Sukses

5 Buah Segar Penjaga Kadar Gula Darah, Mudah Ditemukan di Sekitar Rumah

Meski memiliki rasa yang manis, beberapa jenis buah-buahan segar yang seringkali ada di sekitar rumah ini bisa membantu menurunkan kadar gula darah loh. Berikut daftarnya.

Liputan6.com, Jakarta Tinggi rendahnya kadar gula darah dalam tubuh memang sangat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Untuk itu, penting sekali untuk menjaga pola makan dan memperhatikan jenis-jenis makanan yang akan dikonsumsi.

Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang cukup dapat menjadi salah satu opsi menjaga kestabilan gula darah. Sehingga, resiko diabetes juga makin mengecil. Rasa buah-buahan yang enak bisa membantu proses penurunan gula darah jadi tidak terlalu tersiksa.

Dilansir dari beberapa sumber, pada Rabu (28/2/2024) berikut ini daftar buah-buahan yang mampu menjaga kadar gula darah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Jeruk

Meski tak jarang rasanya manis, ternyata menurut penelitian buah satu ini mampu menurunkan kadar gula darah loh! Jeruk cenderung mengandung glikemik yang rendah sehingga tidak begitu signifikan mempengaruhi gula darah. Selain itu, kandungan senyawa naringenin, polifenol yang memiliki sifat antidiabetes yang kuat. 

3 dari 11 halaman

2. Mangga

Buah mangga ternyata bermanfaat untuk mengurangi kadar gula darah dan obesitas. Bahkan, daunnya pun dikenal bermanfaat untuk mengurangi risiko diabetes, serta menurunkan berat badan, kadar gula dan darah, dan kadar lemak dalam darah.

4 dari 11 halaman

3. Alpukat

Menurut penelitian, buah yang kaya akan kandungan lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral ini terbukti mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, konsumsi buah ini bisa melindungi terhadap perkembangan sindrom metabolik seperti tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi, yang meningkatkan risiko penyakit kronis. 

5 dari 11 halaman

4. Apel

Dalam buah apel terkandung quercetin, asam klorogenat, dan asam galat, yang bisa membantu mengurangi gula darah dan mencegah diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi apel 30 menit sebelum makan nasi dapat secara signifikan mengurangi gula darah setelah makan.

6 dari 11 halaman

5. Beri

Kandungan vitamin, serat, mineral dan antioksidan yang dapat mengontrol gula darah ini cukup tinggi dalam buah jenis beri-berian seperti stroberi, bluberi, blackberry, dsb . Studi menyebutkan bahwa konsumsi 2 cangkir (250 gram) raspberry merah mampu mengurangi insulin secara signifikan setelah makan karbohidrat. 

7 dari 11 halaman

Sayuran Apa Saja yang Bisa Menurunkan Kadar Gula?

Beberapa sayuran hijau, seperti bayam, sawi, dan kangkung juga bagus untuk menurunkan dan mengontrol kadar gula darah.

8 dari 11 halaman

Minum Apa Agar Gula Darah Normal?

Minum air yang cukup dapat membantu kadar gula darah dalam kisaran yang sehat. Selain itu, minum air yang cukup juga dapat membantu ginjal membuang kelebihan gula melalui urine sekaligus mencegah dehidrasi.

9 dari 11 halaman

Daun Apa yang Cepat Turunkan Gula Darah?

Daun salam memiliki kandungan flavonoid yang dapat menurunkan kadar glukosa darah.

10 dari 11 halaman

Apakah Mentimun Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah?

Timun mungkin berperan dalam mengendalikan dan mencegah diabetes. Ia mengandung zat yang dapat membantu menurunkan gula darah atau menghentikan kenaikan glukosa darah terlalu tinggi.

11 dari 11 halaman

Apakah Pisang Bisa Menurunkan Gula Darah?

Ketika Anda menderita diabetes, penting untuk menghindari atau meminimalkan makanan yang menyebabkan lonjakan gula darah. Nah, Pisang bisa meningkatkan sekaligus menurunkan gula darah penderita diabetes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.