Sukses

Hanya 12 Menit, Ini Trik Mudah Masak Ceker Ayam Agar Cepat Empuk dan Gampang Lepas dari Tulangnya

Hanya Butuh 12 Menit, Ini Cara Masak Ceker Ayam Agar Cepat Empuk dan Mudah Dilepaskan dari Tulangnya

Liputan6.com, Jakarta Salah satu bagian ayam yang paling banyak disukai adalah ceker. Dengan tekstur yang lembut serta dipadukan dengan berbagai macam bumbu, ceker ayam sangat nikmat untuk disantap.

Walau begitu, untuk merebus ceker yang empuk ternyata sering kali memakan waktu yang tidak singkat dengan cara yang tidak praktis.

Biasanya, ceker ayam direbus selama 30-45 menit agar bisa empuk, yang tentu saja sangat boros gas. Selain itu, beberapa orang juga menambahkan soda kue agar lebih cepat empuk.

Namun, salah satu kanal YouTube bernama Arfiani Yanuar memiliki cara tersendiri agar ceker bisa direbus lebih cepat. Diketahui metode tersebut bernama 5-30-7, atau 5 menit rebus, 30 menit didiamkan, dan 7 menit direbus lagi.

Lantas, bagaimana cara masak ceker ayam yang tepat dengan metode tersebut. Dirangkum pada Sabtu (15/6/2024), ikuti langkah-langkah berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Rebus Air Sampai Mendidih

Hal yang paling pertama harus dilakukan adalah merebus air hingga mendidih. Takaran air harus disesuaikan dengan total ceker yang ingin direbus agar bisa terendam semua. Begitu pula dengan ukuran panci yang digunakan.

3 dari 10 halaman

Masukkan Ceker ke dalam Rebusan

Setelah rebusan air mendidih, masukkan semua ceker ayam yang sudah dibersihkan ke dalam rebusan tersebut. Sesuai dengan metode yang digunakan, rebus ceker selama 5 menit dalam keadaan tertutup.

4 dari 10 halaman

Angkat Kotoran Ceker

Setelah 5 menit, matikan kompor lalu bukan tutup panci untuk mengangkat kotoran ceker. Meskipun sudah dibersihkan, kotoran pada ceker ayam tidak hilang begitu saja. Kotoran ceker akan keluar saat direbus mendidih dan harus dibuang.

Setelah kotoran ceker dibuang, tutup panci kembali lalu biarkan selama 30 menit.

5 dari 10 halaman

Rebus Selama 7 Menit

Setelah dibiarkan selama 30 menit, nyalakan kompor lagi untuk direbus selama 7 menit. Dengan begitu, ceker ayam akan empuk sudah bisa diangkat dan ditiriskan setelah  7 menit.

Sekarang ceker ayam empuk sudah siap untuk diolah untuk berbagai hidangan seperti ceker mercon, soto, rica-rica ceker, dan masih banyak lagi. Metode ini juga bisa digunakan untuk memasak daging atau tetelan.

6 dari 10 halaman

Kenapa Ceker Susah Empuk?

Mengingat tingginya kandungan kolagen, pengolahan ceker ayam sering menjadi tantangan untuk memperoleh tekstur yang empuk.

7 dari 10 halaman

Apakah Ceker Harus Direbus Dulu?

Sebelum dibuat menjadi berbagai olahan, ceker harus direbus terlebih dahulu. Sayangnya, ceker harus direbus dalam jangka waktu lama agar teksturnya menjadi benar-benar empuk. Akibatnya, gas yang dibutuhkan pun akan semakin banyak.

8 dari 10 halaman

Apakah Ceker Ayam Sehat?

Mengonsumsi ceker ayam memiliki banyak keuntungan untuk kesehatan. Salah satunya adalah meningkatkan daya tahan tubuh, karena kandungannya yang kaya akan kolagen, serta dapat mencegah kerapuhan tulang.

9 dari 10 halaman

Ceker Bagus untuk Apa?

Selain melindungi dari keroposnya tulang, ceker ayam juga bermanfaat bagi kesehatan tulang dengan mengurangi rasa nyeri pada sendi yang sering dialami oleh penderita osteoporosis. Nyeri dapat disebabkan oleh proses keroposnya tulang maupun peradangan yang timbul akibat proses tersebut.

10 dari 10 halaman

Apakah Ceker Ayam Kotor?

Ceker, sebagai salah satu bagian tubuh ayam, sering kali dianggap sebagai bagian yang paling kotor. Hal ini disebabkan karena ceker berada di tanah, terpapar langsung dengan pakan, serta terkena genangan air yang tidak selalu bersih. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kita untuk memahami metode yang benar dan tepat dalam membersihkan ceker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini