Sukses

Indonesia Lahir dari Kerja Keras Para Pahlawan

Indonesia, tertanam pada jiwa rakyatnya dari dulu hingga sekarang sebagai negeri yang kaya akan sumber daya alam dan budayanya.

Citizen6, Yogyakarta: Indonesia, tertanam pada jiwa rakyatnya dari dulu hingga sekarang sebagai negeri yang kaya akan sumber daya alam dan budayanya. Namun sekarang yang tersisa adalah rasa kecewa karena Indonesia semakin lama semakin terpuruk. Adakah alasan untuk bertahan sebagai bagian dari Indonesia? Tentu saja ada, karena Indonesia merupakan:

1. Tanah kelahiran yang selalu membekas dalam diri setiap makhluk. Bahkan burung pun akan kembali ke sarangnya meski telah jauh pergi. Begitu pula masyarakat Indonesia. Apapun bentuk dan rupa Indonesia tidak ada alasan untuk mengingkari cinta Indonesia.

2. Teladan cinta para pahlawan

Indonesia lahir dari kerja keras para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan karena rasa cintanya yang dalam pada negeri.

3. Budaya asli negeri

Pesona budaya asli negeri mampu membuat orang luar berdecak kagum. Tentunya warga Indonesia sendiri lebih kagum dan cinta pada negeri yang mampu menciptakan budaya yang mempesona ini.

4. Tetap zamrud khatulistiwa

Keindahan alam Indonesia yang tidak diragukan lagi, menjadikannya dikenal sebagai zamrud khatulistiwa dari dulu hingga detik ini dan nanti. Bangganya menjadi bagian Indonesia karena semua yang alam berikan bisa kita dapatkan disini. Tentunya cinta dan bangga terhadap bumi pertiwi bukan hanya pernyataan tapi kenyataan dalam bentuk pemanfaatan dan pemeliharaan.

5. Berpenduduk banyak

Kuantitas penduduk yang banyak meningkatkan angka penduduk produktif, yang bisa membangun Indonesia. Semakin banyak yang
membangun, maka fondasi negeri yang kokoh semakin cepat terbangun.

6. Masih ada orang yang peduli

Masih adanya orang yang peduli terhadap orang di sekitarnya membuat cinta Indonesia semakin dalam dan terus bertahan. Karena hal ini mencerminkan jiwa gotong royong masih melekat dalam jiwa orang Indonesia, meski hampir luntur. Tapi tak ada yang tak mungkin, Indonesia akan kembali bangkit menjadi negara besar karena masih memiliki orang-orang yang mencintanya. (Laksmi Satwijayanti/mar)

Laksmi Satwijayanti adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.