Sukses

Negara Megadiversity, Indonesia

Indonesia, negara yang merdeka pada 17 Agustus 1945 ini merupakan negara kepulauan terbesar di dunia.

Citizen6, Jakarta: Indonesia, negara yang merdeka pada 17 Agustus 1945 ini merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan populasi penduduknya mencapai 250 juta jiwa pada 2013.

Secara astronomis, Indonesia terletak pada 6 derajat LU (Lintang Utara) - 11 derajat LS (Lintang Selatan) dan 95 derajat BT (BujurTimur) - 141 derajat BT (BujurTimur). Sedangkan secara geografis, Indonesia terletak di antara 2 benua (Benua Asia dan Benua Australia) dan 2 samudra (Samudera Hindia dan Samudera Pasifik). Karena letak Indonesia yang berada di garis khatulistiwa, Indonesia menjadi negara tropis dengan 2 musim, yakni kemarau dan hujan.

Indonesia memiliki 34 provinsi yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dengan Provinsi DKI Jakarta sebagai pusat ibukotanya. Dengan jumlah penduduk yang begitu banyak, Indonesia memiliki beragam adat istiadat, budaya, suku, serta bahasa. Walaupun Indonesia sudah banyak merespon globalisasi dari dunia barat, tetapi adat-istiadat penduduknya masih dipertahankan, begitu juga dengan budaya serta bahasanya. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang dimiliki Indonesia. Selain itu, beragam tarian, lagu, bahasa, dan lain-lain terkandung dalam setiap daerah di Indonesia. Seperti Bali dengan tari kecaknya, Aceh dangan tari samannya, dan daerah-daerah lain di Indonesia, menggambarkan Indonesia yang walaupun berbeda suku, adat-istadat, budaya, bahasa, tetapi tetap bisa bersatu.

Indonesia juga memiliki daya tarik dari segi tempat rekreasinya. Setiap tahun, jumlah turis mancanegara yang datang ke Indonesia terus bertambah. Pantai Kuta di Bali, Danau Toba di Sumatra Utara, Candi Borobudur di Jawa Tengah, Pantai Senggigi di Lombok, Bunaken di Sulawesi, Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta, Pantai Pangandaran di Jawa Barat, Tangkuban Perahu di Jawa Barat, dan Pulau Komodo di Nusa Tenggara Barat menjadi salah satu destinasi utama.
    
Penduduk Indonesia juga terkenal oleh dunia akan keramahannya. Para turis yang datang ke Indonesia biasanya nyaman dengan perlakuan yang diberikan oleh penduduk Indonesia karena keramahannya. Dalam wawancara eksklusif dengan Megan Young, Miss World 2013, menuturkan, "Oh, orang Indonesia adalah yang paling ramah di dunia. Saya bisa pastikan itu. Mereka sangat baik, merawat Anda seperti keluarga mereka sendiri dan selalu tersenyum. Orang Indonesia bahkan mengingatkan saya akan orang Filipina. Karena itu, saya merasa seperti di rumah selama di sini."

Selain penduduknya yang ramah, toleransi antar umat beragama di Indonesia juga dijunjung tinggi. Walaupun berbeda agama, penduduk Indonesia hidup dengan akur satu sama lain.

Indonesia juga terkenal akan sumber daya alamnya yang melimpah. Beragam spesies makhluk hidup, baik hewan maupun tumbuhan, banyak terdapat di Indonesia. Kurang lebih sebanyak 60% jumlah spesies tumbuhan di seluruh dunia terdapat di Indonesia, sedangkan 17% jumlah spesies hewan di seluruh dunia terdapat di Indonesia. Tak heran, Indonesia disebut sebagai negara megadiversity karena keanekaragaman hayatinya.

Selain itu, hal yang menarik di Indonesia adalah lautan yang sangat luas. Panjang garis pantai di Indonesia kurang lebih 81.000 km/14% dari garis pantai di seluruh dunia. Lautan di Indonesia juga mengandung banyak sekali spesies air, yaitu terdapat sekitar 350 fauna, 28.000 flora, 110.000 mikroba, 600 terumbu karang, serta 40 genera. Tak heran, banyak pantai-pantai terkenal di Indonesia yang menjadi tempat rekreasi favorit, seperti Pantai Pangandaran, Pantai Senggigi, Pantai Kuta, Pantai Parai Tenggiri, Pantai Parangtritis, Pantai Bunaken, Pantai Sendang Biru, Pantai Teluk Penyu, Pantai Sanur, dan lain-lain. So, kita harus bangga dengan potensi yang dimiliki Indonesia. I Love Indonesia. (Miqdad Rifa'I/mar)

Miqdad Rifa'I adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.