Sukses

Deretan Kripto Ini Dapat Dicermati Investor Sepanjang Akhir Pekan Ketiga Juni 2023

Berikut sejumlah kripto yang wajib dicermati pada akhir pekan ketiga Juni 2023. Hal ini setelah kripto dapat pukulan pada akhir pekan lalu karena tuntutan SEC kepada Binance dan Coinbase.

Liputan6.com, Jakarta - Pasar kripto mendapat pukulan besar minggu lalu, sebagian besar karena tuntutan hukum yang diajukan Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) terhadap raksasa kripto Binance dan Coinbase.

Akibat tuntutan ini, pasar kripto terpantau melemah sepanjang pekan terakhir. Pasar juga kehilangan kapitalisasi pasar miliaran, dan tidak jelas bagaimana peristiwa itu akan terungkap dan apa dampak lebih lanjut yang akan ditimbulkannya. Sebagian besar koin berwarna merah, dengan beberapa koin terpilih hanya sedikit terpengaruh.

Namun, di tengah tindakan keras dan pasar kripto yang mayoritas melemah, ada beberapa koin yang wajib dicermati investor sepanjang akhir pekan ketiga Juni 2023. Dilansir dari Investopedia, Minggu (18/6/2023), berikut daftarnya:

PAX Gold (PAXG)

PAX Gold (PAXG) adalah mata uang kripto yang didukung oleh emas dan diciptakan oleh orang-orang di belakang Paxos Standard. PAXG mungkin melihat dampak yang lebih kecil dari efek tuntutan hukum SEC karena itu adalah token yang bertujuan untuk membuat emas lebih mudah diperdagangkan. Emas sering digunakan sebagai aset cadangan selama periode bergejolak, dan ini mungkin menguntungkannya. 

XRP (XRP)

XRP Ripple Lab, sebenarnya bekerja dengan baik dalam waktu yang bergejolak ini karena memenangkan mosi untuk membuka segel dokumen Hinman dalam kasus melawan SEC.

Dokumen tersebut berisi pernyataan yang dibuat oleh mantan anggota SEC Bill Hinman, yang menyatakan Ether bukanlah sekuritas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bitcoin dan Monero

Bitcoin (BTC)

Bitcoin (BTC) adalah salah satu mata uang terkuat di pasar minggu ini. Ketika investor keluar dari altcoin selama periode bearish, mereka cenderung memasukkan dana mereka ke dalam stablecoin atau Bitcoin. Ini mungkin mengapa aset paling populer di pasar ini mengalami penurunan yang relatif kecil.

Monero (XMR)

Monero (XMR) mirip dengan Bitcoin karena memiliki komunitas kuat yang mendukungnya selama masa sulit. Secara khusus, penggemar kripto yang bersemangat menghargai tingkat privasi Monero yang tinggi.

Komunitas crypto menggunakan aset crypto seperti XMR pada saat pasar sedang sulit, dan sepertinya ada tekanan peraturan.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Mantan CEO Twitter Bakal Sumbang Rp 74,8 Miliar untuk Kembangkan Ekosistem Bitcoin

Sebelumnya, mantan CEO Twitter, Jack Dorsey bakal memberikan donasi USD 5 juta atau setara Rp 74,8 miliar (asumsi kurs Rp 14.961 per dolar AS) untuk mendorong ekosistem Bitcoin.

Dilansir dari Decrypt, Sabtu (17/6/2023), donasi ini akan diberikan Dorsey kepada Brink, penyandang dana penting pengembang sumber terbuka di ruang Bitcoin. USD 5 juta akan diberikan kepada Brink selama lima tahun atau sekitar USD 1 juta per tahun. Dana tersebut akan disumbangkan melalui inisiatif Start Small, sebuah lembaga amal yang dimulai oleh Dorsey pada 2020, awalnya didedikasikan untuk bantuan di tengah krisis COVID-19.

Hibah Brink memungkinkan pengembang inti yang mendukung mata uang kripto terbesar di dunia, seperti Fabian Jahr, untuk bekerja di jaringan secara penuh waktu. Bitcoin tidak akan berfungsi tanpa jaringan pengembang global yang menopangnya dan memperbaikinya selama bertahun-tahun. 

Brink mendanai pengembang Bitcoin dan Lightning yang bekerja untuk meningkatkan teknologi, membuat peningkatan integral pada privasi dan skalabilitasnya, dengan harapan dapat memperluas sistem pembayaran digital ke audiens yang lebih besar.

Donasi Jack Dorsey untuk Bitcoin

Dorsey telah membagikan jutaan dolar selama beberapa tahun terakhir untuk memperkuat upaya peningkatan Bitcoin, termasuk mendirikan Spiral, sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk pengembang. 

Bulan lalu, dia menyumbangkan USD 10 juta atau setara Rp 149,6 miliar untuk OpenSats, nirlaba lain yang didedikasikan untuk mendorong pengembangan Bitcoin open source. 

Pada akhir tahun lalu, dia menyumbangkan setidaknya 14 BTC untuk mendanai pengembangan Nostr, protokol media sosial terdesentralisasi yang baru-baru ini mulai berkembang.

 

4 dari 4 halaman

Michael Saylor Sebut Penegakan Industri Kripto di AS Dapat Mendorong Harga Bitcoin

Sebelumnya, di tengah tindakan penegakan peraturan kripto di AS. Michael Saylor dari MicroStrategy percaya industri kripto Amerika Serikat siap untuk masa depan yang berfokus pada Bitcoin.

Dalam sebuah wawancara pada Selasa, 13 Juni 2023 Saylor menyebut penegakan baru-baru ini dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) meletakkan fondasi untuk bull run atau mendorong kenaikan harga Bitcoin berikutnya.

“Kejelasan peraturan akan mendorong adopsi Bitcoin dengan menghilangkan kebingungan dan kecemasan yang telah menghambat investor institusional,” kata Saylor, dikutip dari Yahoo Finance, Rabu (14/6/2023).

Saylor menambahkan saat ini ada kebingungan dari sekuritas kripto yang membuat regulatornya “tidak melihat jalan yang benar ke depan” di Amerika Serikat. Ini membuat pandangan para regulator terkait kripto sangat terbatas.

“Mereka memiliki pandangan tentang pertukaran kripto yang jauh terbatas. Pandangan mereka adalah pertukaran kripto harus memperdagangkan dan menyimpan komoditas digital murni seperti Bitcoin,” jelas Saylor.

SEC menggugat Coinbase, pertukaran kripto terbesar di AS minggu lalu, menuduh perusahaan telah mendaftarkan lebih dari selusin sekuritas di platformnya tanpa mendaftar sebagai bursa sekuritas. 

SEC telah menyebut berbagai kripto selain Bitcoin sebagai sekuritas. Dengan demikian, Saylor percaya tindakan keras regulasi terhadap stablecoin dan token lainnya kemungkinan akan mengirim dominasi jangka panjang Bitcoin kembali di atas 80 persen dari total pasar kripto.

Perusahaan Saylor adalah salah satu pemegang Bitcoin terbesar di dunia, sekarang memiliki 140.000 BTC yang dibeli dengan harga rata-rata USD 29.803 atau setara Rp 443,3 juta (asumsi kurs Rp 14.874 per dolar AS) per koin. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.