Sukses

Deretan Kripto Ini Dapat Dicermati Sepanjang Akhir Pekan Ketiga Mei 2023

Berikut sejumlah token yang dapat diperhatikan investor sepanjang akhir pekan ketiga Mei 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Pasar kripto telah mengalami minggu yang cukup tenang, dengan sebagian besar nilai token tetap datar. Pasar bersiap untuk beberapa perubahan peraturan besar, terutama di Amerika Serikat (AS). Sejumlah token mendominasi pasar dalam minggu terakhir.

Dilansir dari Investopedia, Sabtu (20/5/2023) ada sejumlah token yang dapat diperhatikan investor sepanjang akhir pekan ketiga Mei 2023. Adapun deretannya sebagai berikut:

Litecoin (LTC)

Litecoin (LTC) mengalami kenaikan harga lebih dari 10 persen dalam sepekan terakhir. Nantinya pada 4 Agustus 2023 pasokan LTC yang berkurang setengahnya menjadi alasan yang paling mungkin untuk kenaikan tersebut.

Halving adalah mekanisme yang dibangun untuk protokol blockchain tertentu, termasuk Litecoin, dan membagi dua hadiah blok. Mekanisme Litecoin membagi hadiah setiap empat tahun. Ini menurunkan tingkat di mana Litecoin dihasilkan. Hadiah blok Litecoin saat ini adalah 12,5 LTC setelah halving, hadiah blok akan menjadi 6,25 LTC.

Dengan demikian, cryptocurrency yang dibelah dua akan menjadi “lebih langka” dan ini biasanya mengarah pada kenaikan harga, seperti yang terjadi pada separuh Bitcoin.

Kava (KAVA)

Token proyek Kava (KAVA Coin) adalah salah satu pemenang terbesar minggu ini, dengan peningkatan 48 persen kemungkinan terkait dengan pemutakhiran mainnet Kava 13 yang akan datang.

Pembaruan, yang ditunda hingga Rabu, akan membawa beberapa peningkatan pada jaringan Kava, termasuk kinerja yang lebih baik bagi pemangku kepentingan dan peningkatan kapasitas untuk mengirim aset antara jaringan Cosmos dan Ethereum.

Kava adalah keuangan terdesentralisasi, atau DeFi, platform pinjaman yang menggambarkan dirinya sebagai kombinasi "kecepatan dan interoperabilitas Cosmos dengan kekuatan pengembang Ethereum.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bitcoin SV

Bitcoin SV (BSV)

Bitcoin SV (BSV), sebuah spin-off dari Bitcoin, mengalami kenaikan harga lebih dari 17 persen dalam seminggu. Belum ada perkembangan khusus untuk menjelaskan hal ini, tetapi mungkin terkait dengan Bitcoin Ordinals

Jaringan Bitcoin menjadi padat karena popularitas Ordinals, sebuah protokol yang memungkinkan aset digital dituliskan ke satoshi. Beberapa pengguna mungkin beralih ke spin-off, Bitcoin SV, sebagai akibat dari kemacetan ini dan juga karena jaringan ini menawarkan biaya transaksi yang rendah.

Lido DAO (LDO)

Lido DAO (LDO) adalah proyek yang berfokus pada staking ETH. Harga token naik 13 persen setelah proyek mengalami peningkatan volume transaksi yang besar. 

Lido mencatat peningkatan aktivitas yang mencolok di minggu pertama bulan Mei, secara teratur menerima lebih dari USD 50 juta atau setara Rp 746,8 miliar (asumsi kurs Rp 14.936 per dolar AS) dalam transaksi harian selama waktu itu.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 5 halaman

Tether Borong Bitcoin Ratusan Juta Dolar AS demi Sokong Stablecoin USDT

Sebelumnya, raksasa Cryptocurrency Tether mengatakan akan membeli bitcoin senilai ratusan juta dolar untuk mendukung stablecoin terbesar di dunia.

Perusahaan mengatakan akan menginvestasikan 15 persen dari laba bersihnya ke dalam bitcoin untuk "mendiversifikasi" cadangan yang mendukung token USDT miliknya, yang bertujuan untuk tetap berpegang pada pasak 1 banding 1 terhadap Dolar AS.

Melansir laman CNBC, Kamis (18/5/2023), nilai pembelian itu diperkirakan mencapai USD 222 juta, berdasarkan laporan pengesahan terakhir perusahaan, yang memberikan perincian aset yang membentuk cadangan USDT serta kelebihan cadangan dan keuntungan.

Juru bicara Tether mengklarifikasi jika bitcoin yang dibelinya hanya akan berjumlah sebagian kecil dari keseluruhan laba bersihnya, dengan sebagian besar kelebihan pendapatan dihabiskan untuk menjalankan bisnis, termasuk biaya bank.

“Tujuannya adalah untuk menjaga nilai portofolio Bitcoin jauh di bawah ukuran total kelebihan cadangan kami yang mencapai 2,48 miliar pada akhir Q1/2023, sementara kepemilikan bitcoin menyumbang 1,5 miliar,” kata juru bicara Tether.

USDT adalah stablecoin terbesar di pasar, dengan pasokan beredar lebih dari USD 82,8 miliar, menurut data CoinGecko. Ini bersaing dengan Circle's USD Coin dan Binance's BUSD.

Stablecoin digunakan oleh pedagang untuk keluar masuk mata uang kripto yang berbeda tanpa mengubah uang kembali menjadi mata uang fiat.

“Keputusan untuk berinvestasi dalam Bitcoin, cryptocurrency pertama dan terbesar di dunia, didukung oleh kekuatan dan potensinya sebagai aset investasi,” kata CTO Tether Paolo Ardoino dalam sebuah pernyataan.

4 dari 5 halaman

Pilihan Favorit

Dikatakan jika Bitcoin terus membuktikan ketahanannya dan telah muncul sebagai penyimpan nilai jangka panjang dengan potensi pertumbuhan yang substansial.

"Pasokannya yang terbatas, sifat terdesentralisasi, dan adopsi yang meluas telah memposisikan Bitcoin sebagai pilihan favorit di antara investor institusional dan ritel," jelas Ardoino.

Langkah tersebut akan membuat Tether menjadi pemegang bitcoin yang lebih besar lagi. Saat ini perusahaan tersebut telah memiliki bitcoin senilai lebih dari USD 1,5 miliar di neracanya.

Di mana mengikuti pergerakan dari investor terkemuka seperti Paul Tudor Jones dan bos MicroStrategy Michael Saylor untuk mengakumulasi stok besar, dengan keyakinan bahwa token kebal terhadap efek depresiasi mata uang dan inflasi.

Analis dan investor sebelumnya mengatakan bahwa bitcoin bisa mendapatkan dorongan tahun ini karena pengaruh yang disebut "paus" - pelaku pasar dengan kekuatan finansial yang signifikan, yang memungkinkan mereka membeli token dalam jumlah besar.

Metode Tether untuk mempertahankan nilai USD 1 untuk tokennya telah menimbulkan kontroversi di masa lalu karena kekhawatiran akan kualitas aset cadangannya.

 

5 dari 5 halaman

Hilangkan Ketakutan Investor

Sebelumnya, perusahaan menyimpan sebagian besar cadangannya dalam kertas komersial — suatu bentuk hutang jangka pendek tanpa jaminan yang dikeluarkan oleh perusahaan. Ini dipandang kurang aman dibandingkan bentuk utang lainnya, seperti surat utang U. S. Treasury.

Tether berusaha menghilangkan ketakutan investor dengan merotasi kertas komersial dan mengganti kepemilikan dana ini hanya dengan sekuritas utang pemerintah AS.

Pada bulan Februari, perusahaan mengatakan telah mengurangi kepemilikan kertas komersialnya menjadi nol.

USDT dan penerbitnya tetap menjadi sumber pertengkaran di pasar crypto. Departemen Kehakiman AS dilaporkan sedang menyelidiki eksekutif di Tether atas kemungkinan penipuan bank.

Stablecoin sudah menjadi masalah utama bagi para regulator, yang telah berusaha keras untuk mencari tahu bagaimana menjaga industri tetap terkendali setelah kematian beberapa perusahaan terkemuka di luar angkasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.