Sukses

Mengenal GXC Coin, Token Kripto Milik Blockchain Ekonomi Data GXChain

Liputan6.com, Jakarta - GXChain adalah blockchain mendasar untuk ekonomi data global, yang dirancang untuk membangun data dan nilai yang tepercaya di internet. GXChain sendiri dibuat oleh sebuah perusahaan asal Cina dan menempati urutan ke-4 pada asesmen Blockchain Global ke-3 oleh CCID.

Dilansir dari Coinmarketcap, Selasa (26/4/2022), manfaat dari arsitektur Graphene yang mendasari DPoS, GXChain memiliki fungsi termasuk G-ID, GVM, BaaS dan Blockcity, yang nyaman untuk pengembangan aplikasi. GXChain memberikan solusi terdepan untuk ekonomi data dengan mengembangkan beberapa modul data tepercaya. 

Mengunggah, menyimpan, menghitung, dan bertukar data telah secara bertahap diwujudkan dengan banyak aplikasi komersial. Untuk menyediakan layanan berbagi, tata pemerintahan bersama, transparansi, dan keamanan tingkat bawah untuk pasar ekonomi data tingkat kuadriliun.

Tim GXChain secara mandiri mengembangkan jaringan utamanya dan meluncurkannya pada Juni 2017. Berdasarkan desentralisasi, kriptografi, dan desain token pintar, GXChain memberikan solusi untuk ekonomi data dengan mengembangkan beberapa modul data. 

GXChain memiliki token kripto utilitasnya sendiri dengan nama yang sama dengan blockchainnya yaitu GXChain atau sering disebut juga GXC Coin. 

Harga GXChain

Berdasarkan data Coinmarketcap, Selasa (26/4/2022), harga GXC Coin adalah Rp 25.139 dengan volume perdagangan 24 jam sebesar Rp 24.673.154.614.

GXChain turun 7,84 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 320 dengan kapitalisasi pasar 1.885.476.782.556. Saat ini telah beredar suplai sebanyak 75 juta GXC Coin dari maksimal suplai 100 juta GXC Coin.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Harga Dogecoin Melonjak Usai Elon Musk Beli Twitter

Sebelumnya, harga Dogecoin meroket pada Senin malam setelah berita tentang Twitter telah menerima kesepakatan pembelian Elon Musk. Cryptocurrency meme itu melonjak sebanyak sekitar 27 persen setelah pengumuman Twitter akan dibeli oleh CEO Tesla itu. 

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Dogecoin sempat menyentuh harga USD 0,1675 atau sekitar Rp 2.411. Namun, kembali turun ke level USD 0,1527 pada Selasa pagi.

Dilansir dari CNBC, Selasa, 26 April 2022, dogecoin merupakan kripto yang didasarkan pada meme Internet 2013 Doge dan dibuat sebagai bahan candaan pada tahun yang sama. Namun, semua itu mendapatkan beberapa relevansi tahun lalu setelah Musk mendukungnya dan terus membagikan pandangannya tentang meme coin itu di media sosial.

Elon Musk sering menjadi penggerak pasar cryptocurrency dengan tweetnya tentang Dogecoin dan Bitcoin. Pada Mei tahun lalu, postingannya memicu reli Dogecoin ke level tertinggi sepanjang masa. 

 

Selain menjadi influencer Dogecoin, Musk adalah salah satu pembeli Bitcoin perusahaan terbesar. Banyak pendukung kripto yang berharap melihat Twitter mengintegrasikan lebih banyak fitur asli kripto. Selain itu mereka akan mengawasi apakah atau bagaimana Musk memprioritaskan kripto. Sifat tahan sensor Bitcoin di permukaan sejalan dengan visi Musk untuk utopia kebebasan berbicara.

Mantan CEO dan salah satu pendiri Twitter, Jack Dorsey, mengundurkan diri dari perusahaan pada November untuk fokus pada upaya di perusahaan pembayarannya, yang sejak itu berganti nama menjadi Block (dari Square) untuk mencerminkan ambisi yang lebih luas dalam cryptocurrency dan teknologi blockchain.

“Kebebasan berbicara adalah landasan demokrasi yang berfungsi, dan Twitter adalah alun-alun kota digital tempat hal-hal penting bagi masa depan umat manusia diperdebatkan,” kata Musk dalam sebuah pernyataan. 

3 dari 4 halaman

Tidak Ada Korelasi

Menurut laporan CoinDesk, Selasa, 26 April 2022, harga Dogecoin dan pengambilalihan Twitter oleh Musk tidak berkorelasi secara langsung.

Chief Marketing Officer Kryptomon, Tomer Nuni mengatakan, dukungan berulang Musk terhadap memecoin menarik spekulasi dari investor kripto yang berharap Dogecoin dimasukkan dalam rencana jangka panjang Twitter.

“Spekulasinya adalah pengiklan dapat membayar DOGE untuk iklan dan penggunaan lain di Twitter,” ujar Nuni dikutip dari CoinDesk.

“Kami telah melihat hal yang sama terjadi ketika Tesla mengungkapkan kemampuan untuk membayar barang-barangnya dengan DOGE. Jadi spekulasi bisa jadi seputar bisnis dan pemangku kepentingan Musk yang mulai menerima kripto, seperti yang dilakukan Tesla,” lanjut dia. 

Awal bulan ini, Musk mengatakan soal pembayaran DOGE di Twitter dalam sebuah tweet, mengusulkan Dogecoin sebagai salah satu opsi pembayaran untuk Twitter Blue, layanan berlangganan situs dengan fitur premium.

Tesla juga sudah menerima pembayaran DOGE di toko barang dagangan online-nya. Musk sebelumnya juga memberikan dukungan untuk pengembangan dan adopsi Dogecoin, seperti tweet Mei 2021, Musk menyatakan dia bekerja dengan pengembang Dogecoin untuk meningkatkan efisiensi sistem.

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Selasa Pagi 26 April 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau masih mengalami pergerakan harga yang seragam, Selasa pagi, 26 April 2022. Seluruh kripto jajaran teratas yang sebelumnya melemah, kini berhasil kembali menguat.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Selasa pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) berhasil menguat 2,22 persen dalam 24 jam terakhir tetapi melemah 1,25 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 40.378,70 per koin atau setara Rp 582,5 juta (asumsi kurs Rp 14.426 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga berhasil menguat hari ini. Selama 24 jam terakhir, ETH naik 2,66 persen. Namun masih melemah 1,57 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 3.010,54 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance Coin (BNB) yang pagi ini juga turut menguat. Dalam 24 jam terakhir BNB naik 0,79 persen, tetapi masih anjlok 3,38 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 403,81 per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) juga berhasil kembali ke zona hijau hari ini. Dalam satu hari terakhir ADA menguat 1,16 persen, tetapi masih melemah 3,86 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,8981 per koin.

Adapun Solana (SOL) juga turut menguat. Sepanjang satu hari terakhir SOL naik 1,15 persen. Namun masih melemah 1,69 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 100,70 per koin.

XRP sayangnya masih berada di zona merah di tengah kripto lainnya yang menguat. Dalam satu hari terakhir, XRP turun 0,73 persen dan 9,07 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,6962 per koin. 

Terra (LUNA) masih tetap menguat sejak kemarin. Terra naik 6,19 persen dalam 24 jam terakhir dan 7,98 persen dalam sepekan. Saat ini Terra dihargai USD 96,44 per koin.

Stablecoin seperti Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat sebesar 0,01 dan 0,02 persen. Dengan begitu, keduanya kini dibanderol dengan harga USD 1,00.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS