Sukses

Tether Luncurkan Perangkat Lunak Penambangan demi Tingkatkan Efisiensi dan Kapasitas

Chief Technology Officer Bitfinex dan Tether, Paolo Ardoino menuturkan, bagian tertentu dari perangkat lunak penambangan dapat tersedia di platform sumber terbuka.

Liputan6.com, Jakarta - Tujuan utama perangkat lunak penambangan Tether BTC yang diperkenalkan baru-baru ini adalah untuk meningkatkan pengelolaan kapasitas penambangan yang efisien.

Melansir Cointelegraph, Minggu (6/8/2023), pengembang Tether akan merilis pustaka JavaScript inovatif yang dibuat untuk memfasilitasi transmisi perintah dan sinyal ke perangkat keras penambangan Bitcoin, termasuk WhatsMiner, AvalonMiner, dan Antminer.

Dalam postingan yang dibagikan di X (sebelumnya Twitter) oleh Paolo Ardoino selaku chief technology officer Bitfinex dan Tether, bagian tertentu dari perangkat lunak penambangan dapat tersedia di platform sumber terbuka pada masa mendatang.

Tujuan utama perangkat lunak penambangan Tether BTC adalah untuk meningkatkan pengelolaan kapasitas penambangan yang efisien, yang menghasilkan operasi yang lebih efektif.

Ardoino menekankan perannya sebagai kontributor inti untuk Moria, instrumen orkestrasi untuk pertambangan, dan mengatakan, semua kemajuan terbaru dibangun menggunakan teknologi Holepunch.

Pada postingan sebelumnya, Ardoino membagikan insight tentang fungsi Moria. Instrumen penambangan ini memungkinkan komunikasi antar komponen dalam ekosistem penambangan BTC, memungkinkan interaksi melalui cara yang efisien, aman, tahan serangan, dan hemat biaya.

Ardoino menjelaskan, setiap penambang akan memiliki kunci publik/pribadi yang unik, memungkinkan streaming data terenkripsi dan aman melalui hyper core dan penerimaan perintah melalui hyper swarm.

Pendekatan ini mengurangi kompleksitas konfigurasi firewall, meningkatkan ketahanan terhadap kegagalan, memungkinkan replikasi yang mudah di seluruh situs, dan menciptakan rasa pemeliharaan dan modularitas yang lebih baik dibandingkan dengan upaya sebelumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terlibat di Sektor Penambangan Kripto

Meskipun menghadapi tantangan hukum dan tindakan regulasi, Tether tetap terlibat dalam sektor penambangan cryptocurrency.

Setelah menyatakan niatnya untuk mengalokasikan sebagian tertentu dari keuntungan bulanannya untuk memperoleh BTC, perusahaan mengumumkan investasinya dalam produksi energi dan penambangan BTC berkelanjutan di Uruguay bekerja sama dengan perusahaan lokal.

Uruguay terkenal dengan infrastrukturnya yang kuat di sektor energi terbarukan. Berkat sumber daya alamnya yang melimpah, hampir 100 persen listriknya berasal dari sumber terbarukan.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 3 halaman

Perusahaan Kripto Tether Umumkan Investasi di Sektor Penambangan Bitcoin

Sebelumnya, Tether, penerbit stablecoin USDT  telah berinvestasi dalam produksi energi dan fasilitas penambangan bitcoin (BTC) berkelanjutan di Uruguay, perusahaan mengumumkan pada Selasa, 30 Mei 2023 dalam siaran pers.

Perusahaan tersebut bekerja sama dengan perusahaan berlisensi lokal dan secara aktif merekrut. Tether tidak mengungkapkan jumlah investasi atau perusahaan mitra. Tether mengharapkan fasilitas penambangan akan mulai beroperasi pada pertengahan kuartal tiga tahun ini, kata juru bicara perusahaan.

Informasi itu muncul setelah Tether menyusun rencana awal bulan ini untuk mengalokasikan sebagian dari keuntungannya untuk investasi bitcoin, termasuk pembelian rutin BTC dan infrastruktur pendanaan. 

Bersamaan dengan pengumuman itu, perusahaan mengungkapkan pembelian bitcoin pertamanya, dengan mengatakan mereka memegang sekitar USD 1,5 miliar atau setara Rp 22,4 triliun (asumsi kurs Rp 14.984 per dolar AS) kripto pada akhir Maret.

“Dengan memanfaatkan kekuatan Bitcoin dan kemampuan energi terbarukan Uruguay, Tether memimpin dalam penambangan Bitcoin yang berkelanjutan dan bertanggung jawab,” kata chief technology officer Tether Paolo Ardoino dalam siaran pers, dikutip Rabu (31/5/2023).

USDT Tether adalah stablecoin terbesar di pasar dengan kapitalisasi USD 83 miliar atau setara Rp 1.243 triliun. Token sebagian besar didukung dengan aset seperti utang yang diterbitkan pemerintah AS, tetapi juga emas dan simpanan pinjaman yang dijamin kepada pihak yang dirahasiakan. 

Hasil yang meningkat selama setahun terakhir-plus telah terbukti menjadi keuntungan bagi perusahaan, berkontribusi pada laba bersih USD 1,5 miliar untuk kuartal pertama 2023.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.