut Compound, sebagian besar cryptocurrency duduk diam di platform pertukaran, tidak melakukan apa pun untuk pemegangnya. 

Compound ingin mengubahnya dengan platform peminjaman terbukanya, yang memungkinkan siapa saja yang menyetorkan token Ethereum yang didukung, dengan mudah mendapatkan bunga atas saldo mereka atau mengambil pinjaman yang dijamin semuanya dengan cara yang sepenuhnya tidak dapat dipercaya.

Tata kelola komunitas Compound membedakannya dari protokol serupa lainnya. Pemilik token tata kelola asli platform, COMP Coin dapat mengusulkan perubahan pada protokol, berdebat, dan memilih apakah akan menerapkan perubahan yang disarankan oleh orang lain tanpa keterlibatan apa pun dari tim Compound. 

Ini bisa termasuk memilih cryptocurrency mana yang akan ditambahkan, menyesuaikan faktor agunan, dan membuat perubahan pada cara token COMP didistribusikan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini