Sukses

Galaxy Prediksi Pasar NFT Bitcoin Sentuh Rp 68,84 Triliun pada 2025

Tim peneliti Galaxy Digital menyebutkan ukuran pasar NFT yang dibangun di atas bitcoin dapat sentuh USD 4,5 miliar atau setara Rp 68,84 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Sejalan dengan jumlah Ordinal inscription berbasis Bitcoin mendekati angka 300.000, tim peneliti Galaxy Digital menerbitkan laporan tentang subjek yang mengatakan ukuran pasar non-fungible token (NFT) yang dibangun di atas Bitcoin dapat mencapai USD 4,5 miliar atau setara Rp 68,84 triliun (asumsi kus Rp 15.299 per dolar AS) selama dua tahun ke depan alias 2025.

Melansir Bitcoin, Minggu (5/3/2023), para peneliti di Galaxy berpikir bahwa kasus penggunaan baru yang berasal dari tren inscription akan mendorong meningkatnya minat dan adopsi untuk bitcoin.

Pada saat penulisan, ada lebih dari 288.000 Ordinal inscription yang dihosting di blockchain Bitcoin, karena trennya telah meningkat pesat sejak awal Februari 2023. Empat hari lalu, jumlah prasasti Ordinal mencapai 200.000, dan pada hari yang sama, Yuga Labs, pencipta koleksi Ethereum NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC), mengungkapkan telah mencetak koleksi 300 inscription untuk melelang karya seni tersebut.  

Enam peneliti dan eksekutif dari Galaxy Digital menerbitkan laporan tentang subjek tersebut dan menilai NFT Bitcoin "dibangun di atas inscription (dan) Ordinal" dapat mencapai USD 4,5 miliar pada 2025.

"Inscription secara signifikan memperluas ruang desain untuk Bitcoin, penambahan penyimpanan data yang cukup besar dengan jaminan ketersediaan yang kuat membuka berbagai kasus penggunaan, banyak di antaranya baru mulai dieksplorasi, termasuk hal-hal seperti perangkat lunak terdesentralisasi jenis baru atau teknik penskalaan Bitcoin. Bahkan kasus penggunaan NFT saja, memiliki potensi untuk secara dramatis memperluas cakupan dampak budaya Bitcoin," tulis laporan Galaxy Digital.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peneliti Soroti Ekosistem

Peneliti pun menyoroti ekosistem masih sangat muda tetapi mencatat bahwa "infrastruktur muncul dengan cepat." Salah satu blok bangunan utama untuk teknologi ini adalah dompet, menurut makalah Galaxy tentang subjek prasasti.  

Selain itu, penelitian ini menggali berbagai koleksi yang dicetak belakangan ini, seperti Taproot Wizards, Bitcoin Punks, dan Ord Rocks. Makalah tersebut menyebutkan pasar Openordex, yang memanfaatkan transaksi bitcoin yang ditandatangani sebagian (PSBT) untuk mengaktifkan daftar dan pembelian inscription yang tidak dapat dipercaya. Selain itu, peneliti Galaxy juga membahas kontroversi yang terkait dengan Ordinal inscription.

Para peneliti mencatat mereka percaya argumen teknis sebagian besar sudah dihindari, dan gerakan sosial untuk menghentikan Ordinal inscription mungkin tidak akan terjadi.  

"Pada akhirnya, karena data saksi dapat dipangkas dan data lama dapat dihindari dalam pengunduhan blok awal (IBD) dengan mengaktifkan asumsi valid=1, kami melihat argumen teknis terhadap prasasti sebagian besar sudah dikurangi,” tulis para peneliti Galaxy.  

 

 

3 dari 3 halaman

Studi Galaxy

“Di sisi naratif, transaksi prasasti Ordinal berlaku untuk semua node di jaringan Bitcoin saat ini. Gerakan sosial untuk membuat perubahan pada Bitcoin sedemikian rupa sehingga Ordinal inscription tidak lagi mungkin perlu muncul untuk mengubahnya, hasil yang kami anggap tidak mungkin," sambungnya.

Studi Galaxy juga mencatat bahwa, tidak seperti Ethereum, karena kurangnya teknologi kontrak pintar dalam Bitcoin, royalti NFT juga tidak mungkin. Para peneliti berpikir kriteria untuk blue-chip Ordinal inscription akan "dinamis", dan pasar "dapat melihat volume sekunder yang signifikan".  

Sementara studi tersebut menyebutkan sejumlah alat, Galaxy yakin infrastruktur pasar Ordinal inscription akan dikembangkan pada kuartal II tahun ini. Sebagai hasil dari semua tren ini, lapisan dua (L2) atau jenis solusi penskalaan Bitcoin lainnya akan didorong ke garis depan pengembangan.

"Munculnya inscription dan kemungkinan rendah bahwa fungsi tersebut pernah dihapus dari proyek, memiliki potensi untuk mengembangkan Bitcoin lagi, mendorong kasus penggunaan baru, minat, dan adopsi,” tulis studi Galaxy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.