Sukses

Setelah Wali Kota New York, Politikus di Belgia Bakal Terima Gaji Bitcoin

Politikus itu ingin aktor politik dari Belgia merangsang refleksi mendalam tentang sistem moneter dengan cara mendukung kripto.

Liputan6.com, Jakarta - Tren baru tampaknya telah muncul dalam kalangan politikus di seluruh dunia, karena adopsi kripto terus meroket saat ini. Christophe De Beukelaer, anggota Parlemen Belgia dan anggota partai Humanist Democratic Center (cdH), mengumumkan akan menerima gajinya dalam Bitcoin (BTC).

Faktanya, politisi itu berkomentar bahwa gajinya sebesar EUR 5.500 atau sekitar Rp 88 juta akan dikonversi ke kripto terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasarnya yaitu Bitcoin melalui Bit4You. Bit4You merupakan platform pertukaran kripto di Belgia. 

“Saya yang pertama di Eropa, tetapi tidak di dunia, yang ingin menyoroti cryptocurrency dengan langkah seperti itu,” kata De Beukelaer, seperti dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (29/1/2022). 

Dia menjadikan Eric Adams, Walikota New York yang baru terpilih, sebagai contoh politisi di luar Eropa untuk menerima gajinya dalam Bitcoin. Walikota AS telah menerima gaji dua mingguannya dalam bentuk BTC dan Ethereum (ETH).

Dengan hal seperti itu, anggota parlemen Belgia ingin menunjukkan kepada Eropa dan Belgia kepercayaannya terhadap industri cryptocurrency dan menyerukan untuk memperkuat langkah-langkah yang mendukung bidang dan perkembangannya di seluruh wilayah.

Dia menambahkan ingin aktor politik dari Belgia merangsang refleksi mendalam tentang sistem moneter dengan cara mendukung kripto. 

Tahun lalu, Wali kota Miami saat ini dan advokat Bitcoin terkenal, Francis Suarez, menjadi berita utama di seluruh bidang kripto setelah mengumumkan  akan menerima gaji dalam bentuk Bitcoin.

Menurut catatan publik pemerintah AS, gaji tahunan Wali kota Miami sebesar USD 97.000 atau sekitar Rp 1,3 miliar. Adapun Suarez mengatakan dia lebih suka mengandalkan aplikasi seperti Bitwage atau Strike untuk mengubah fiatnya menjadi kripto daripada meminta pemerintah setempat melakukannya.

Pada saat yang sama, dia terus mendorong untuk menjadikan Miami sebagai pusat kripto dengan mencoba mengeluarkan undang-undang ramah kripto, yang dia sebut sebagai “undang-undang kripto paling progresif” di negara tersebut.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Paris Hilton Investasi Kripto

Sebelumnya, artis, penyanyi, dan juga model, Paris Hilton mengakui telah berinvestasi kripto sejak 2016. Paris Hilton percaya semuanya akan digital. Itulah sebabnya wanita berusia 40 tahun ini bertaruh besar pada cryptocurrency, Non Fungible Token (NFT), dan sekarang metaverse.

"Saya benar-benar percaya pada mereka," kata Hilton, seperti dikutip dari CNBC, Sabtu, 29 Januari 2022.

Hilton tidak mengungkapkan berapa banyak dia telah berinvestasi di kripto, tetapi ia mengatakan telah mulai berinvestasi di Bitcoin dan Ether pada 2016. Pada saat itu, satu Bitcoin dihargai sekitar USD 1.000 atau sekitar Rp 14,3 juta (asumsi kurs Rp 14.359 per dolar AS).

Sedangkan, satu Ether dihargai sekitar USD 10 atau sekitar Rp 143.594, menurut data Coin Metrics . Saat ini, Bitcoin dan Ethereum masing-masing bernilai lebih dari USD 38.000 dan USD 2.640.

Hilton mengatakan kepada The Guardian pada November lalu pertama kali mulai berinvestasi di crypto setelahi berteman dengan pendiri Ethereum, platform komputasi terdesentralisasi yang menghasilkan Ether, mata uang di mana sebagian besar NFT diperdagangkan. 

Hingga saat ini, Hilton masih memiliki pandangan bullish, meskipun di tengah aksi jual pasar cryptocurrency yang baru-baru ini terjadi, di mana Bitcoin dan Ether kehilangan sekitar 50 persen dari nilai pasar tertinggi mereka sepanjang masa pada November lalu.

“Saya melihat mata uang digital pasti naik. Saat ini, apa yang saya lakukan, yang dikatakan orang, adalah membeli saus,” ujar Hilton.

Adapun dari dunia NFT, Hilton membuat NFT pertamanya pada 2019, dan menjualnya pada Maret 2020 untuk amal. Pada April 2021, ia meluncurkan koleksi NFT-nya sendiri, menjual salah satu yang disebut "Ratu Kripto Ikonik" seharga USD 1,1 juta dalam Ether. Hilton juga mengatakan bahwa dia memiliki lebih dari 150 NFT.

Baru-baru ini, Hilton bergabung dengan platform NFT Origin Protocol sebagai investor dan penasihat strategis untuk membantu orang-orang membuat NFT mereka sendiri dan menjualnya di platform itu.

Hilton mengatakan menciptakan seni seperti NFT telah menjadi terapi dan penyembuhan baginya.

“Saya melihat NFT sebagai masa depan seni,” katanya, mencatat bahwa di dunia seni tradisional, seniman jarang mendapatkan penjualan sekunder seperti yang sering mereka lakukan dengan NFT. Saya suka itu memberi kekuatan kembali kepada kreator,” jelas Hilton. 

NFT berjalan seiring dengan metaverse, jaringan dunia virtual 3D tempat orang dapat bekerja, bermain, menjelajah, dan tempat di mana banyak orang menantikan untuk memamerkan koleksi NFT mereka. 

Hilton mengatakan dia telah tertarik dengan konsep tersebut selama bertahun-tahun, jauh sebelum Facebook berganti nama menjadi Meta dan membuat dunia bisnis bersinar dengan buzz metaverse.

"Saya sudah mengembangkan, seperti, seluruh 'Paris World' di mana orang bisa menonton saya menjadi DJ dan datang hang out," katanya.

Paris World akhirnya menjadi pos terdepan di platform perusahaan game Roblox, yang diluncurkan pada Oktober. Bahkan pada malam tahun baru yang lalu, Hilton menggunakan Paris World untuk menjadi tuan rumah pesta metaverse pertamanya.

"Saya pikir itu luar biasa, dan itu baru pembukaan beta. Kemungkinannya benar-benar tidak terbatas," ujar Paris Hilton.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.