Sukses

Makna Integritas dan Alasan Mengapa Penting untuk Dimiliki Semua Orang

Seseorang yang berintegritas menunjukkan dedikasi yang berprinsip terhadap nilai dan keyakinan, berikut ini deretan contoh integritas yang perlu diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Kalian tentu kerap mendengar kata integritas, namun mungkin tak sedikit yang belum secara mendalam mengetahui maknanya. Lantas apa itu integritas? Meskipun kita sering mendengar kata ini digunakan dalam konteks pribadi dan profesional, maknanya mungkin sulit untuk diringkas. 

Dilansir dari Accountable to You, integritas dapat didefinisikan sebagai menyelaraskan perilaku Anda dengan apa yang Anda anggap unggul. Seseorang yang berintegritas menunjukkan dedikasi yang berprinsip terhadap nilai dan keyakinan. Mereka selalu berupaya mencerminkan standar etika dan melakukan hal yang benar apapun kondisinya.

Atribut Integritas

Keyakinan seseorang yang berintegritas menentukan apa yang akan mereka katakan dan lakukan pada saat tertentu. Mereka dengan sengaja mengarahkan tingkah lakunya menurut pemahamannya tentang mana yang benar dan mana yang salah. Keaslian menandai inti dari integritas. Karakter internal mereka tetap konsisten apapun kondisi eksternalnya.

Integritas mencakup kualitas bersikap jujur, namun kejujuran tidak selalu menunjukkan integritas. Perbedaannya adalah komitmen batin untuk dapat dipercaya dan menyampaikan kebenaran tanpa penipuan. Orang yang terintegrasi hidup tanpa sikap bermuka dua dan kemunafikan.

Orang yang berintegritas tidak mengklaim dirinya sempurna. Sebaliknya, mereka cepat mengakui kesalahan dan kekeliruannya sendiri. Ketulusan mereka berasal dari motivasi murni untuk melakukan apa yang benar meskipun hal itu mungkin menyulitkan. Saat-saat krisis khususnya menguji integritas seseorang. Apa yang perlu Anda lakukan untuk mengkompromikan tekad Anda untuk melakukan apa yang Anda yakini benar?

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengapa Integritas Penting?

Bertindak dengan integritas memberi Anda ketenangan pikiran karena mengetahui bahwa Anda melakukan hal yang benar, apapun hasilnya. Menjalani kehidupan yang berintegritas penting karena beberapa alasan. Perilaku Anda mencerminkan karakter Anda dan membangun reputasi Anda. 

Integritas menghambat kegagalan moral akibat kompromi atau kecurangan. Ini menunjukkan bahwa Anda tidak menyembunyikan apa pun yang, jika diungkapkan, akan mempermalukan atau mencela Anda. 

Dengan berkomitmen untuk hidup berdasarkan prinsip-prinsip yang sangat baik, Anda memberikan teladan untuk diikuti orang lain. Anda juga mempunyai dasar untuk berkomunikasi secara terbuka dengan orang lain karena mereka memercayai Anda. Hubungan Anda bisa makmur berdasarkan kejujuran dan keterusterangan.

Anda dapat membuat keputusan dengan lebih mudah karena Anda telah bertekad untuk melakukan apa yang terbaik dan karena itu menghilangkan semua alternatif lainnya. Bertindak dengan integritas memberi Anda ketenangan pikiran karena mengetahui bahwa Anda melakukan hal yang benar, apapun hasilnya.

3 dari 4 halaman

Contoh Integritas

Setelah mengetahui definisi integritas mungkin masih banyak yang belum memahami seperti apa contoh integritas. Berikut ini deretan contohnya dalam kehidupan sehari-hari:

  • Janet mengaku kepada Betty bahwa dia bersalah padanya dan berusaha mendamaikan hubungan tersebut.
  • Meski keadaan berubah, Bill menepati janjinya kepada putrinya.
  • Sebagai CEO, Sue mendorong timnya untuk menanyakan apapun tentang bisnisnya.
  • Gerald menerima tanggung jawab atas keputusannya tanpa membuat alasan atau menyalahkan orang lain.
  • Arnold membagikan kata sandinya ke semua perangkatnya serta situs web dan akun media sosialnya kepada istrinya.
  • Nancy cepat memuji dan berterima kasih kepada orang lain atas kerja baik mereka, namun menolak untuk menyombongkan prestasinya.
  • Mack tidak perlu membuktikan apapun dan menolak terpancing untuk pamer kepada orang lain.
  • Jenny menjaga kerahasiaan masalah yang relevan dan dapat dipercaya dalam memberikan informasi sensitif.
  • Shawn tetap jujur ​​tentang pekerjaannya dan tidak membesar-besarkan kebenaran demi keuntungan pribadi.
  • Untuk membantu mempertahankan tujuannya, Ted membagikan detail yang relevan tentang kemajuannya dengan rekan akuntabilitasnya.
4 dari 4 halaman

4 Zodiak yang Selalu Menunjukkan Integritas dalam Hubungannya

Setiap tanda zodiak memiliki sifat, kekuatan, dan kelemahan yang unik. Dalam hal hubungan dan cara mereka menjunjung tinggi moral, ada beberapa tanda zodiak yang menonjol karena integritas mereka yang tak tergoyahkan.

Zodiak berikut dikenal karena integritas moralnya yang konstan, dan merupakan tipe individu yang dapat Anda andalkan dalam suka dan duka. Penasaran zodiak apa saja yang selalu menjaga kenyataaan dalam hubungan mereka? Mari selami lebih dalam dan temukan 4 zodiak pada astrologi yang secara konsisten tampil dengan kejujuran dan keaslian dalam hubungan mereka.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini