Sukses

Intip Kinerja ALGO Coin Hari Ini 8 Desember 2022

Liputan6.com, Jakarta - - Algorand termasuk jaringan berbasis blockchain yang mandiri, terdesentralisasi yang mendukung berbagai aplikasi.

Berdasarkan data Coinmarketcap, Kamis (8/12/2022), harga ALGO Coin turun 2,04 persen dalam 24 jam terakhir. Harga ALCO Koin hari ini Rp 3.501,37 dengan volume perdagangan 24 jam sebesar Rp 993,02 miliar.

Sedangkan peringkat ALGO berdasarkan data CoinMarketCap saat ini di posisi 29 dengan kapitalisasi pasar Rp 24,95 triliun. Untuk peredaran suplai sebesar 7,12 miliar ALGO koin dan maksimal suplai 10 miliar ALGO Koin.

Adapun Algorand yang menjadi jaringan berbasis blockchain ini mencatat sistem yang aman, dapat meningkat dan efisien memiliki semua properti penting untuk aplikasi yang efektif di dunia nyata. Algorand akan mendukung komputasi yang membutuhkan jaminan kinerja yang andal untuk menciptakan bentuk ‘trust’ baru.

Jaringan utama Algorand mulai aktif pada Juni 2019, dan mampu menangani hampir 1 juta transaksi per hari pada Desember 2022.

Lalu siapa pendiri Algorand?

Seorang professor ilmu komputer di Massachusetts Institute of Technology Silvio Micali sebagai pendiri Algorand. Ia penerima penghargaan Turing pada 2012 atas kontribusi fundamentalnya pada teori dan praktik komputasi dua pihak yang aman, uang elektronik, cryptocurrency, dan protokol blockchain. Ini menjadikan salah satu pencipta kripto terkemuka di dunia.

Keunikan Algorand

Algorand diciptakan untuk mempercepat transaksi dan meningkatkan efisiensi, sebagai tanggapan terhadap waktu transaksi yang lambat dari Bitcoin dan blockchain lain.

Algorand dirancang sedemikian rupa sehingga ada biaya transaksi yang sangat rendah, serta tidak ada penambangan seperti proses energi yang intensif pada bitcoin. Hal ini karena didasarkan pada protokol blockchain proof-of-stake murni tanpa izin.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Harga Kripto Kamis Pagi 8 Desember 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya bergerak di zona merah pada perdagangan Kamis, 8 Desember 2022. Mayoritas kripto jajaran teratas melaju di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Kamis (8/12/2022), kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar bitcoin (BTC) bergerak di zona merah dalam 24 jam terakhir. Harga bitcoin merosot 1,38 persen. Selama sepekan terakhir, harga bitcoin terpangkas 1,83 persen. Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 16.850 atau sekitar Rp 263,17 juta (asumsi kurs Rp 15.618 per dolar AS).

Demikian juga harga ethereum (ETH) cenderung melemah Kamis pagi ini. Harga ethereum anjlok 3,07 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga ethereum terperosok 4,92 persen. Kini harga ethereum berada di posisi USD 1.232,26 atau sekitar Rp 19,23 juta.

Kemudian harga binance coin (BNB) melemah 2,02 persen dalam 24 jam terakhir. Harga BNB terpangkas 5,68 persen. Selama sepekan terakhir, harga BNB turun 5,63 persen. Saat ini, harga BNB berada di posisi USD 284,34 atau sekitar Rp 4,43 juta.

Selanjutnya harga XRP turun 2 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga XRP anjlok 6,13 persen.. Kini, harga XRP berada di posisi USD 0,3836.

 

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Harga dogecoin terpangkas 4,45 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga dogecoin (DOGE) jatuh 10,53 persen. Saat ini, harga dogecoin berada di posisi USD 0,09578.

Harga cardano (ADA) melemah 2,52 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga cardano susut 2,89 persen. Kini, harga cardano berada di posisi USD 0,3098.

Harga  polygon (MATIC) melemah 1,99 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga polygon merosot 3,96 persen. Saat ini, harga polygon berada di posisi USD 0,8988.

Stablecoin seperti tether (USDT) berada di zona merah dalam 24 jam terakhir. Demikian juga selama sepekan terakhir. Harga tether kini berada di posisi USD 1,00.

Harga USD Coin (USDC) naik tipis 0,02 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga USDC bertambah 0,02 persen. Saat ini, harga USDC berada di posisi USD 1,00.

Selain itu, harga binance USD (BUSD) naik tipis 0,03 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga BUSD bertambah 0,01 persen. Kini, harga BUSD berada di posisi USD 1,00.

Kapitalisasi pasar kripto turun 1,77 persen ke posisi USD 841,80 miliar.

4 dari 4 halaman

Senator AS Tegaskan Bitcoin Adalah Komoditas Bukan Mata Uang

Sebelumnya, Senator AS John Boozman mengungkapkan, meskipun disebut mata uang kripto, Bitcoin tetap dianggap sebuah komoditas bukan mata uang. Dia menekankan, pertukaran di mana komoditas diperdagangkan, termasuk bitcoin, harus diatur oleh Commodity Futures Trading Commission (CFTC).

“Bitcoin, meskipun mata uang kripto, itu tetap adalah komoditas. Ini adalah komoditas di mata pengadilan federal dan pendapat ketua Securities and Exchange Commission (SEC). Tidak ada perselisihan tentang ini,” kata Boozman dalam sebuah sidang, dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (6/12/2022).

Menyebut keruntuhan FTX mengejutkan, sang senator berkata laporan publik menunjukkan kurangnya manajemen risiko, konflik kepentingan, dan penyalahgunaan dana pelanggan. 

Senator Boozman melanjutkan untuk berbicara tentang regulasi kripto dan memberdayakan Commodity Futures Trading Commission (CFTC) sebagai pengatur utama pasar spot kripto. 

“CFTC secara konsisten menunjukkan kesediaannya untuk melindungi konsumen melalui tindakan penegakan hukum terhadap aktor jahat,” lanjut Senator Boozman.

Boozman yakin CFTC adalah agensi yang tepat untuk peran regulasi yang diperluas di pasar spot komoditas digital.

Pada Agustus 2022, Boozman dan beberapa senator memperkenalkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen Komoditas Digital (DCCPA) untuk memberdayakan CFTC dengan yurisdiksi eksklusif atas pasar spot komoditas digital. 

Dua RUU lainnya telah diperkenalkan di Kongres tahun ini untuk menjadikan regulator derivatif sebagai pengawas utama untuk sektor kripto.

Sementara bitcoin adalah komoditas, Ketua SEC Gary Gensler berulang kali mengatakan sebagian besar token kripto lainnya adalah sekuritas.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS