Sukses

Grup WIR Gandeng Unity untuk Kembangkan Nusameta

Liputan6.com, Jakarta - PT WIR Asia Tbk (Grup WIR) perusahaan pengembang teknologi berbasis Augmented Reality, Virtual Reality dan Artificial Intelligence menggandeng Unity (NYSE:U), platform pembuatan dan pengoperasian konten 3D interaktif dan real-time (RT3D) terkemuka di dunia, dalam mengembangkan proyek virtual imersif Nusameta, ekosistem metaverse Indonesia. 

Penandatanganan nota kesepahaman ini disaksikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Indonesia, Bahlil Lahadila, dalam ajang Forum Investasi B20 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) pada tanggal 11 November 2022. 

Di saat yang bersamaan prototipe Nusameta juga ditampilkan pada saat pelaksanaan momentum B20 dan Presidensi Indonesia di G20 2022, dan prototipe ini akan terus dikembangkan menjadi platform penuh yang akan diluncurkan akhir 2023.

Direktur Utama Grup WIR, Michael Budi  menjelaskan, kolaborasi ini menghadirkan sinergi yang positif dan saling melengkapi. 

“Sehingga mampu memberikan pengalaman yang imersif dengan hadirnya konten virtual 3D interaktif dan real-time pada platform metaverse Nusameta yang akan diluncurkan tahun depan,” ujar Budi, dalam siaran pers, dikutip Jumat (25/11/2022).

Berikan Layanan Profesional

Accelerate Solutions Unity akan memberikan layanan professional untuk mendukung pengembangan prototipe Nusameta yang terdiri dari 5 dunia berbeda dalam satu platformnya. 

Nusameta akan menghadirkan pengalaman online to offline (O2O) melalui game, hiburan, pendidikan, blockchain untuk mendukung konektivitas dan kegiatan ekonomi Indonesia. 

Pengembangan yang dilakukan bersama mencakup pembuatan dan tampilan digital dari avatar ataupun pengguna platform yang dapat disesuaikan, dunia foto-realistis dengan hub yang terkoneksi ke mana pun pengguna pergi.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Beri Layanan Profesional

Senior Client Partner Unity, Lee Guang Chun mengatakan memahami visi dan misi Grup WIR untuk menghadirkan berbagai pengalaman digital melalui solusi realiti sehingga dapat memperkaya pengalaman individu, perusahaan, dan menjembatani bisnis dan konsumen.

“Hal ini mendorong kami juga untuk memperkuat platform metaverse nya dengan mengembangkan bersama teknologi yang akan dihadirkan. Kami senang dengan kesempatan kolaborasi dengan WIR Group, yang kami kenal sebagai pemimpin dalam perusahaan AR, tidak hanya di Indonesia, namun juga di Asia Tenggara,” kata Chun.

Michael menambahkan, Grup WIR percaya pengembangan Nusameta dengan teknologi 3D real-time Unity akan menghadirkan pengalaman yang lebih optimal pada game 3D dan simulasi interaktif yang mengkombinasikan teknologi, dan seni.

“Sesuai dengan filosofi kami yaitu inklusivitas, sehingga kami terus berupaya untuk mengembangkan metaverse dengan teknologi yang dapat dinikmati setiap orang,” ujar Michael.

3 dari 4 halaman

Grup WIR Gandeng Kadin Hadirkan Metaverse KADINVERSE di Ajang B20

Sebelumnya, PT WIR Asia Tbk (Grup WIR) perusahaan pengembang teknologi berbasis Augmented Reality, Virtual Reality dan Artificial Intelligence bersama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia membangun KADINVERSE, yaitu perwujudan KADIN di dalam ekosistem dunia virtual metaverse Nusameta. 

KADINVERSE ini diluncurkan pertama kali dalam rangkaian kegiatan B20 2022 yang juga merupakan bagian penghelatan akbar KTT G20 2022. 

Kerja sama pengembangan KADINVERSE dengan melibatkan KADIN di seluruh Indonesia ini merupakan realisasi penandatanganan MoU yang telah dilakukan sebelumnya, dan diharapkan dapat dieksplorasi lebih lanjut di 2023.

Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid mengatakan kehadiran KADIN dalam metaverse, atau KADINVERSE ini wujud komitmen KADIN untuk terus mengikuti perkembangan teknologi digital.

"Adanya KADINVERSE diharapkan dapat mendukung visi KADIN mengakselerasi perekonomian nasional, serta membantu bisnis yang bergerak di sektor-sektor prioritas Indonesia, seperti proyek energi hijau dan berkelanjutan untuk berkembang dan juga bertransformasi digital,” ujar Arsjad dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (21/11/2022).

 

 

4 dari 4 halaman

Showcase Kadinverse

Dalam showcase KADINVERSE yang dihadirkan selama perhelatan B20 ini, KADIN menampilkan berbagai proyek investasi yang potensial di berbagai sektor seperti Blue Economy, Ecotourism, dan juga Energy Transition, misalnya proyek Net Zero Hub dan Green Fund Digital Philanthropy (GFDP). 

Dalam eksibisi ini, pengunjung diperkenalkan dengan potensi investasi berbagai proyek di sektor unggulan Indonesia, sekaligus memperoleh pengalaman yang imersif dan impresif.  

Chief Sales dan Marketing Officer Grup WIR, Gupta Sitorus menjelaskan tingginya akselerasi perkembangan teknologi global menuntut institusi untuk melakukan transformasi digital agar dapat tetap berada dalam jalur kompetisi yang kian ketat. 

“Platform Nusameta memungkinkan terintegrasinya online to offline (O2O) payment melalui game, hiburan, pendidikan, blockchain untuk mendukung konektivitas dan kegiatan ekonomi Indonesia,” ujarnya. 

Gupta menambahkan, Grup WIR berkomitmen untuk menghadirkan berbagai pengalaman digital melalui solusi Augmented Reality, Virtual Reality dan Artificial Intelligence sehingga dapat memperkaya pengalaman individu, perusahaan, dan menjembatani bisnis dan konsumen.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS