Sukses

Bacaan Niat Puasa Ramadan, Arab, Latin dan Artinya

Sebelum menjalankan puasa Ramadan, penting untuk membaca niat puasa terlebih dahulu. Bacaan niat puasa Ramadan ini wajib diucapkan meski dalam hati, namun pelafalan niat puasa sangat dianjurkan.

Liputan6.com, Jakarta - Ramadan telah tiba. Umat muslim di seluruh dunia pun menyambutnya dengan penuh sukacita. Di bulan penuh berkah ini, umat muslim diwajibkan melaksanakan puasa sebulan penuh.

Hukum puasa Ramadan bagi umat Islam adalah wajib terutama bagi yang berakal sehat, sudah baligh atau dewasa dan mampu (sehat jasmani dan rohani). Hal ini terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS. Al-Baqarah ayat 183)

Namun, kegiatan berpuasa tidak hanya menahan rasa lapar dan haus. Tapi lebih dari itu, umat muslim juga harus bisa mengendalikan emosi dan hawa nafsu.

Saat menjalani puasa, tiap individu belajar untuk bisa lebih bersabar, berbagi dan menghargai orang lain. 

Sebelum menjalankan puasa Ramadan, penting untuk membaca niat puasa terlebih dahulu. Bacaan niat puasa Ramadan ini wajib diucapkan meski dalam hati, namun pelafalan niat puasa sangat dianjurkan.

Niat Berpuasa

 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin an adai fardhi syahri ramadhana haadzhihis sanati lillahi taala

Artinya,

Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan tahun ini karena Allah Taala.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa berbuka puasa

Berikut ini adalah doa buka puasa:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya,

Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah, dan sengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.

3 dari 3 halaman

Niat dan Tata Cara Mandi Sunah Sebelum Puasa Ramadan

Selain bermaafan, salah satu yang banyak dilakukan umat muslim menjelang Ramadan yakni mandi sunah di malam sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadan. 

Dasar anjuran ini adalah penjelasan Syekh Ibrahim al-Bajuri dalam kitabnya, Hasyiyah al-Bajuri (1/81), seperti mengutip dari Nu Online, Sabtu (9/3/2024).

و بقية الأغسال المسنونة مذكورة في المطولات منها الغسل لدخول المدينة الشريفة...ولكل ليلة من رمضان و قيده الأذرعي بمن يحضر الجماعة والمعتمد عدم التقييد بذالك  

Artinya,

“Dan sisa mandi-mandi yang disunnahkan telah disebutkan dalam kitab-kitab yang panjang pembahasannya. Di antaranya adalah membersihkan badan karena hendak memasuki kota Madinah,... dan setiap malam di bulan Ramadhan. Imam al-Adzra’i hanya membatasi pada orang yang hendak menghadiri berjamaah, sementara menurut pendapat yang kuat tidak ada pembatasan dalam hal itu.” 

Berikut niat mandi puasa Ramadan dan tata caranya:

Niat Mandi Sunah Sebelum Puasa Ramadan

نَوَيْتُ أَدَاءَ اْلغُسْلِ اْلمَسْنُوْنِ لِيْ فِيْ هَذِهِ اللَّيْلَةِ مِنْ رَمَضَانَ لله تَعَالَى    

Nawaitu adâ’al ghuslil masnûni lî fî hadzihil lailatil min romadh lillâhi ta’âlâ.

Artinya, 

“Aku berniat menjalankan mandi yang disunnahkan kepadaku pada malam ini di bulan Ramadan karena Allah Ta’ala.”

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.