Sukses

Mengenal Apa Itu Litecoin Kripto

Litecoin memiliki waktu blok hanya 2,5 menit dan biaya transaksi yang sangat rendah, menjadikannya cocok untuk transaksi mikro

Liputan6.com, Jakarta Litecoin (LTC) adalah mata uang kripto yang dirancang untuk menyediakan pembayaran yang cepat, aman, dan murah dengan memanfaatkan sifat unik dari teknologi blockchain.

Dilansir dari Coinmarketcap, Litecoin dibuat berdasarkan protokol Bitcoin (BTC), tetapi berbeda dalam hal algoritma hash yang digunakan, hard cap, waktu transaksi blok, dan beberapa faktor lainnya. 

Litecoin memiliki waktu blok hanya 2,5 menit dan biaya transaksi yang sangat rendah, menjadikannya cocok untuk transaksi mikro dan pembayaran di tempat penjualan.

Litecoin dirilis melalui klien sumber terbuka di GitHub pada 7 Oktober 2011, dan Jaringan Litecoin aktif lima hari kemudian pada 13 Oktober 2011. 

Sejak itu, mata uang kripto meledak baik penggunaan dan penerimaannya di antara pedagang serta diperhitungkan di antara sepuluh mata uang kripto teratas berdasarkan kapitalisasi pasar selama sebagian besar eksistensinya.

Penemu Litecoin

Mata uang kripto ini diciptakan oleh Charlie Lee, mantan karyawan Google, yang menginginkan Litecoin menjadi "versi ringan dari Bitcoin", karena Litecoin memiliki beragam properti yang sama dengan Bitcoin walaupun bobotnya lebih ringan.

Charlie Lee, juga dikenal sebagai "Chocobo", adalah penambang Bitcoin awal dan ilmuwan komputer, yang merupakan mantan insinyur perangkat lunak untuk Google. Selain itu, Charlie Lee memegang peran sebagai direktur di Coinbase antara 2015 dan 2017 sebelum pindah ke usaha lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keunikan

Kini, Charlie Lee adalah penganjur mata uang kripto yang vokal dan merupakan direktur pelaksana Litecoin Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama tim Pengembangan Inti Litecoin untuk membantu memajukan Litecoin.

Keunikan Litecoin

Menyusul Bitcoin, Litecoin adalah mata uang kripto murni terpopuler kedua. Kegagalan ini sebagian besar dapat dikaitkan dengan kesederhanaan dan manfaat utilitasnya yang jelas.

Pada Januari 2021, Litecoin adalah salah satu mata uang kripto yang paling banyak diterima, dan lebih dari 2.000 pedagang dan toko sekarang menerima LTC di seluruh dunia.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.