Sukses

Tidak Cukup Dikupas Bersih, Begini Cara Bikin Buah Nanas Anti Gatal di Lidah dan Tenggorokan

Makan nanas yang sudah dikupas bersih tetap dapat membuat tenggorokan dan lidah gatal. Ternyata ini cara mengupas nanas yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Nanas merupakan salah satu buah tropis yang sangat lezat dan dapat diolah menjadi berbagai cemilan seperti pie atau strudel.

Meskipun begitu, nanas harus dibersihkan dengan tepat dan tidak cukup dikupas bersih saja. Karena ada banyak sekali orang yang tenggorokan, bibir atau lidahnya jadi gatal setelah makan nanas, walaupun sudah dikupas.

Melansir dari Delish, hal itu disebabkan oleh gabungan enzim dalam nanas yang disebut bromelain. Enzim tersebut berfungsi dalam memecah protein saat dikunyah, sehingga menimbulkan rasa gatal di lidah, bibir atau tenggorokan.

Namun, hal itu bisa diatasi jika nanas dikupas dengan benar, seperti yang dijelaskan oleh kanal YouTube Permana Cuy. Dalam video tutorial yang diunggah, ia menggunakan garam untuk membuat nanas jadi anti gatal.

Ditulis pada Minggu (10/03/2024), berikut adalah penjelasan lengkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Kupas Nanas Hingga Bersih

Nanas harus dikupas hingga benar-benar bersih terlebih dahulu. Karena jika tidak maka nanti akan sama saja walaupun sudah direndam air garam. Pastikan seluruh kulit nanas sudah dikupas sampai habis.

3 dari 10 halaman

Cungkil Mata Nanas

Walaupun sering kali tidak beracun, tapi mata nanas lebih baik juga dicungkil karena terkadang ada jamur yang hinggap pada mata nanas.                                           

Selain itu, rasa manis nanas juga akan lebih terasa jika bagian matanya dibuang.

4 dari 10 halaman

Buat Rendaman Air Garam

Isi air pada wadah sekitar setengahnya, lalu tuang 3 sdt garam ke dalam wadah tersebut.

Garam berperan sangat penting di sini, karena membuat nanas jadi semakin manis. Nanas sendiri memiliki rasa yang cukup kompleks. Dengan garam, maka itu akan menetralisir kompleksitas rasa nanas sehingga hanya menyisakan rasa manis.

 

5 dari 10 halaman

Cuci Nanas dalam Air Garam

Setelah mengupas dan mencungkil mata yang tertanam pada nanas, maka langkah selanjutnya yaitu cuci nanas tersebut dalam air garam.

Cukup rendam saja nanas tersebut dalam air garam lalu putar-putar dengan tangan. Jika dirasa sudah cukup bersih, angkat nanas dari rendaman lalu cuci dengan air matang.

Barulah setelah itu nanas benar-benar bersih dan siap dimakan tanpa khawatir gatal-gatal pada tenggorokan dan lidah.

6 dari 10 halaman

Berapa Lama Merendam Nanas dengan Air Garam?

Dr. Choi menjelaskan bahwa dengan menggunakan garam, sensasi gatal dapat dihindari karena garam dapat menonaktifkan enzim bromelain. Selain itu, penambahan sedikit garam juga dapat meningkatkan kenikmatan rasa manis buah, sehingga buah tersebut menjadi lebih enak.

7 dari 10 halaman

Kenapa Makan Nanas Harus Pakai Garam?

Dikutip dari sumber Eating Well, bromelain diaktifkan oleh garam, sehingga saat hendak dikonsumsi, enzim tersebut telah dinetralisir. Salah satu metode sederhana untuk menetralisir bromelain pada nanas adalah dengan merendamnya dalam air garam selama 15 menit.

8 dari 10 halaman

Apa Manfaat Air Rendaman Buah Nanas?

Khasiat yang didapat dari pemanasan air nanas ini berasal dari kandungan kaliumnya. Kalium diyakini memiliki kemampuan untuk mengendurkan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, bromelain yang terdapat dalam nanas memiliki sifat anti-peradangan yang dapat mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit pada sendi.

9 dari 10 halaman

Apa Manfaat Minum Air Nanas Hangat?

Salah satu keuntungan pertama dari air rebusan nanas adalah kemampuannya untuk meningkatkan fungsi pencernaan. Bromelain yang terdapat dalam air rebusan nanas mampu mempercepat proses pencernaan makanan di dalam usus, membantu kelancaran sistem pencernaan, dan mengurangi kemungkinan terjadinya gangguan pencernaan seperti sembelit.  

10 dari 10 halaman

Berapa Lama Nanas Bisa Disimpan?

Menurut Lies (2001), nanas segar hanya dapat disimpan selama 1 hingga 7 hari pada suhu sekitar 22℃.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini