Sukses

Cara Bikin Petai yang Layu Kembali Segar Tanpa Dimasukkan Kulkas

Petai yang sudah layu dan lembek bisa dibuat segar kembali meski tanpa dimasukkan ke kulkas. Ini dia caranya.

Liputan6.com, Jakarta Petai merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang berwarna hijau. Saat sudah matang, petai cenderung akan menguning dengan campuran rasa manis dan pahit.

Melansir dari laman resmi Pemprov Jambi, petai memiliki berbagai manfaat kesehatan seperti mengelola gula darah, bagus untuk pencernaan, mencegah radikal bebas hingga menjaga kesehatan jantung.

Meski bagus untuk kesehatan, petai cenderung mudah layu, terlebih lagi jika tidak disimpan dengan benar. Petai yang sudah hampir basi akan mengalami perubahan tekstur jadi  layu dan lembek.

Jika petai sudah mengalami tanda-tanda tersebut, jangan langsung dibuat. Pasalnya seorang TikToker @habibahismail2 memiliki cara mengembalikan kesegaran petai, yang disusun pada Jumat (19/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Ambil Isinya

Pertama-tama, kupas kulit petai lalu ambil isinya dan letakkan dalam wadah. Lakukan hal ini berulang sampai semua petai habis. Terlihat bahwa petai sudah sangat layu dan lembek, serta sudah tidak hijau lagi.

3 dari 10 halaman

Rendam Selama Satu Jam

Tuangkan air pada wadah yang sudah berisi petai tadi sampai petai benar-benar terendam. Biarkan petai direndam selama satu jam dalam keadaan terbuka. Air yang digunakan untuk merendam bisa pakai air keran maupun air mineral.

4 dari 10 halaman

Tiriskan Petai

Setelah direndam selama satu jam dalam keadaan terbuka, petai bisa langsung ditiriskan. Pada tahap ini, terlihat bahwa petai sudah tidak layu lagi. Begitupun dengan warnanya yang sudah hijau segar kembali.

5 dari 10 halaman

Pisahkan Petai dari Kulitnya

Jika dilihat, petai masih menempel dengan kulitnya yang berwarna coklat. Pisahkan petai dari kulit tersebut dengan cara mencabut kulit petai.

Meski demikian, langkah ini sebenarnya opsional karena kulit petai sendiri  bisa dimakan dan bahkan juga memiliki manfaat tersendiri.

6 dari 10 halaman

Berapa Lama Petai Bisa Bertahan?

Agar konsistensi petai menjadi lembut, pastikan semua air telah benar-benar mengering. Setelah proses pengeringan selesai, letakkan petai ke dalam wadah kedap udara dan simpan di dalam chiller. Dengan perawatan tersebut, petai dapat bertahan segar selama satu hingga dua bulan.

7 dari 10 halaman

Apakah Boleh Petai Disimpan di Kulkas?

Direkomendasikan agar pete disimpan dalam kulkas atau freezer pada suhu empat derajat Celcius. Disarankan pula untuk menunggu 10-15 menit setelah merebus, kemudian menyimpannya dalam kulkas pada suhu dingin, yakni empat derajat Celcius, atau bahkan memilih untuk membekukannya.

8 dari 10 halaman

Petai Sebaiknya Disimpan di Mana?

Setelah dikeringkan, petai harus ditempatkan ke dalam wadah atau kotak yang rapat dan kedap udara. Penting untuk menghindari masuknya udara ke dalam wadah agar petai tidak cepat membusuk. Akhirnya, tempatkan petai di lokasi yang kering dan sejuk, seperti dalam lemari atau tempat penyimpanan yang sesuai.

9 dari 10 halaman

Bolehkah Menyimpan Petai di Freezer?

Pete yang telah dicuci dan diletakkan dalam wadah, dapat disimpan secara langsung di dalam kulkas atau freezer. Menurut Sulaeman, sebaiknya pete disimpan pada suhu empat derajat celsius hingga mencapai titik beku.

10 dari 10 halaman

Berapa Banyak Boleh Makan Petai?

Namun, konsumsikan dengan takaran yang moderat, seperti tidak melebihi 1-2 papan petai, serta sebaiknya hindari untuk mengonsumsinya setiap hari. Selain itu, pastikan juga untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini