Sukses

4 Olahraga Sederhana yang Membantu Perempuan Hidup Lebih Lama

Faktanya, olahraga sederhana yang bisa dilakukan di rumah atau di luar ruangan sangat efektif dalam meningkatkan kesehatan dan umur panjang secara keseluruhan.

Liputan6.com, Jakarta - Mempertahankan gaya hidup aktif sangat penting untuk kesehatan dan umur panjang perempuan. Olahraga teratur menawarkan segudang manfaat, termasuk peningkatan kesehatan jantung, peningkatan suasana hati, peningkatan kepadatan tulang dan penurunan risiko penyakit kronis seperti diabetes dan kanker tertentu.

Namun, banyak perempuan mungkin merasa kewalahan dengan kemungkinan memulai rutinitas olahraga atau percaya bahwa mereka memerlukan akses ke gym atau peralatan khusus.

Faktanya, olahraga sederhana yang bisa dilakukan di rumah atau di luar ruangan sangat efektif dalam meningkatkan kesehatan dan umur panjang secara keseluruhan.

Berikut beberapa olahraga sederhana yang bisa membantu perempuan hidup lebih lama, seperti melansir dari Times of India, Kamis (29/2/2024).

1. Jalan cepat

Jalan kaki adalah salah satu bentuk olahraga yang paling sederhana dan mudah dilakukan, namun menawarkan banyak manfaat kesehatan. 

Memasukkan jalan cepat ke dalam rutinitas harianmu bisa meningkatkan kesehatan jantung, memperkuat tulang dan meningkatkan suasana hati dan kesejahteraan mental. 

Usahakan untuk jalan cepat setidaknya 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu untuk mendapatkan manfaat penuh.

Anda bisa dengan mudah memasukkan jalan kaki ke dalam keseharianmu dengan berjalan-jalan singkat saat istirahat di tempat kerja, berjalan kaki ke tujuan terdekat daripada mengemudi, atau menikmati jalan-jalan santai di alam bersama teman atau keluarga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Yoga

Yoga menawarkan banyak manfaat bagi kesejahteraan fisik, mental dan emosional perempuan. Ini meningkatkan fleksibilitas, memperkuat otot dan meningkatkan keseimbangan dan koordinasi.

Latihan yoga secara teratur bisa meringankan ketidaknyamanan menstruasi, mengatur kadar hormon dan mendukung kesehatan reproduksi.

Selain itu, yoga bisa mengurangi stres, kecemasan dan depresi dengan meningkatkan relaksasi dan perhatian. Ini meningkatkan harga diri dan kesadaran tubuh, menumbuhkan citra tubuh yang positif dan rasa pemberdayaan.

Yoga juga meningkatkan kualitas tidur dan meningkatkan kualitas tidur dan meningkatkan tingkat energi, membantu perempuan merasa lebih segar dan bersemangat. 

Secara keseluruhan, yoga berfungsi sebagai pendekatan holistik terhadap kesehatan perempuan, meningkatkan kesehatan dan vitalitas secara keseluruhan.

3. Berenang dan menari

Selain jalan kaki, memasukkan berbagai aktivitas kardiovaskular ke dalam runitasmu bisa semakin mendukung kesehatan jantung dan kebugaran secara keseluruhan. 

Aktivitas seperti bersepeda, berenang, menari dan aerobik bisa meningkatkan detak jantung, meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan kapasitas paru-paru. Pilih aktivitas yang Anda sukai dan sesuai dengan preferensi dan gaya hidupmu.

Usahakan untuk melakukan setidaknya 150 menit latihan kardiovaskular intensitas sedang per minggu, atau 75 menit latihan intensitas kuat, yang dilakukan selama beberapa hari.

Pada padankan berbagai aktivitas agar latihanmu tetap menarik dan menantang sekaligus mendapatkan manfaat kardiovaskular.

 

3 dari 3 halaman

4. Peregangan dasar

Menjaga fleksibilitas dan keseimbangan sangat penting untuk mencegah cedera dan menjaga mobilitas, terutama seiring bertambahnya usia perempuan. 

Memasukkan latihan peregangan dan keseimbangan ke dalam rutinitasmu bisa meningkatkan jangkauan gerak sendi, mengurangi kekakuan otot dan meningkatkan stabilitas dan koordinasi.

Yoga, tai chi dan pilates adalah bentuk olahraga yang berfokus pada fleksibilitas, keseimbangan dan hubungan pikiran-tubuh.

Dedikasikan waktu untuk melakukan latihan peregangan dan keseimbangan yang lembut secara teratur, dengan fokus pada kelompok otot utama serta otot penstabila yang lebih kecil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.