Sukses

Regulator Texas Ajukan RUU untuk Terbitkan Mata Uang Digital Berbasis Emas

RUU menjelaskan seseorang membeli sejumlah mata uang digital, pengawas keuangan akan menggunakan uang yang diterima untuk membeli emas.

Liputan6.com, Jakarta Dua anggota parlemen Texas telah memperkenalkan undang-undang yang untuk menciptakan mata uang digital berbasis negara yang didukung oleh emas, sebuah langkah yang dilakukan meskipun ada keberatan dari beberapa anggota parlemen Amerika Serikat terhadap pengenalan mata uang digital bank sentral (CBDC).

Senator Bryan Hughes memperkenalkan Rancangan Undang-Undang pada 10 Maret 2023, menyatakan jumlah fraksional emas fisik yang setara akan mendukung mata uang digital yang diusulkan.

“Setiap unit mata uang digital yang dikeluarkan mewakili sebagian kecil dari satu troy ounce emas yang disimpan dalam perwalian,” kata RUU tersebut, dikutip dari Cointelegraph, Senin (17/4/2023).

RUU tersebut menjelaskan begitu seseorang membeli sejumlah mata uang digital, pengawas keuangan akan menggunakan uang yang diterima untuk membeli emas dalam jumlah yang setara.

Pembeli kemudian akan menerima mata uang digital yang setara dengan jumlah emas yang dibeli oleh pengawas keuangan dengan uang yang diterima dari pembeli. Nilai satu unit mata uang digital harus sama dengan nilai fraksi yang sesuai dari satu troy ounce emas pada saat transaksi.

Meskipun tidak satu pun dari RUU tersebut telah disahkan atau diajukan untuk pemungutan suara, keduanya menyatakan undang-undang ini akan berlaku pada 1 September 2023.

Parlemen AS Menentang CBDC

Beberapa anggota parlemen Amerika Serikat baru-baru ini menentang AS memperkenalkan CBDC. Gubernur Florida Ron DeSantis menyatakan dalam konferensi pers 20 Maret CBDC akan memberikan lebih banyak kekuatan kepada pemerintah.

Sementara itu, pada 21 Maret, Senator Republik Ted Cruz memperkenalkan undang-undang untuk melarang The Fed meluncurkan CBDC langsung ke konsumen. 

Cruz menyatakan lebih penting dari sebelumnya untuk memastikan kebijakan AS tentang mata uang digital melindungi privasi keuangan, mempertahankan dominasi dolar dan memupuk inovasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengiriman Uang Kripto ke El Salvador Merosot 18 Persen pada Awal 2023

Bitcoin telah menjadi alat pembayaran yang sah di El Salvador selama tiga tahun, tetapi saat ini orang-orang menggunakannya kurang dari transaksi pada 2022, setidaknya untuk pengiriman uang.

Melansir Cryptopotato, Minggu (16/4/2023), pengiriman uang dalam Bitcoin dan cryptocurrency lainnya yang dikirim ke El Salvador turun 17,8 persen selama dua bulan pertama 2023 dibandingkan 2022, menurut data terbaru yang diterbitkan oleh Central Reserve Bank (BCR) negara yang dilaporkan oleh Agencia EFE.

Sesuai pernyataan tersebut, El Salvador menerima total USD 15,98 juta dalam bentuk pengiriman uang melalui cryptocurrency. Jumlah ini merupakan penurunan sebesar USD 3,47 juta dibandingkan dengan periode yang sama selama tahun sebelumnya ketika negara tersebut mendaftarkan lebih dari USD 19,45 juta dalam pengiriman uang kripto.

Menurut informasi BCR, pengiriman uang yang diterima melalui cryptocurrency hanya mewakili 1,34 persen dari total yang diterima oleh negara, hingga laporan terbaru, berjumlah hampir USD 1,2 Miliar.

Meskipun persentase penurunan pengiriman uang selama dua bulan terakhir hampir 20 persen dibandingkan 2022, kenyataannya sejak penerapan Undang-Undang Bitcoin, penggunaan cryptocurrency untuk transaksi internasional tidak berdampak signifikan terhadap ekonomi Salvador.

Kebanyakan orang Salvador mengirim uang menggunakan layanan tradisional, dan jumlah uang yang mereka kirim hampir sama.

Selama 2022, lebih dari USD 7 miliar pengiriman uang dikirim ke negara Amerika Tengah itu. Namun, hanya USD 126 juta yang dikirim menggunakan cryptocurrency, menurut Prensa Latina.

 

3 dari 3 halaman

Belum Selaras dengan Masyarakat El Salvador

Ini menunjukkan kebijakan ekonomi seputar Bitcoin yang diusulkan oleh Presiden Nayib Bukele belum selaras dengan orang Salvador, karena sebagian besar masih lebih memilih layanan fiat daripada opsi bertenaga kripto meskipun biaya transaksi tinggi dan banyak kerugian lainnya.

Salah satu alasan yang paling mungkin ditunjukkan oleh banyak ahli adalah kurangnya pendidikan kripto di kalangan penduduk. Ketika Bukele mempromosikan undang-undang Bitcoin untuk menyatakan mata uang legal BTC, orang Salvador tidak tahu apa sebenarnya cryptocurrency itu, bagaimana menggunakannya, atau keuntungan apa yang ditawarkannya.

Undang-undang Bitcoin mungkin memiliki dampak terbatas pada industri pengiriman uang, tetapi ada bidang yang berkembang berkat kecintaan Bukele terhadap kripto: pariwisata dan investasi asing.

Bukele menyatakan, pariwisata di El Salvador telah meningkat sebesar 95 persen sejak penerapan UU Bitcoin. Selain itu, presiden mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa ada banyak bitcoiner yang ingin pergi ke negara di mana bitcoin adalah alat pembayaran yang sah.

 

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Emas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (bahasa Latin: 'aurum') dan nomor atom 79.

    emas

  • The Fed adalah salah satu bank sentral di AS yang tertua dan berdiri sejak tahun 1913 melalui kongres.

    The Fed

  • Texas

  • CBDC

Video Terkini