Sukses

Sambalnya Orang Palembang, Ya Sambal Lingkung

Sambal lingkung dapat dimakan dengan nasi, bubur, roti atau lainnya tergantung selera.

Citizen6, Palembang: Palembang merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia. Terletak di bagian selatan Pulau Sumatera, kota yang terkenal dengan pempeknya ini berhasil memberikan kepuasan tersendiri bagi para wisatawan yang jauh-jauh datang untuk mencoba kulinernya.

Siapa yang tidak kenal pempek yang merupakan makanan khas dari kota Wong Kito Galo ini? Pempek menjadi andalan khas bagi para wisatawan yang datang. Beragam jenis pempek dapat ditemukan di kota ini dengan rasa cuko-nya yang khas. Namun, bagaimana dengan sambalnya?

Kali ini berbeda seperti sambal-sambal yang telah kita kenal. Sambal yang terkenal di Palembang ini bukan seperti sambal terasi atau sambal bawang, melainkan sambal lingkung. Rasanya yang unik bisa menjadi pilihan baru bagi wisatawan untuk mencobanya.

Bentuk sambal lingkung ini hampir sama dengan abon. Bahan dasar pembuatannya adalah ikan gabus atau ikan tenggiri. Proses pembuatannya tidak terlalu susah. Jika Anda tertarik, sudah banyak resep yang dapat dicari secara online.

Sambal lingkung dapat dimakan dengan nasi, bubur, roti atau lainnya tergantung selera. Rasa ikannya yang khas dengan campuran rempah-rempah ini bisa membuat anda ketagihan. Namun, Anda harus siap-siap merogoh dompet Anda apabila ingin membawanya pulang ke kota Anda, karena harga perkilogramnya pun cukup mahal. Tapi, sudah dapat dipastikan rasanya akan memberikan kepuasan kepada Anda. (Maya Sari/Arn)

*Maya Sari adalah pewarta warga.

Mulai 30 September-11 Oktober ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Oleh-oleh Khas Kotaku". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini