Sukses

Cara Hangatkan Ayam Goreng Krispi, Bisa Gunakan Es Batu

Ternyata untuk menghangatkan ayam goreng krispi bisa menggunakan es batu lho. Yuk simak caranya.

Liputan6.com, Jakarta Ayam goreng krispi menjadi salah satu makanan yang sangat digemari di Indonesia. Apalagi saat ini sudah banyak gerai ayam goreng lokal baik yang resmi maupun yang kaki lima.

Biasanya, ayam goreng akan lebih nikmat jika disantap beramai-ramai dalam porsi yang banyak, entah dengan teman-teman maupun keluarga. Namun, jika dimakan ramai-ramai, pasti ada saja beberapa potong ayam yang tidak habis.

Kalau ada sisa, pasti rasanya ingin sekali disimpan untuk esok hari bukan? Namun, sayangnya Anda mungkin tidak memiliki microwave, dan persediaan minyak goreng di rumah sudah habis.

Jangan khawatir dulu, karena ayam goreng tersebut tetap dapat dihangatkan kembali dengan es batu.

Bagaimana caranya? Berdasarkan salah satu video TikTok yang diunggah oleh akun @dessert.hound pada Selasa (27/02/2024), berikut beberapa cara yang bisa dicoba.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Siapkan Ayam Goreng Krispi yang Ingin Dihangatkan

Pertama-tama, Anda sudah harus menyiapkan ayam yang ingin dihangatkan. Anda bisa menghangatkan ayam sebanyak apapun yang Anda mau. Namun, setiap ayam harus dihangatkan secara bergantian.

3 dari 10 halaman

Masukkan Ayam dan Es Batu ke dalam Wajan

Setelah itu, masukkan ayam goreng dan 2 buah es batu berukuran kecil ke dalam wajan secara bersamaan.

Menurut heartyhealth.com.au, es batu berfungsi sebagai penghantar panas ke bagian dalam ayam. Dengan begitu, ayam krispi yang tadinya dingin bisa hangat kembali dengan cara ini

4 dari 10 halaman

Goyang-goyangkan Wajan

Setelah memasukkan ayam dan 2 buah es batu, tutup wajan dengan rapat dan nyalakan kompor. Lalu, goyang-goyangkan wajan sebentar agar proses penghangatan lebih merata.

5 dari 10 halaman

Angkat Tutup Wajan

Jika asap sudah lumayan mengepul, maka itu pertanda ayam sudah mulai hangat kembali. Dengan begitu, segera matikan kompor dan angkat tutup wajan.

Di tahap ini, ayam goreng sudah bisa diangkat sekaligus disantap saat itu juga. Tidak hanya itu,  aroma yang dikeluarkan pun juga cukup nikmat.

“‘It’s starting smell good”, ujar pemilik akun @dessert.hound dalam videonya.

Namun perlu diingat, bahwa ayam hanya akan kembali hangat dan tidak sampai crispy, berbeda jika dihangatkan dengan microwave atau digoreng.

6 dari 10 halaman

Bolehkah Fried Chicken Dipanaskan?

Anda bisa memanaskan fried chicken dengan menggunakan oven. Sebelum mengolahnya, pastikan untuk menghangatkan oven terlebih dahulu pada suhu sekitar 204 derajat Celcius.

7 dari 10 halaman

Berapa Lama Memanaskan Ayam McD di Air Fryer?

Disarankan untuk memanaskan ayam dari McDonald's menggunakan air fryer pada suhu 160 derajat Celsius dalam rentang waktu 3 hingga 5 menit.

8 dari 10 halaman

Apakah Bisa Memanaskan Makanan di Rice Cooker?

Alat yang umumnya dipergunakan untuk mengolah nasi, yakni rice cooker, ternyata dapat dimanfaatkan pula untuk menghangatkan hidangan selain nasi.

9 dari 10 halaman

Berapa Lama Manasin Ayam di Air Fryer?

Mengatur suhu pada air fryer hingga mencapai 182 derajat Celcius. Biarkan sayap ayam berada pada suhu ruangan, lalu semprotkan dengan cooking spray anti lengket tipis. Susun ayam di dalam keranjang air fryer. Panggang sayap ayam selama empat menit, kemudian panggang kembali pada suhu 204 derajat Celcius selama lima menit.

10 dari 10 halaman

Berapa Lama Fried Chicken Bertahan?

Ayam goreng yang diletakkan di luarr lemari es dapat bertahan hingga tiga hari. Disarankan untuk tidak menyimpan ayam goreng melebihi batas waktu tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.