Sukses

Harga Kripto Hari Ini 6 Mei 2023: Bitcoin Bertengger di Zona Hijau

Pasar kripto kembali berada di zona hijau pada perdagangan Sabtu (6/5/2023). Harga bitcoin dan ethereum kompak menghijau.

Liputan6.com, Jakarta - Harga bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada perdagangan Sabtu, (6/5/2023). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau kembali berada di zona hijau.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Sabtu, 6 Mei 2023 pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali menguat 2,53 persen dalam 24 jam dan 0,56 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 28.749 per koin atau setara Rp 433,5 juta (asumsi kurs Rp 14.674 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) turut kembali menguat sehari terakhir. ETH naik 5,99 persen sehari terakhir dan 4,86 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ethereum berada di level Rp 29,17 juta per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) turut menguat. Dalam 24 jam terakhir BNB naik 1,03 persen dan 0,82 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 4,79 juta per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) kembali berada di zona hijau. ADA pulih 2,19 persen selama 24 jam terakhir, tetapi masih melemah 2,77 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 5.790 per koin.

Adapun Solana (SOL) kembali menguat. SOL alami kenaikan 4,89 persen dalam sehari, tetapi masih melemah 1,80 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 335.172 per koin.

Sedangkan XRP turut menguat. XRP  naik 1,72 persen dalam 24 jam, tetapi masih melemah 2,21 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 6.861 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) kembali menguat tipis. Dalam satu hari terakhir DOGE naik 2,25 persen, tetapi masih melemah 0,31 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 1.176 per token.

Harga kripto hari ini yakni stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 1,21 triliun atau setara Rp 17.756 triliun. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ada Krisis Perbankan AS, Tingkat Dominasi Bitcoin Justru Meroket

Sebelumnya, tingkat dominasi Bitcoin (BTC) atau Bitcoin's dominance rate, yang mengukur pangsa cryptocurrency di pasar yang lebih luas, telah meningkat tajam sejak ketidakstabilan sektor perbankan AS yang sedang berlangsung hampir dua bulan lalu.

Sejak awal Maret, tingkat dominasi Bitcoin telah meningkat dari 42 persen ke level tertinggi 22 bulan mendekati 49 persen. Kondisi tersebut menunjukkan kinerja mata uang kripto teratas cukup resilien terhadap pasar yang lebih luas.

Sebagai perbandingan, ETF perbankan regional S&P SPDR, yang berupaya mereplikasi kinerja indeks bank-bank regional AS, telah turun sebesar 35 persen dalam jangka waktu yang sama.

Pada Maret lalu, tiga bank AS yakni Silicon Valley Bank (SVB), Signature Bank (SBNY) dan Silvergate Bank (SI) mengalami kegagalan. Hal itu memicu kekhawatiran akan krisis perbankan yang parah.

First Republic Bank (FRCB) menjadi korban terbaru dari krisis perbankan. Namun, Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan sektor perbankan masih sehat dan tangguh.

Menurut Manajer Portofolio Decentral Park Capital Lewis Harland, dominasi pasar bitcoin yang tumbuh di tengah ketidakstabilan sektor perbankan dan penurunan saham perbankan adalah bukti penguatan daya tarik cryptocurrency sebagai anti-AS. bermain dolar atau bertaruh pada kelemahan dolar sama seperti emas dan minyak.

"Anda melihat kinerja BTC yang lebih baik dalam pasar crypto ketika harga saham bank regional runtuh. Ini menandakan bahwa BTC adalah permainan likuid anti-dolar berkualitas tinggi bagi investor saat krisis semakin meluas," kata Harland, mengutip laman CoinDesk, Kamis (4/5/2023).

Ekspektasi pelonggaran likuiditas baru oleh Federal Reserve (Fed) telah menguat di tengah krisis perbankan, menandakan pelemahan dolar ke depan. Pada hari Rabu, Fed menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin dan membuka pintu untuk potensi jeda pada bulan Juni.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Tingkat Dominasi

Sementara, tingkat dominasi BTC sekarang menguji ujung atas rentang multi-tahun. Penembusan akan berarti seiring kinerja BTC yang terus berlanjut.

"Dominasi Bitcoin ingin mematahkan pola osilasi 3 tahun. Penembusan 50 persen kemungkinan akan menandakan rezim pasar baru dari kinerja BTC yang berkepanjangan di pasar," kata Harland.

Bitcoin naik setelah regulator Silicon Valley Bank pada 10 Maret dan telah naik 48 persen menjadi USD 29.100 sejak itu, data CoinDesk menunjukkan. Kenaikan yang lebih tinggi mengingatkan pada kinerja positif selama krisis perbankan Siprus 2013.

 

4 dari 4 halaman

Diduga Terlibat Pencucian Uang, Polisi Ukraina Bekukan 9 Platform Pertukaran Mata Uang Kripto

Sebelumnya, didukung oleh penegak hukum Amerika Serikat (AS), Polisi Ukraina bekukan sejumlah layanan pertukaran kripto yang diduga melakukan pencucian hasil kejahatan.

Platform tersebut diduga memproses uang kotor yang diperoleh dari serangan ransomware dan berbagai skema penipuan.

Kepolisian Nasional Ukraina mengumumkan, Petugas dari unit Cyberpolice Ukraina dan Departemen Investigasi Utama, bekerja sama dengan Kantor Kejaksaan Agung telah menyita sembilan pertukaran mata uang crypto.

Perwakilan dari Biro Investigasi Federal (FBI) AS juga mengambil bagian dalam apa yang digambarkan oleh otoritas Ukraina sebagai “operasi internasional multi-level.”

Melansir laman Butcoin, Kamis (4/5/2023), platform web menawarkan pertukaran cryptocurrency tanpa nama. Mereka dipekerjakan untuk memfasilitasi legalisasi dana ilegal.

Melalui pertukaran tersebut, para penjahat menyalurkan aset digital yang diperoleh sebagai hasil dari serangan malware dan penipuan online. Layanan mereka diiklankan di forum peretas tertutup.

Infrastruktur jaringan, yang terletak pada server di Amerika Serikat, sejumlah negara Eropa, dan Ukraina, telah diblokir selama operasi berlangsung. Penyidik sekarang mencoba untuk mengidentifikasi semua pihak yang terlibat dalam kegiatan kriminal.

Pengunjung 24xbtc.com, 100btc.pro, pridechange.com, 101crypta.com, uxbtc.com, trust-exchange.org, bitcoin24.exchange, paybtc.pro, dan owl.gold sekarang mendapatkan pesan yang menyatakan bahwa domain telah disita oleh penegak hukum.

Instansi pemerintah Ukraina telah bekerja untuk meningkatkan upaya mereka pada pengawasan aset kripto. Sebuah laporan mengungkapkan pada Maret bahwa karyawan Cyberpolice, Badan Pemulihan dan Manajemen Aset, dan Layanan Keamanan Ukraina (SBU) menghadiri kelas pelatihan yang diselenggarakan oleh pertukaran crypto terkemuka dunia, Binance.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.