Sukses

Deretan Idol KPOP yang Punya Agensi Sendiri, Terbaru Ada Jisoo BLACKPINK

Bukan rahasia lagi bahwa semakin banyak selebritas Korea yang mengejar hasrat mereka dengan mendirikan label manajemen mereka sendiri. Ini daftarnya.

Liputan6.com, Jakarta Bulan Februari lalu, industri hiburan Korea Selatan dikejutkan dengan kabarnya Jisoo BLACKPINK yang mendirikan agensi sendiri, menyusul Jennie dan Lisa BLACKPINK yang sudah menginformasikan terlebih dahulu untuk aktivitas solo mereka. Sementara itu, untuk aktivitas grup BLACKPINK masih dinaungi oleh YG Entertaiment.

Fenomena ini sebenarnya bukan fenomena baru di dunia KPOP. Karena ada beberapa idol KPOP yang memilih hengkang dari agensi yang membesarkan nama mereka lalu membuat agensi independen. Walaupun begitu, beberapa di antaranya juga tetap beraktivitas sebagai bagian dari grup KPOP di bawah agensi lama seperti BLACKPINK.

Berdasarkan informasi dari Lifestyle Asia, Kamis (7/3/2024), ada siapa saja nama idol KPop yang resmi memiliki agensi sendiri sampai dengan bulan lalu? Ini dia daftarnya!

1. Jisoo BLACKPINK

Setelah santer rumor beberapa minggu sebelumnya, vokalis BLACKPINK, Jisoo, akhirnya membenarkan hal tersebut dengan meluncurkan label manajemennya BLISSOO.

Artis tersebut melalui Instagram-nya pada tanggal 21 Februari 2024 untuk mempublikasikan berita tersebut dan menulis,

“Halo, ini JISOO. Saya bersemangat untuk berbagi awal baru saya dengan BLISSOO. Nantikan apa yang akan datang, karena saya berdedikasi untuk membawa kegembiraan dan kebahagiaan bagi Anda semua. Tolong terus berikan cinta dan dukungan kalian untuk JISOO dengan BLISSOO dan juga untuk BLACKPINK. Terima kasih."

Label yang dibuat untuk proyek solo Jisoo, BLISSOO menggabungkan kata ‘Bliss’, yang berarti kebahagiaan tertinggi, dengan nama artis ‘Jisoo’.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Lisa BLACKPINK

Diluncurkan pada 8 Februari 2024, Lisa BLACKPINK memperkenalkan agensi manajemennya LLOUD sebagai platform yang akan menunjukkan visinya dalam musik dan hiburan.

Salah satu label terpopuler yang diluncurkan oleh selebriti Korea, “Semangat LLOUD sebagai perusahaan manajemen artis adalah menciptakan pengalaman yang melampaui genre dan menghubungkan generasi. Inti kami terletak pada inovasi tanpa henti dan komitmen terhadap keaslian. Kami tidak hanya mendorong batasan; kami mendefinisikannya kembali, menciptakan musik yang menduduki puncak tangga lagu dan menantang genre,” demikian pernyataan situs web resmi label tersebut.

LLOUD kini akan mengelola aktivitas solo Lisa, sedangkan aktivitas grupnya bersama BLACKPINK akan tetap dikelola oleh YG Entertainment.

3. Jennie BLACKPINK

Anggota BLACKPINK lain yang meluncurkan agensi manajemennya sendiri selain Lisa adalah rapper utama grup, Jennie.

Selebriti Korea ini meluncurkan labelnya OA pada November 2023. Menurut situs resminya, OA adalah singkatan dari ODD ATELIER dan merupakan “ruang yang bertujuan untuk menciptakan hal-hal baru yang menarik perhatian dengan cara yang berbeda dari biasanya atau yang diharapkan.”

Berbagi kabar tersebut di Instagram story-nya pada 24 Desember 2023, Jennie menulis, “Hai, ini Jennie. Tahun ini dipenuhi dengan banyak pencapaian, dan saya sangat bersyukur atas semua cinta yang saya terima. Saya juga memikirkan apa yang akan terjadi, saat saya memulai perjalanan solo saya pada tahun 2024 dengan perusahaan yang saya dirikan bernama OA. Tolong tunjukkan banyak cinta untuk awal baruku dengan OA dan tentu saja BLACKPINK. Terima kasih."

3 dari 6 halaman

4. Jackson Wang

Seorang anggota boy band Korea Selatan GOT7, Jackson Wang mendirikan label rekaman internasionalnya Team Wang pada tahun 2017.

Wang, yang menjabat sebagai CEO Team Wang, awalnya memulai labelnya hanya dengan dua anggota — dia dan seorang manajer. Namun, dalam wawancara WIRED Autocomplete tahun 2021, mantan atlet anggar ini mengungkapkan bagaimana Team Wang mencapai tingkat yang lebih tinggi dan telah menjadi perusahaan yang berkembang dengan lebih dari 70 orang.

Rilisan pertama label tersebut adalah single hit Wang, "Papillon", yang dirilis pada 26 Agustus 2017 dan menjadi single solo pertama Wang. Pada tahun 2020, Wang memutuskan untuk memperluas labelnya dan merambah ke dunia fesyen dengan meluncurkan lini pakaian Team Wang Design.

Di mana sang rapper berperan sebagai direktur kreatif dan desainer. Upaya terbaru agensi tersebut adalah single Wang “Slow”, yang berkolaborasi dengan penyanyi Amerika Ciara, yang dirilis pada 17 April 2023.

Artis yang dikelola oleh Team Wang termasuk grup hip-hop Tiongkok Panthepack dan solois Ice, Jackson Wang, J.Sheon, Karencici, Xenzu dan Laurie.

4 dari 6 halaman

5. D.O EXO

Setelah 13 tahun berada di agensi SM Entertainment, anggota EXO D.O alias Do Kyung-soo berpisah dari agensi tersebut dan memutuskan untuk membuat sesuatu sendiri.

Pada bulan November 2023, selebriti Korea bersama dengan manajer jangka panjangnya Nam Kyung-soo, mendirikan Company Soosoo — label manajemen baru yang akan mewakilinya dalam aktivitas solonya di masa depan.

Menurut beberapa laporan K-media, album solo mendatang idola K-pop tersebut, yang sementara dijadwalkan rilis pada Mei 2024, akan menjadi proyek perdananya di bawah bendera agensi barunya.

Menanggapi laporan tersebut, perwakilan dari Soosoo mengkonfirmasi persiapannya dan berbagi dengan Soompi, “Memang benar bahwa dia saat ini sedang mempersiapkan album baru dengan tujuan untuk merilisnya pada paruh pertama tahun ini. Namun, belum ada rincian spesifik yang diselesaikan saat ini.”

5 dari 6 halaman

6. PSY

Ketenaran “Gangnam Style” Psy adalah salah satu dari sedikit selebriti Korea yang mendirikan label manajemennya sendiri sejak awal industri ini. Penyanyi ini mendirikan P Nation — label rekaman, agensi hiburan, dan perusahaan produksi konser — pada tahun 2018.

Pada 17 Mei 2022, P Nation mendebutkan boy group K-pop pertama mereka, TNX, dengan enam anggota — Kyungjun, Taehun, Hyunsoo, Junhyeok, Hwi dan Sungjun. Grup ini dibentuk melalui program audisi survival Loud oleh P Nation dan merilis extended play (EP) pertama mereka Way Up pada tahun 2022.

Pada tahun 2024, P Nation memiliki lebih dari sepuluh artis yang menandatangani kontrak di bawah mereka, termasuk Hwasa, Crush, Heize, Swings, The New Six, dan An Shin-ae.

6 dari 6 halaman

7. Kang Daniel

Penyanyi-penulis lagu asal Korea Selatan, Kang Daniel merupakan CEO dari dua perusahaan bernama Konnect Entertainment dan KD Corporation Ltd. yang ia dirikan pada tahun 2019. Seluruh aktivitas selebriti Korea di industri hiburan dikelola oleh Konnect Entertainment, sedangkan proyek terkait bisnis lainnya dikelola oleh KD Corporation Ltd.

Usaha bisnis melalui perusahaannya termasuk sebuah kafe di lantai pertama Konnect Entertainment yang disebut Cafe de Konnect. Kemudian ada juga aplikasi seluler ‘Kang Daniel’ yang berfungsi sebagai fancafe resminya.

Lalu ada juga kolaborasi dengan perusahaan produksi Snowballs untuk merilis aplikasi game puzzle Starway Kang Daniel, dan perilisan game ritme Superstar Kang Daniel melalui kolaborasi dengan perusahaan pengembang game Korea Selatan Dalcomsoft.

Jajaran artis Konnect Entertainment memiliki nama-nama populer seperti penyanyi-penulis lagu dan produser Chancellor, mantan anggota GFriend Yuju, dan kru dance We Dem Boyz (WDBZ).

8. Baekhyun

Penyanyi Korea Selatan Baekyun diangkat menjadi CEO setelah mendirikan label manajemennya INB100 pada 23 Juni 2023.

Setelah perselisihan hukum dengan SM Entertainment mengenai perpanjangan kontrak eksklusif grup K-Pop EXO pada tahun 2023, anggota grup Baekhyun memutuskan bahwa aktivitas solonya akan dikelola oleh INB100, sedangkan aktivitas grup dengan EXO akan dilanjutkan oleh SM.

Bersama Baekhyun, INB100 akan mengelola sesama anggota band Chen dan Xiumin. Selebriti Korea juga terlihat pindah ke produksi musik dengan label baru. Selanjutnya, INB100 akan mewakili EXO-CBX, subunit EXO yang terdiri dari tiga anggota.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jisoo adalah salah satu member vokal grup asal Korea Selatan (Korsel), yaitu Blackpink.

    Jisoo Blackpink

  • Jisoo adalah salah satu member vokal grup asal Korea Selatan (Korsel), yaitu Blackpink.

    JISOO

  • Kpop adalah kepanjangan dari Korean Pop, yang merupakan jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan.

    kpop

  • Idol kpol atau Idola Pop Kore adalah selebriti populer K-Pop, yang telah berlatih keras selama bertahun-tahun. Yang telah melewati berbagai

    Idol Kpop