Sukses

5 Gaya Chat Bisa Ungkap Kepribadian, Mana yang Biasa Kamu Gunakan?

Kalau sedang chat dengan seseorang, mana gaya bahasa yang paling sering digunakan? Ternyata hal ini bisa mengungkap kepribadianmu, lho.

Liputan6.com, Jakarta - Pesan berupa tulisan memang suka membuat orang lain merasa tersinggung, karena tidak ada intonasi atau melihat ekspresi dari pengirim pesan. Maka tidak mengherankan jika Anda mengirim pesan atau chat kepada seseorang, tapi orang tersebut justru menganggap Anda bersikap kasar dan dingin kepadanya. Pasti sebagian dari Anda pernah mengalami hal tersebut, kan?

Kemungkinan besar, pesan yang Anda kirim mungkin terlihat terlalu ambigu, atau hal-hal kecil yang Anda lakukan saat mengirim pesan mungkin membuat mereka memandang Anda secara berbeda.

Seringkali, kita dapat mengatakan bahwa ini hanyalah kesalahpahaman sederhana karena tidak dapat mendengar nada dan melihat ekspresi ketika berbicara tatap muka dibandingkan dengan texting.

Namun, bagaimana jika cara Anda mengirim pesan memang sedikit mencerminkan kepribadian Anda? Faktanya, teman Anda mungkin memiliki gaya berkirim pesan yang berbeda. 

Sebuah studi dari American Psychological Association (APA) pada tahun 2018, mengungkapkan orang-orang disurvei tentang pasangan romantis mereka menemukan bahwa jika Anda memiliki gaya mengirim chat yang mirip dengan minat romantis Anda, Anda akan memiliki hubungan yang lebih memuaskan.

Ini tidak berarti pasangan Anda perlu mengirimi Anda lebih banyak pesan. Itu hanya berarti Anda harus memiliki 'kepribadian berkirim pesan' yang serupa.

Dilansir dari Psych2go, Jumat (19/1/2024), Leora Trub, Phd, yang memaparkan temuan tersebut, mengatakan bahwa “cara pasangan mengirim pesan lebih penting bagi kepuasan hubungan dibandingkan seberapa sering mereka mengirim pesan.”

Jika Anda sering mengirim pesan, kemungkinan besar Anda memiliki 'gaya berkirim pesan'. Apakah Anda sering menggunakan emoji? 

Itu mungkin menjelaskan banyak hal tentang Anda, dan bermanfaat bagi tata bahasa Anda menurut penelitian. Atau bagaimana dengan penggunaan tanda baca yang benar? Menurut beberapa penelitian, Anda mungkin tidak dianggap baik.

Jadi bagaimana Anda mengetahui tipe kepribadian yang Anda miliki? Ini dia informasi selengkapnya yang menarik untuk disimak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Menggunakan Tata Bahasa yang Sempurna

Anda menghargai tanda baca dan tata bahasa dalam tulisan Anda. Kecintaan pada tata bahasa ini langsung masuk ke dalam teks dan email Anda. Sepertinya ini hal yang hebat, bukan? Namun rupanya, saat berkirim pesan, orang lain justru berpikir sebaliknya.

Beberapa penelitian menemukan bahwa menempatkan titik di akhir kalimat dalam teks dapat membuat Anda dianggap tidak dapat dipercaya oleh orang lain.

Sebuah studi tahun 2016 dari Binghamton University menemukan bahwa “teks yang diakhiri dengan titik dinilai kurang tulus dibandingkan teks yang tidak diakhiri.”

Sebuah studi lanjutan yang dilakukan pada tahun 2018 oleh peneliti yang sama menunjukkan bahwa “teks dengan satu kata yang diberi tanda titik dianggap lebih negatif dibandingkan dengan jawaban yang tidak diberi tanda titik.”

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa menyertakan titik dalam respons pesan Anda seringkali dianggap tiba-tiba.

Kemungkinan besar, Anda merupakan orang yang bijaksana dan analitis. Biasanya Anda tidak sering mengirim pesan teks dan lebih menyukai percakapan tatap muka. Anda adalah seorang pemikir yang hebat dan lebih sering berakar pada logika daripada emosi yang impulsif.

Ini semua bisa menjadi alasan mengapa Anda memperhatikan detail-detail kecil – meskipun tata bahasanya tepat – dan selalu pastikan untuk mengakhiri kalimat Anda dengan tanda titik.

3 dari 6 halaman

2. Lebih Suka Mengirim Banyak Teks Pendek

Jika Anda menyebarkan pemikiran Anda ke dalam beberapa teks dan langsung mengirimkan satu kalimat segera setelah terlintas dalam pikiran, kemungkinan besar Anda terlihat energik dan terbuka. Selain itu, Anda juga sangat populer dan mempunyai banyak teman, jadi mengirim pesan menjadi hal yang mudah bagimu.

Menurut pelatih hubungan Nazanin Marzpan, BA Psych, orang dengan kepribadian yang energik dan ramah suka tetap berhubungan dengan teman-temannya sering mengirim pesan.

Mereka biasanya adalah orang-orang yang “mengirim pesan teks sampai orang lain mengatakan bahwa mereka harus pergi. Hal ini karena mereka suka membangun persahabatan dan dengan hadir melalui pesan teks adalah salah satu cara bagi mereka untuk mencapai hal tersebut.”

Menurut sebuah studi yang dilakukan para peneliti di Universitas Utrecht dan Universitas Amsterdam, hanya efek positif pada kinerja tata bahasa dan fungsi eksekutif yang ditemukan pada pesan teks dari anak-anak.

“Teks-teks tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan anak-anak dalam bahasa tertulis, seperti yang telah dibuktikan dalam penelitian sebelumnya, teks ini juga dapat meningkatkan kemampuan tata bahasa mereka dalam bahasa lisan seperti yang ditunjukkan oleh penelitian ini. Hal ini jelas membantah anggapan bahwa penggunaan teks dapat menyebabkan kemunduran bahasa.”

4 dari 6 halaman

3. Menuliskan Pesan Teks yang Panjang

Jika pesan Anda panjang dan penuh pemikiran, kemungkinan besar Anda adalah tipe orang yang memahami pentingnya konteks. Anda biasanya bijaksana dan biasanya banyak bicara.

Mirip dengan orang yang mengirim pesan teks dengan tata bahasa yang sempurna, Anda berorientasi pada detail dan menikmati percakapan yang mendalam. Menurut pelatih hubungan Nazanin Marzpan, seseorang dengan kepribadian yang menghargai detail “menyukai hal-hal yang terkendali dan stabil."

Artinya, dalam berkirim pesan mereka menyukai alur percakapan yang logis dan tidak terlalu emosional. Sebab, mereka suka mengandalkan fakta dan logika. Mereka percaya pesan-pesan emosional membuat objektivitas menjadi sulit.

“Mereka berorientasi pada detail ketika memecahkan masalah. Mereka juga merupakan pemikir ulung yang melihat semua fakta secara mendetail sebelum mengambil keputusan. Mereka tidak begitu asertif dalam pesan teksnya. Mereka adalah tipe orang yang jarang mengirim pesan teks. Ini karena mereka tidak suka bersikap asertif terhadap emosinya.”

5 dari 6 halaman

4. Merespons Hanya dengan Satu Kata

Jika Anda suka merespons dengan teks satu kata seperti 'baik' atau 'K' saja, kemungkinan besar kepribadian Anda adalah orang yang lebih tertutup terhadap perasaan atau pikiran yang sebenarnya.

Anda mungkin tipe orang sibuk yang tidak punya banyak waktu untuk merespons, atau Anda mungkin tidak cukup peduli untuk merespons secara detail. Sebab, Anda terlalu sibuk menjalani hidup! Anda mungkin juga lebih introvert dan senang menghabiskan banyak waktu sendirian daripada selalu bersosialisasi.

Karena Anda tidak begitu terbuka dengan emosi Anda dalam pesan teks, Anda mungkin tidak peduli seberapa panjang tanggapan Anda. Namun, hal ini tidak akan mengganggumu, Anda lebih suka menghabiskan lebih banyak waktu di masa sekarang, tetap bersosialisasi secara langsung. Anda mandiri, sensitif, dan sering berpikir logis tentang situasi Anda.

Namun hati-hati, jika Anda mengirim pesan kepada seseorang dengan 'kepribadian teks' yang berbeda, mereka mungkin menganggap pesan singkat Anda sebagai hal yang negatif. Penelitian dari Bingham University menemukan bahwa “teks dengan satu kata yang diberi tanda titik dianggap lebih negatif dibandingkan dengan jawaban yang tidak diberi tanda titik.”

Kemungkinannya adalah, jika Anda mengirim pesan kepada seseorang yang juga menggunakan respons satu kata, mereka memahami bahwa Anda mungkin senang berbicara langsung. Tidak ada perasaan sakit hati di antara Anda berdua, meskipun Anda berencana menggunakan titik di akhir kalimat.

6 dari 6 halaman

5. Sering Menggunakan Emoji

Apakah Anda sering menggunakan emoji saat mengirim pesan? Jika iya, Anda sering kali terlihat terbuka dalam menunjukkan emosi dan jujur.

Anda ingin orang lain mengetahui perasaan Anda saat menggunakan pesan. Tidak ada ambiguitas di sini! Untuk memastikan orang lain tidak salah paham tentang pesan Anda, Anda pastikan untuk sesekali mengekspresikan nada pesan Anda dengan emoji.

Menurut penelitian dari peneliti Amanda N. Gesselman, Vivian P. Ta, dan Justin R. Garcia, emoji sering kali digunakan sebagai sinyal afektif dalam komunikasi sosial modern.

Penelitian mereka menunjukkan bahwa “penggunaan emoji dapat memberikan gambaran yang masuk akal untuk mengekspresikan pengaruh dan dapat memberikan bantuan yang berguna dalam keterbukaan diri dan membangun keintiman. Akibatnya, penggunaan emoji dengan calon pasangan romantis dan seksual pada gilirannya dapat memberikan lebih banyak peluang tatap muka untuk menilai kecocokan dan ketertarikan.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.