Sukses

Bukan Diblansir, Ini Cara Simpan Jagung Pipil Agar Tetap Manis Sampai 8 Bulan

Ternyata jagung pipil bisa tetap manis sampai 8 bulan, bahkan tanpa diblansir sekalipun. Simak caranya.

Liputan6.com, Jakarta Secara sederhana, jagung pipil adalah bulir yang dipisahkan dari kulit jagung (kelobot). Untuk memisahkan bulir tersebut dilakukan tanpa diiris dan memerlukan teknik khusus (dipipil).

Jagung dipipil agar nanti bisa lebih mudah untuk diolah dan disimpan sebagai stok untuk masakan sehari-hari.

Namun, menyimpan jagung pipil juga tidak boleh sembarangan. Jika disimpan dengan tepat, jagung pipil akan mengkerut dan tidak manis lagi.

Biasanya, orang-orang mengakali hal tersebut dengan cara diblansir, yakni merebus jagung pipil dalam rendaman air garam lalu langsung dicelup ke dalam air es.

Walau begitu, ada cara yang lebih praktis dari pada diblansir. Bahkan, dengan cara ini pula jagung pipil bisa tetap manis dan tidak mengkerut sampai 8 bulan.

Merangkum tutorial yang dibagikan oleh pengguna Instagram @ummu_firdauss pada Jumat (19/04/2024), berikut caranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Pipil Jagung Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memipil jagung terlebih dahulu. Caranya hanya dengan mencungkil sebaris jagung dengan pisau, lalu dorong pisau dari ujung ke ujung jagung. Lakukan sampai semua bulir jagung habis dipipil.

Perlu diingat, jagung harus dipipil, bukan diserut. Jagung yang dipipil akan lebih mudah untuk diolah dan disimpan.

3 dari 10 halaman

Rebus Selama 5 Menit

Rebus semua bulir jagung yang sudah dipipil tadi dalam air mendidih selama 3-5 menit. Sembari merebus, jangan lupa untuk aduk rebusan jagung. Setelah 5 menit, matikan kompor untuk menyaring jagung pipil ke dalam wadah.

4 dari 10 halaman

Bungkus dengan Plastik Klip

Siapkan beberapa plastik klip, lalu masukkan jagung pipil yang sudah direbus ke dalam plastik tersebut sampai penuh. Ulangi langkah ini sampai semua jagung pipil habis.

5 dari 10 halaman

Simpan di Freezer

Jika semua jagung pipil sudah disimpan dalam plastik klip, maka sekarang jagung pipil bisa disimpan dalam freezer. Dengan cara ini, jagung pipil akan tetap awet dan manis selama 8-12 bulan ke depan.

6 dari 10 halaman

Berapa Lama Jagung Pipil Tahan di Kulkas?

Menyimpan jagung di dalam freezer memperpanjang masa ketahanannya hingga 12 bulan, berbeda dengan penyimpanan di kulkas atau chiller yang hanya membuatnya tetap segar selama 3-7 hari, seperti yang dilaporkan oleh The Kitchn.

7 dari 10 halaman

Bagaimana Cara Pengawetan dari Jagung Pipil?

Penyimpanan jagung pipilan dilakukan dengan cara mengeringkannya hingga kadar air mencapai 12,5 – 13 %. Setelah itu, jagung diangin-anginkan selama 2 – 4 jam sebelum dimasukkan ke dalam silo. Sebelum dimasukkan ke dalam silo, plastik satu lapis diletakkan di dasar silo untuk mencegah masuknya lengas tanah secara kapiler.

8 dari 10 halaman

Berapa Lama Waktu Merebus Jagung Pipil?

Jagung yang telah dikupas dapat dimasak dengan direbus selama dua hingga lima menit. Sedangkan bagi jagung pipilan, waktu merebusnya adalah sekitar empat menit dengan api yang kecil atau sedang. Untuk jagung yang masih berselimut kulitnya, waktu merebusnya membutuhkan sekitar sepuluh menit.

9 dari 10 halaman

Berapa Lama Jagung Bertahan di Suhu Ruang?

Maka disarankan agar barang disimpan di dalam ruangan yang terdingin dengan suhu berkisar antara 1°C hingga 4°C, dan dapat bertahan selama empat hari.

10 dari 10 halaman

Kenapa Jagung Harus Dijemur?

Biasanya, jagung yang baru dipanen memiliki tingkat kelembaban yang tinggi, yang bisa menjadi masalah saat disimpan karena meningkatkan risiko pertumbuhan jamur. Ini dapat mengurangi kualitas dan nilai jual jagung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.