Sukses

7 Desain Kamar Mandi Pedesaan Minimalis, Jadi Tren di 2024

Kamar mandi bergaya pedesaan dapat memberikan kesan segar dan unik di dalam rumah. Beberapa desain kamar mandi modern dengan sentuhan pedesaan ini sangat cocok untuk dijadikan inspirasi. Yuk, simak!

Liputan6.com, Jakarta Desain kamar mandi dengan nuansa khas pedesaan bisa menjadi pilihan yang belum banyak dieksplorasi dan digunakan di Indonesia. Dengan perencanaan konsep dan eksekusi yang baik, desain ini dapat menciptakan suasana kamar mandi yang sangat berbeda.

Desain kamar mandi khas pedesaan menawarkan konsep yang menarik dan unik, memberikan inspirasi baru untuk menciptakan suasana yang menenangkan. Selain itu, desain ini juga dapat membantu menghilangkan stereotip buruk tentang kamar mandi di daerah pedesaan.

Berikut ini ada 7 desain kamar mandi khas pedesaan yang jadi tren 2024, dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (20/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

Kamar Mandi Khas Pedesaan yang Mewah dan Estetik

Inspirasi desain kamar mandi khas pedesaan yang pertama adalah desain polos dan minimalis, tetapi memiliki kesan mewah karena mengadaptasi model di villa-villa liburan. Dinding ekspos dan atap kayu yang berdampingan memberikan suasana santai dan hangat.

3 dari 13 halaman

Kamar Mandi Khas Pedesaan yang Luas Tapi Sederhana

Desain kamar mandi khas pedesaan yang satu ini sudah banyak digunakan di seluruh penjuru Indonesia. Karakteristik dari desain kamar mandi sederhana ini adalah ruangan yang luas, di mana seperempat bagiannya dibuat kering dan menyisakan sedikit ruang untuk menggunakan air seperlunya saja.

Mayoritas orang membuat area basah menggunakan keramik dengan tekstur yang lebih jelas atau dengan batu-batu alam yang menonjol, agar penghuni rumah tidak mudah terjatuh. Dinding bata berlumut juga menjadi salah satu daya tarik dari desain ini.

4 dari 13 halaman

Kamar Mandi Khas Pedesaan Semi Terbuka

Menggunakan kamar mandi khas pedesaan yang letaknya terpisah dengan bangunan utama rumah juga termasuk salah satu pilihan menarik dan anti mainstream, terutama di wilayah perkotaan. Dinding bambu dan kamar mandi yang semi terbuka merupakan ciri khas utama dari desain kamar mandi ini. Agar tidak tampak terlalu jadul atau kontras dengan bangunan rumah yang modern, gunakan peralatan kamar mandi dengan desain yang lebih modern.

5 dari 13 halaman

Kamar Mandi Khas Pedesaan Ala Industrial

Desain kamar mandi khas pedesaan bergaya industrial ini dibuat dengan dinding semen ekspos sebagai ciri khasnya. Desain ini bisa termasuk ke dalam kamar mandi yang low budget. Penggunaan perabotan yang lebih mumpuni bisa menjadikan kamar mandi satu ini lebih enak dipandang sekaligus mengubah suasananya.

6 dari 13 halaman

Kamar Mandi Khas Pedesaan Natural dengan Sentuhan Kayu

Desain kamar mandi khas pedesaan satu ini akan sangat cocok dipadukan dengan konsep rumah kayu. Saat ini sudah banyak kloset atau wastafel yang dilengkapi dengan material kayu dan memiliki corak kayu yang menarik. Berbagai jenis tanaman hias yang asri dan manis juga bisa ditambahkan untuk menghias kamar mandi ini.

7 dari 13 halaman

Kamar Mandi Khas Pedesaan Low Budget

Salah satu trik untuk kamu yang menginginkan kamar mandi low budget adalah dengan membangun kamar mandi berkonsep bahan mentah, seperti dinding semen dengan detail-detail kayu yang bisa dikemas dengan lebih menarik.

Agar tidak tampak terlalu kasar, poles setiap detail dari elemen kamar mandi pada desain satu ini. Desain kamar mandi khas pedesaan low budget ini cocok untuk berbagai ukuran kamar mandi, mulai dari kloset jongkok maupun kloset duduk.

8 dari 13 halaman

Kamar Mandi Khas Pedesaan Gaya Tradisional

Inspirasi desain kamar mandi khas pedesaan yang terakhir adalah kamar mandi dengan gaya tradisional yang kental. Kamar mandi satu ini juga dipadukan dengan sentuhan modern yang sangat pas. Keseluruhan kamar mandi menggunakan batu alam untuk menciptakan suasana yang lebih alami dan natural. Tambahan gentong dan detail-detail kecil pada kamar mandi semakin menguatkan suasana tradisional yang sarat akan budaya.

9 dari 13 halaman

Kloset yang Baik Menghadap Kemana?

Ternyata, penempatan toilet ada tata caranya. Disebutkan bahwa sebaiknya posisi toilet sebagai tempat buang hajat tidak menghadap atau membelakangi arah kiblat. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW: "Apabila engkau ke WC, janganlah menghadap kiblat atau membelakanginya ketika kencing atau buang air besar."

10 dari 13 halaman

Ukuran Pintu Kamar Mandi Terkecil Berapa?

Pintu kamar mandi umumnya lebih kecil (180 cm tinggi, 70 cm lebar) dibanding pintu rumah lain. Ukuran ini menyesuaikan dengan standar luas kamar mandi (150 x 200 cm) untuk desain biasa.

 

11 dari 13 halaman

Kamar Mandi Tamu Namanya Apa?

Istilah kamar mandi tamu atau yang biasa disebut powder room masih cukup asing bagi masyarakat Indonesia. Keberadaan kamar mandi tamu sangatlah penting agar orang yang berkunjung tak masuk ke bagian rumah yang lebih privat.

12 dari 13 halaman

Bolehkah Kamar Mandi Bersebelahan dengan Kamar Tidur?

Posisi kamar mandi dekat dengan kamar tidur dinilai bisa mengganggu hubungan baik antar pasangan.

13 dari 13 halaman

Berapa Ukuran Kamar Mandi yang Ideal?

Mengenai ukuran kamar mandi yang ideal setidaknya telah terjawab dalam Buku Saku Petunjuk Konstruksi Sanitasi 2022 yang disusun Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR. Di dalam dokumen itu tertulis bahwa, luas kamar mandi/kakus dipersyaratkan minimal 2,25 meter persegi atau 1,5 meter x 1,5 meter.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini