Sukses

Teknologi IseeAR Garapan Grup WIR Raih Asian Technology Excellence Awards 2022

Liputan6.com, Jakarta - PT WIR ASIA Tbk (Grup WIR), memperoleh penghargaan bertajuk Indonesia Technology Excellence Award for Augmented Reality and Virtual Reality - Technology dalam ajang The Asian Technology Excellence Awards 2022.

Penghargaan ini diperoleh berkat inovasi teknologi citra tampilan tiga-dimensi (3D) yang diberi nama IseeAR. 

Direktur Utama Grup WIR, Michael Budi mengatakan penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan terhadap kepeloporan Grup WIR dalam inovasi teknologi di industri serta kemampuan dalam menghadirkan solusi melalui mengembangkan teknologi yang inovatif dan efektif.

Michael menjelaskan, IseeAR merupakan karya AR&Co anak perusahaan Grup WIR yang menyediakan solusi berbasis teknologi Augmented Reality yang mampu  mengubah produk 2 dimensi, (gambar, grafik) menjadi objek visual berwujud 3D dalam konferensi video sehingga mampu menghadirkan pengalaman virtual unik dan realistis.

“Kehadiran IseeAR mampu memberikan pengalaman impresif dan immersif untuk mampu mendukung berbagai kegiatan yang memerlukan tampilan visual kuat,” ujar Michael, dalam siaran pers dikutip, Minggu (30/10/2022).

Teknologi Mudah Digunakan

Michael memaparkan, IseeAR mudah diterapkan, hanya memerlukan perangkat pendukung berupa webcam sederhana yang dapat dibeli di pasaran, atau webcam bawaan yang tersedia pada unit komputer desktop maupun laptop.  

 

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pakai Perangkat Sederhana

“Cukup berbekal perangkat sederhana ini, Anda siap menggunakan IseeAR di platform konferensi video seperti Zoom atau Google Meet. Artinya, IseeAR adalah teknologi yang praktis dan user friendly bahkan bagi pengguna pemula sekalipun,” tuturnya.

Manfaat IseeAR ini sudah dibuktikan oleh Cakap, sebuah perusahaan rintisan (start-up) asal Indonesia yang berfokus pada pengembangan aplikasi teknologi untuk bidang pendidikan dengan penekanan pada sistem pendidikan online dua arah.

Implementasi ini secara khusus ditujukan bagi anak-anak, di mana teknologi digunakan untuk menyajikan objek virtual 3D yang tampak begitu nyata, sehingga murid dapat memahami pelajaran dengan lebih baik. 

“Dengan teknologi IseeAR, proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan menarik  dua syarat utama dalam menyampaikan pelajaran kepada anak-anak,” pungkas Michael.

Asian Technology Excellence Awards sendiri merupakan ajang paling bergengsi di kawasan Asia serta pengakuan bagi perusahaan-perusahaan luar biasa yang terus bergerak maju di tengah gelombang disrupsi digital dan menjadi yang terdepan dalam revolusi serta transformasi digital di bidang industri mereka masing-masing.

3 dari 4 halaman

Game Besutan Anak Usaha Grup WIR Hadir di Allianz Asia Summit 2022

Sebelumnya, AR&Co anak usaha PT WIR ASIA Tbk (Grup WIR), kembali mendapatkan kepercayaan dari Allianz Indonesia untuk bekerja sama mendukung perusahaan asuransi global ini dalam event tahunan Allianz Asia Summit 2022 di Singapura tanggal 7 Oktober 2022.  

Dalam event yang diikuti perwakilan Allianz dari 9 negara, antara lain China, Indonesia, Malaysia, Singapura, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, Filipina, dan Laos ini, Allianz Indonesia berkolaborasi AR&Co menghadirkan game hasil pengembangan teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality bernama “RUN & CHANGE” yang selaras dengan strategi Allianz Indonesia saat ini, yaitu Run & Change.

Games interaktif “RUN & CHANGE” yang proses pengerjaannya oleh AR&Co membutuhkan waktu 1,5 bulan ini, melibatkan suara yang didapat dari clappers untuk mendapatkan skor tinggi. 

Chief Sales dan Marketing Officer Grup WIR, Gupta Sitorus, menjelaskan semakin banyak peserta yang ikutan, suara clappers yang dihasilkan akan semakin keras dan avatar dalam games akan berlari lebih kencang dan lebih lama sehingga bisa mencapai skor yang lebih tinggi.

“Merupakan sebuah kebanggaan untuk menampilkan karya anak bangsa yang mana ketika game ini mampu menyedot perhatian banyak peserta, minat pengunjung untuk mengetahui kemampuan teknologi di Indonesia semakin meluas,” ujar Gupta, dalam siaran pers, dikutip Senin (17/10/2022).

Gupta menjelaskan, Game besutan AR&Co  ini pada pelaksanaannya mampu menjadi element customer engagement yang impresif dan mengantarkan booth Allianz Indonesia sebagai booth paling ramai, paling seru dan paling fun, karena jadi kompetisi yang seru sebagai fun games antar negara peserta. 

“Dalam games tersebut, peserta dapat memilih salah satu avatar, lalu peserta dipersilakan untuk memilih salah satu bendera dari negara-negara peserta Allianz Asia Summit 2022 sebagai identitasnya,” jelas Gupta.

4 dari 4 halaman

Strategi Baru Allianz

Head of Corporate Communications Allianz Indonesia, Wahyuni Murtiani menuturkan, melalui game interaktif ini Allianz Indonesia ingin menunjukkan melalui strategi baru, yaitu Run & Change.

“Kami konsisten bertransformasi dan menghadirkan inovasi produk asuransi, terus mengembangkan sumber daya manusia yang kami miliki, serta memberikan solusi dan layanan dan pengalaman terbaik bagi nasabah,” tutur Wahyuni.

Wahyuni menambahkan, karakter yang berlari dalam game mewakili Allianz dalam menjalankan bisnis (running the business) dalam mencapai target. Agar karakter dapat terus jauh berlari, para partisipan dapat mengajak banyak teman untuk bermain, hal ini merepresentasikan dengan bekerja sama bisa membuat perubahan yang lebih besar.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS