Sukses

CEO IDM Sebut Pendidikan Blockchain Dapat Kurangi Sentimen Negatif Kripto

Rencana mendirikan lembaga pendidikan Blockchain agar Indonesia tak hanya menjadi pasar tapi juga jadi pelaku.

Liputan6.com, Jakarta - CEO IDM, MC Basyar berkesempatan bertemu dengan Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad pada Selasa, 31 Mei 2022. Dalam pertemuan tersebut diketahui keduanya membahas mengenai perkembangan blockchain dan industri kripto di tanah air. 

Berdasarkan caption postingan Instagram pribadi Sufmi, pada pertemuan tersebut Sufmi mengakui dirinya mendukung dan sangat antusias terhadap perkembangan kripto di Indonesia. 

Selain itu ada wacana soal keduanya yang akan membangun lembaga pendidikan blockchain di Indonesia. 

"Pertemuan ini membahas soal perkembangan blockchain dan industri kripto di tanah air. Saya mendukung dan sangat antusias terhadap perkembangan kripto di Indonesia. Dalam pertemuan tersebut juga dibahas mengenai wacana membangun Lembaga Pendidikan Blockchain yang nantinya akan bertempat di Bandung,” tulis Sufmi dalam caption postingan Instagram pribadinya, dikutip Jumat, 3 Juni 2022.

Menanggapi hal tersebut, MC Basyar menuturkan, alasan rencana akan didirikannya lembaga pendidikan Blockchain agar Indonesia tak hanya menjadi pasar melainkan juga menjadi pelaku. 

“Karena demi kemajuan negeri ini. Saya dan pak Dasco tidak mau ke depan kita hanya jadi pasar saja, tapi kita harus jadi pelaku, mampu berkontribusi, dan dalam sekolah itu akan dibentuk lulusan-lulusan yang ahli di bidang solidity engineering, developer, marketing, dan lain-lain,” ujar Basyar ketika dihubungi Liputan6.com, ditulis Sabtu (4/6/2022). 

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Teknologi Blockchain Mulai Dikenal di Indonesia

Basyar juga mengungkapkan, nantinya pendidikan blockchain ini ditargetkan untuk anak muda Indonesia yang pintar dan terutama bagi yang kurang mampu.

Di Indonesia teknologi blockchain dan aset kripto masih merupakan hal yang belakangan ini mulai dikenal oleh khalayak luas. Kripto sendiri masih memiliki sentimen negatif karena pergerakan harganya yang ekstrem. 

Menanggapi soal itu, menurut Basyar dengan adanya pendidikan blockchain dapat mengurangi sentimen negatif kripto di Indonesia. 

"Ya pasti, karena kripto tidak melulu soal trading, tapi ada yang lebih dari itu, teknologi misalnya, minting, mining, farming, dan lain-lain," pungkas Basyar.

3 dari 5 halaman

Token Kripto Lokal Ini Bakal Dijual di Jaringan Avax

Setelah listing di Binance Smart Chance (BSC), IDM token kripto karya anak bangsa akan dijual di jaringan defi Avax C Chain pada 20 Mei 2022.

CEO IDM Coop MC Basyar menuturkan, pihaknya akan mengadopsi teknologi multichain seiring IDM juga akan dijual di jaringan defi Avax C Chain.

"Namun, saya menerapkan strategi anti dumping price dengan tidak langsung bridging ke Avax dari BSC. Namun, dibuat dua smart contract berbeda namun nanti dalam suatu waktu akan di-merge dan yang di avax ini untuk menjaga harga pasar dan menciptakan hype baru," ujar dia dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (8/5/2022).

Ia menargetkan langsung pada exchanger dalam lima hari maksimal setelah listing. "Saat private sale 1.000 avax kemarin, hitungan satu menit ludes dibeli oleh investor," kata dia.

 

 

4 dari 5 halaman

Selanjutnya

Basyar menuturkan, pihaknya juga melakukan burning token hingga 90 persen. Menurut dia, hal tersebut pertama kali di Indonesia dan dunia.

"Tim kami sedang melakukan pengurusan pendaftaran ke MURI karena ini rekor baru dunia dan Indonesia," ujar dia.

Basyar menuturkan, pembelian di decentralize exchange (dex) Avax ada di trader joe, dan dapat diakses dari wallet metamask, trust wallet dan juga Safepal.

"Selama 48 jam saat launch di trader joe pembeli hanya boleh beli maksimal 0,15 persen token per wallet-nya, ini demi menciptakan desentralisasi yang merata," kata dia.

Pihaknya juga akan melanjutkan project di super apps, crypto park, IDM Peduli menjadi IDM Foundation yang bergerak di bidang sosial blockchain. "Lalu IDM Launchpad, Game Play and earn Indonesia, rumah produksi IDM, dan yang terbaruk kami akan luncurkan wallet kripto pertama milik Indonesia," ujar dia.

5 dari 5 halaman

Harga Kripto Sabtu Pagi 4 Juni 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto jajaran teratas lainnya tidak bertahan lama di zona hijau. Pada akhir pekan ini, harga bitcoin dan mayoritas kripto jajaran teratas lainnya berada di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Sabtu pagi, (4/6/2022), kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, bitcoin (BTC) merosot 2,28 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, dalam sepekan terakhir, harga bitcoin menguat 3,44 persen. Saat ini, harga BTC di posisi USD 29.730,72 atau sekitar Rp 429,25 juta (asumsi kurs Rp 14.438 per dolar Amerika Serikat).

Demikian juga ethereum (ETH). Harga ethereum melemah 2,76 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga ETH naik 1,91 persen. Kini, harga ethereum berada di posisi USD 1.775,81 atau sekitar Rp 25,62 juta.

Kripto selanjutnya harga BNB. Harga BNB turun 2,83 persen selama 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga BNB susut 1,25 persen. Saat ini, harga BNB di posisi USD 298,96.

Kemudian cardano (ADA) juga berada di zona merah. Dalam 24 jam terakhir, harga Cardano susut 4,75 persen. Dengan demikian, harga Cardano berada di posisi USD 0,5638. Selama sepekan terakhir, harga Cardano melonjak 22,52 persen.

Demikian juga solana (SOL) lesu pada akhir pekan ini. Harga solana anjlok 6,19 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga solana susut 7,9 persen. Saat ini, harga solana di posisi USD 38,18.

Harga XRP juga berada di zona merah. Harga XRP tergelincir 3,81 persen selama 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga XRP menguat 1,52 persen. Kini harga XRP ditransaksikan di posisi USD 0,3909.

Selain itu, harga dogecoin (DOGE) melemah 2,6 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga dogecoin merosot 1,77 persen. Kini ditransaksikan di posisi USD 0,08055.

Stablecoin Tether (USDT) turun tipis 0,03 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga tether menguat 0,02 persen. Saat ini, harga tether ditransaksikan di posisi USD 0,9991. Harga USD Coin (USDC) menguat terbatas 0,01 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga USDC melemah terbatas 0,01 persen. Kini, harga USDC berada di posisi USD 1,00.

Sementara itu, harga binance USD (BUSD) berada di zona hijau. Harga BUSD naik 0,29 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga BUSD menguat 0,22 persen. Saat ini, harga BUSD ditransaksikan di posisi USD 1,00.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.