Sukses

Intip Profil Miliarder Kripto Sekaligus Bos Binance, Changpeng Zhao

Changpeng Zhao menjadi berita pada November 2022 ketika rival bisnisnya, FTX menghadapi krisis likuiditas. Zhao pada awalnya menghentikan semua perdagangan token FTT asli FTX.

Liputan6.com, Jakarta Changpeng Zhao, yang dikenal sebagai "CZ" adalah pendiri dan CEO Binance, pertukaran cryptocurrency terbesar di dunia. Zhao mendirikan Binance pada 2017 dan dengan cepat meningkatkan volume perdagangan harian menjadi lebih dari USD 20 miliar atau setara Rp 298,4 triliun (asumsi kurs Rp 14.920 per dolar AS).

Changpeng Zhao menjadi berita pada November 2022 ketika rival bisnisnya, FTX menghadapi krisis likuiditas. Zhao pada awalnya menghentikan semua perdagangan token FTT asli FTX. 

Dilansir dari Investopedia, berikut profil lengkap CEO Binance, Changpeng Zhao.

Kehidupan Awal dan Pendidikan

Changpeng Zhao lahir pada 5 Februari 1977, di provinsi Jiangsu China. Ayahnya, Shengkai, bermigrasi ke Vancouver, Kanada, pada 1984 untuk mengejar gelar doktor, dan anggota keluarganya yang lain tiba pada 1989. 

Keluarga Zhao meninggalkan Tiongkok tepat setelah Pembantaian Lapangan Tiananmen dan dapat mempercepat pengamanan visa.

Dia pertama kali diperkenalkan ke dunia komputer ketika ayahnya membeli komputer DOS seharga USD 7.000 atau setara Rp 104,4 juta. Zhao akhirnya mendaftar di kelas pemrograman komputer dan lulus dengan gelar ilmu komputer dari McGill University.

Karir dan Pendirian Binance

Setelah lulus dari McGill, Zhao bekerja di sebuah kontraktor untuk Bursa Efek Tokyo, kemudian menjadi kepala Pengembangan Tradebook Futures di Bloomberg Professional Services dari 2001 hingga 2005.

Dia akhirnya bergabung dengan beberapa temannya untuk memulai perusahaan konsultan teknologi informasi (TI), dan pindah ke Singapura untuk meluncurkan Fusion Systems.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kekayaan

 

Zhao juga memulai beberapa usaha lagi, termasuk Bijie Tech, penyedia layanan berbasis cloud untuk pertukaran. Sementara bisnis berkembang, China mulai menindak pertukaran mata uang kripto pada Maret 2017, dan Zhao mempertimbangkan untuk meluncurkan pertukaran mata uang kripto miliknya sendiri.

Binance diluncurkan pada Juli 2017, tetapi China melarang semua pertukaran kripto pada September 2017. Zhao terpaksa pindah. 

Binance dengan cepat tumbuh menjadi salah satu bursa kripto terbesar berdasarkan volume perdagangan harian. Sekarang beroperasi secara global, dengan lebih dari USD 10 miliar atau setara Rp 149,2 triliun dalam volume perdagangan spot dan USD 50 miliar atau setara Rp 746 triliun dalam perdagangan derivatif. 

Berapa Kekayaan Bersih Changpeng Zhao?

Kekayaan bersih Changpeng Zhao lebih dari USD 15 miliar atau setara Rp 223,8 triliun, meskipun berfluktuasi dengan penilaian perusahaannya, Binance. Dia juga mungkin memiliki kepemilikan kripto yang signifikan atau aset lainnya, tetapi informasi ini tidak diungkapkan kepada publik. 

Kekayaan bersihnya dulunya lebih dari USD 65 miliar atau setara Rp 969,8 triliun pada puncak pasar kripto pada 2021, tetapi kehancuran pasar berikutnya pada 2022 menurunkan kekayaan bersihnya secara signifikan.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.