Sukses

Sony Mantapkan Niat Kembangkan Bisnis di Metaverse

Sony bermaksud menggunakan merek Playstation untuk mengamankan tempat di metaverse.

Liputan6.com, Jakarta - Raksasa elektronik dan hiburan global, Sony telah mengumumkan akan mengambil pendekatan yang lebih fokus dalam hal pengalaman metaverse sebagai bagian dari strategi hiburannya. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Selasa (18/10/2022), perusahaan yang memiliki merek Playstation ini mencoba mengintegrasikan pengalaman metaverse untuk menarik lebih banyak pengguna agar memasuki ekosistem mereka. 

Sony, salah satu perusahaan paling berpengaruh dalam hal hiburan dan game, telah memantapkan minatnya untuk memasukkan lebih banyak pengalaman yang terinspirasi dari metaverse untuk menarik pelanggan.

Pada pertemuan strategi tahunan, Kepala Eksekutif Sony, Kenichiro Yoshida menyatakan Metaverse adalah ruang sosial dan ruang jaringan langsung di mana game, musik, film, dan anime bersinggungan.

Investasi Sony sebelumnya di perusahaan lain termasuk Epic Games, pembuat waralaba online populer Fortnite, dan Bungee, pencipta seri Destiny, dan merupakan bagian dari fokus baru ini. 

Menurut angka yang disajikan oleh perusahaan, lebih dari 50 persen pendapatan pada tahun fiskal terakhir berasal dari divisi hiburan Sony, yang meliputi game, film, dan layanan terkait musik.

Playstation vs Pemain Metaverse Lainnya

Sony bermaksud menggunakan merek Playstation untuk mengamankan tempat di antara para pemimpin di industri metaverse. Sony Playstation memiliki salah satu basis pengguna penginstalan terbesar di dunia, sehingga mungkin berfungsi sebagai alat untuk dorongan metaverse baru ini. 

Dalam hal ini, perusahaan menyatakan "berniat untuk memanfaatkan kekuatan unik yang disediakan oleh beragam bisnis dan keahliannya dalam teknologi game menciptakan pengalaman hiburan baru di bidang metaverse”.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemain Metaverse

Namun, perusahaan sudah mengatasi ketertinggalan dengan orang lain di bidang seperti Meta, yang memproduksi perangkat keras untuk memberikan pengalaman imersi metaverse kepada pelanggannya. 

Meta memiliki merek headset VR Oculus dan menyediakan aplikasi metaverse andalannya, yang disebut Horizon Worlds, khusus untuk pemilik produk ini.

Microsoft adalah perusahaan lain yang memposisikan dirinya untuk menjadi pemain metaverse, mengakuisisi Activision dengan harga hampir USD 69 miliar atau sekitar Rp 1.010 triliun sebagai pendekatan terhadap metaverse, dan meluncurkan Mesh, metaverse perusahaan untuk rangkaian rapat Team-nya.

Sony telah menghadirkan jajaran headset VR2 untuk bekerja bersama-sama dengan jajaran konsol PS5. Headset itu dikabarkan akan dirilis tahun ini, tetapi mungkin ditunda hingga 2023 karena masalah rantai pasokan.

3 dari 4 halaman

Kolaborasi Meta dan Microsoft Hadirkan Produk Office di Metaverse

Sebelumnya, Meta telah bermitra dengan raksasa teknologi Microsoft untuk menghadirkan berbagai produk Microsoft Office 365 ke dalam platform realitas virtual (VR) Meta, yang bertujuan untuk menarik perusahaan agar bekerja di lingkungan virtual.

Selama keynote Meta Connect 2022 pada 11 Oktober 2022, CEO Microsoft Satya Nadella mengatakan aplikasi panggilan video Teams akan terintegrasi dengan "Quest" Meta dan headset VR "Quest Pro" yang baru diluncurkan yang memungkinkan orang untuk berkumpul di ruang virtual yang mirip dengan ruang rapat.

Aplikasi produktivitas Microsoft yang familier seperti Word, Excel, PowerPoint, Outlook, dan SharePoint juga akan tersedia dalam VR Meta. Nadella menambahkan fungsionalitas masa depan akan mencakup kemampuan untuk melakukan streaming komputer Windows Cloud ke headset Meta.

“Perangkat seluler tingkat perusahaan Microsoft dan aplikasi manajemen identitas akan kompatibel dengan headset Meta's Quest dan Quest Pro,” kata Nadella dikutip dari Cointelegraph, Kamis (13/10/2022).

 

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola dan mengamankan headset VR di jaringan perusahaan mereka seperti halnya komputer atau telepon. 

Dalam keynote, Nadella mengatakan pandemi telah membawa kesempatan "sekali seumur hidup" di lingkungan kerja yang sebelumnya berbasis kantor, mengacu pada kebijakan kerja jarak jauh yang sedang berlangsung yang pertama kali diterapkan karena pembatasan COVID-19.

“Saat pekerjaan tatap muka meningkat, kami ingin semua orang memiliki kemampuan untuk merasa seperti mereka hadir,” kata CEO Meta, Mark Zuckerberg.

Microsoft Teams juga akan kompatibel silang dengan ruang VR Meta untuk pertemuan bisnis yang disebut Horizon Workrooms. Zuckerberg mengatakan pengalaman lintas perangkat ini akan menjadi fondasi kantor metaverse masa depan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.