Sukses

Ananda Sukarlan Gelar Konser Tunggal `Rapsodia Nusantara`

Pianis Ananda Sukarlan akan menggelar konser piano tunggal di Aula Simfonia Jakarta.

Citizen6, Jakarta: Setelah absen hampir 3 tahun untuk resital piano tunggal di Indonesia, pianis/ komponis Ananda Sukarlan akan mempersembahkan kepada para pecinta musik, khususnya piano klasik di Indonesia sebuah pertunjukkan yang akan digelar pada Minggu, 20 Oktober nanti.

Konser piano tunggal ini terjadi atas undangan dari Aula Simfonia Jakarta, yang rencananya akan dimulai pukul 16.30 WIB dan akan berlangsung sekitar 1 jam 40 menit.

Kali ini sang Maestro yang kini menetap di Spanyol ini akan mempersembahkan karya-karyanya yang telah membawa nama Indonesia ke panggung internasional: Rapsodia Nusantara. Karya-karya tersebut berdasarkan tema/ melodi lagu-lagu rakyat Indonesia. Ratusan pianis, baik dari Indonesia maupun internasional telah memainkannya di berbagai belahan dunia, sehingga secara tidak langsung memperkenalkan lagu-lagu rakyat Nusantara yang dikemas dalam notasi yang sangat virtuosik, menggunakan teknik pianistik yang sangat canggih.

Beberapa nomor telah direkam oleh berbagai pianis juga. Terakhir adalah oleh pianis muda Henoch Kristianto dalam CD terbarunya. Sampai saat ini Ananda Sukarlan telah mencipta 12 nomor, dan paling sedikit 6 di antaranya akan dimainkannya di konsernya 20 Oktober mendatang. Selain Rapsodia, sang Maestro juga akan memainkan beberapa karyanya yang lebih "light" dan populer, seperti love songs, lullabies, dan lain-lain.

Pertunjukannya ini diharapkan dapat memperkenalkan lagu-lagu rakyat Indonesia yang dikemas untuk pendengar internasional. (Chendra Panatan/Mar)

Chendra Panatan adalah pewarta warga yang bisa dihubungi lewat Email: Email: ycep@yahoo.com

Mulai 30 September-11 Oktober ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Oleh-oleh Khas Kotaku". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini