Sukses

Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Belimbing adalah salah satu buah-buahan tropis yang menjadi favorit banyak orang. Selain bentuknya yang unik, belimbing juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Yuk, simak berbagai manfaat dari buah belimbing!

Liputan6.com, Jakarta Belimbing, juga dikenal sebagai Averrhoa carambola, adalah buah tropis yang terkenal karena bentuknya yang unik menyerupai bintang. Rasanya manis dengan sedikit sentuhan asam. Selain kenikmatan rasanya, belimbing juga kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ada beragam cara untuk menikmati belimbing sebagai bagian dari pola makan sehat tanpa kehilangan nutrisinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Sumber Senyawa Anti Inflamasi dan Antioksidan

Buah belimbing mengandung berbagai senyawa tumbuhan yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang sangat kuat, seperti flavonoid, proanthocyanidins, dan asam galat. Mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti belimbing, dapat membantu meningkatkan sistem pertahanan antioksidan alami tubuh. Ini juga dapat berkontribusi pada peningkatan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit.

3 dari 10 halaman

Sumber Vitamin C

Belimbing berukuran besar, sekitar 124 gram, dapat menyediakan sebanyak 42,7 mg vitamin C. Jumlah ini mencakup setengah dari kebutuhan harian vitamin C, yaitu 50%, serta 24% dari rekomendasi ahli sebesar 200 mg per hari. Penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang kaya akan vitamin C dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai masalah kesehatan, termasuk risiko terkena beberapa jenis kanker.

4 dari 10 halaman

Memelihara Kesehatan Jantung dan Sistem Pencernaan

Buah belimbing adalah sumber yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi tersebut tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan secara umum, tetapi juga mendukung fungsi jantung dan pencernaan. Satu buah belimbing berukuran besar dapat menyediakan sekitar 3,5 gram serat, yang sangat penting bagi kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, konsumsi serat juga dapat membantu melindungi kesehatan jantung dengan menurunkan kadar lipid darah, tekanan darah, dan gula darah, yang secara keseluruhan dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

5 dari 10 halaman

Tips Mengkonsumsi Buah Belimbing

Berikut adalah beberapa saran untuk menikmati buah belimbing:

1. Campurkan potongan buah belimbing ke dalam yogurt atau oatmeal.

2. Sajikan potongan buah belimbing sebagai tambahan dalam salad buah.

3. Gunakan jus buah belimbing untuk membuat koktail atau smoothie.

4. Jadikan buah belimbing sebagai camilan bersama dengan kacang atau keju.

6 dari 10 halaman

Apakah Buah Belimbing Bisa Menurunkan Tekanan Darah?

Menurut Winarto (2003), buah belimbing manis dapat menurunkan tekanan darah. Manfaat belimbing manis sebagai penurun tekanan darah juga sudah cukup banyak dikenal oleh masyarakat.

 

 

 

 

7 dari 10 halaman

Apakah Buah Belimbing Baik untuk Asam Urat?

Serat yang terdapat di dalam buah belimbing membantu mengikat kolesterol dan membuangnya dari tubuh, sehingga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

8 dari 10 halaman

Apa Manfaat Belimbing Bagi Kulit?

Kandungan vitamin C dan vitamin A dalam buah belimbing bersifat sebagai antioksidan yang mampu mengatasi radikal bebas penyebab penuaan dini. Kandungan mineral dan nutrisi lainnya dalam buah ini juga bermanfaat untuk mengurangi garis halus atau kerutan pada wajah, sehingga kulit akan terlihat lebih awet muda.

9 dari 10 halaman

Penyakit Apa yang Tidak Boleh Makan Belimbing?

Belimbing dapat mengakibatkan keracunan jika dikonsumsi oleh penderita sakit ginjal. Pasalnya, hanya ginjal sehat yang bisa menyaring racun dengan optimal. Selain itu Dokter Salim juga mengatakan, belimbing mengandung asam oxalat. Pada orang yang sehat, asam ini bisa disaring oleh ginjal dan dibuang keluar tubuh.

 

 

10 dari 10 halaman

Apakah Buah Belimbing Baik untuk Penderita Diabetes?

Belimbing camilan sehat untuk penderita diabetes. "Buah-buahan dan sayuran segar bermanfaat untuk manajemen diabetes. Serat dalam buah segar atau kering, seperti belimbing, memperlambat pencernaan makanan dan mencegah lonjakan cepat dalam gula darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini