Sukses

Deretan Kripto Ini Berpotensi Lesu Sepanjang Pekan Keempat Juni 2022

Liputan6.com, Jakarta - Pasar kripto sedang alami penguatan memasuki pertengahan pekan keempat Juni 2022, setelah beberapa hari sebelumnya melemah. Namun Bitcoin masih stagnan di kisaran USD 20.000 atau sekitar Rp 296,8 juta.

Namun pada Jumat (24/6/2022), Bitcoin berhasil menguat dan menyentuh USD 21.000. Menghapuskan sedikit kerugian dari penurunan hari sebelumnya.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono, mengatakan pergerakan pasar kripto cenderung sideways atau datar ini sudah diprediksi sebelumnya. Kenaikan atau reli singkat pada awal pekan lalu, bukanlah pertanda reversal.

Situasi reli singkat ini dimanfaatkan oleh beberapa trader yang menganggap shorting aset kripto terlihat menggiurkan selama bear market kali ini. 

“Sementara, investor jangka panjang cenderung takut masuk ke market, meskipun lonjakan terjadi sesekali. Mereka memilih mengambil posisi bertahan sampai bukti kuat muncul bahwa ekonomi telah kembali stabil,” kata Afid, dalam keterangan tertulis dikutip Jumat (24/6/2022).

Di tengah penguatan pasar, Afid menjelaskan ada beberapa aset kripto yang perlu dicermati investor karena berpotensi melemah sepanjang pekan keempat Juni 2022. Adapun deretan kriptonya sebagai berikut:

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

TRON-Reef

1. TRON (TRX)

TRON masih terjebak dalam fase bearish pada pekan ini. Afid melihat penurunan nilai TRX dampak dari  USDD, stablecoin algoritmik milik Tron yang masih di bawah rasio 1:1 dengan dolar AS. Menurut data Coinmarketcap, USDD mulai kehilangan pasaknya sejak 13 Juni 2022 lalu.

Menurut pendiri Tron, Justin Sun, USDD mengalami depegging karena para short seller banyak mengincar token asli Tron, TRX, di bursa kripto Binance. Meski, Sun telah berkomitmen untuk menggunakan USD 2 miliar dari Tron DAO Reserve guna melawan para short seller, USDD tetap berada di bawah USD 1,00.

2. Lido DAO (LDO)

Lido DAO adalah organisasi otonom terdesentralisasi (decentralized autonomous organization) yang diatur oleh pemegang LDO, token tata kelola DAO. Afid melihat penurunan nilai LDO dipicu oleh kekisruhan Lido yang mengusulkan skema 'Tata Kelola Ganda' untuk mengatasi ketakutan sentralisasi Ethereum.

Proposal yang diusulkan tersebut akan memperkenalkan mekanisme perselisihan dan penyelesaian untuk insentif yang tidak selaras antara pemangku kepentingan dan pemegang LDO. Pada akhirnya memicu kekhawatiran membuat token LDO hampir tidak berharga.

 

3 dari 4 halaman

Reserve Rights-Reef

3. Reserve Rights (RSR)

Reserve Rights adalah platform stablecoin token ganda yang diluncurkan pada Mei 2019. Pengaturan token ganda Reserve Rights mencakup stablecoin yang dikenal sebagai Reserve stablecoin (RSV).

Token kedua adalah token Reserve Rights (RSR), yang digunakan untuk menjaga RSV stabil pada target harga USD 1,00 melalui sistem peluang arbitrase. RSR adalah sebuah token utilitas yang memungkinkan pemegang untuk memberikan hak suara atau voting pada proposal tata kelola.

4. Synthetix (SNX)

Synthetix adalah protokol likuiditas derivatif pada Ethereum yang memungkinkan penerbitan dan perdagangan aset synthetic. Afid mengatakan untuk tren pasar Synthetix, prospek pembeli berada dalam kondisi yang tidak menguntungkan sejak awal tahun 2022.

"Permintaan harga untuk token Synthetix telah lama berada di bawah harga pasar. Potensi bearish terus mendorong harga lebih rendah. Nilai SNX diprediksi bisa anjlok menuju sekitar USD 2.267 atau turun 27 persen dari harga USD 3.243," ungkapnya.

5. Reef (REEF)

Reef (REEF) merupakan platform DeFi berbasis Polkadot yang mempunyai tujuan untuk menawarkan perdagangan lintas blockchain. Menurut Afid, Reef akan berpotensi mengalami penurunan harga pada pekan ini.

"Dari analisis teknikalnya, Reef akan mengalami penurunan dengan grafik yang cukup tajam. Nilai REEF bisa anjlok dari USD 0,00380 atau turun 22 persen ke harga USD 0,00297," pungkas Afid.

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Jumat Pagi 24 Juni 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau alami pergerakan harga yang kompak pada Jumat pagi, 24 Juni 2022. Mayoritas kripto jajaran teratas harus kembali menguat setelah sempat melemah satu hari terakhir.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Jumat (24/6/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat 4,18 persen persen dalam 24 jam dan 1,07 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 20.815 per koin atau setara Rp 309 juta (asumsi kurs Rp 14.848 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga berhasil menguat hari ini. Selama 24 jam terakhir, ETH naik 7,30 persen dan 3,55 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.134 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) juga kembali menghijau. Dalam 24 jam terakhir BNB pulih 6,18 persen dan 6,71 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 228,04 per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) pagi ini juga berhasil pulih. Dalam satu hari terakhir ADA melonjak 3,33 persen, tetapi masih melemah 2,08 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,4767 per koin.

Adapun Solana (SOL) juga berhasil kembali ke zona hijau hari ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL menguat 8,04 persen dan 20,67 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 37,49 per koin.

XRP juga turut menghijau pagi ini. XRP naik 2,82 persen dalam 24 jam terakhir dan 5,35 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3328 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,02 persen dan 0,05. Dengan begitu membuat USDT berada di level USD 0,9992 dan USDC dihargai USD 1,00.

Sedangkan Binance USD (BUSD) melemah 0,08 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi harganya masih bertahan di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto menguat pada hari ini yaitu di level USD 917,8 miliar dari hari sebelumnya di level USD 886,5 miliar.