Sukses

Psikolog Berbagi Tips Cara Membatasi Waktu Pemakaian Gadget untuk Anak

Berikut beberapa tips yang dibagikan oleh para ahli tentang waktu pemakaian gadget pada anak yang wajib orangtua ketahui.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu kesalahan yang kita lakukan dalam mengasuh anak adalah meminta anak menghindari screen time. Dengan perubahan zaman, penting bagi anak-anak untuk memiliki waktu layar yang sehat untuk memperoleh informasi dan pengetahuan. 

Namun, ketika mereka melewati batas waktu pemakaian gadget dan menjadi kecanduan, hal itu bisa menjadi masalah. "Beberapa orang merasa khawatir dengan menyebut layar sebagai suatu keistimewaan, namun bagi saya, itulah hakikatnya (selain menggunakannya untuk tugas sekolah atau proyek - yang saya maksud adalah penggunaan gadget untuk sebagian besar nilai hiburan). Sangat menyenangkan untuk memilikinya," tulis Psikolog Jazmine McCoy. 

Penting untuk membangun landasan komunikasi terbuka, kebiasaan menggunakan layar yang sehat, dan keamanan digital pada anak-anak sejak usia dini. Berikut beberapa tips yang dibagikan oleh para ahli dilansir dari Hindustan Times, Rabu (27/12/2023):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Buat jadwal seputar waktu pemakaian perangkat

Daripada membatasi anak-anak mengakses layar, kita sebaiknya membuat jadwal seputar waktu pemakaian perangkat elektronik. Gabungan hal-hal produktif lainnya dengan rentang waktu singkat yang didedikasikan untuk screen time dapat membantu anak-anak menantikannya, sambil tetap berpegang pada jadwal.

3 dari 5 halaman

Mengembangkan rencana media keluarga

Seluruh keluarga harus berkumpul dan memutuskan rencana media. Meskipun penting untuk menjauhkan ponsel saat makan malam bersama atau menghabiskan waktu bersama, kita juga dapat mengatur malam menonton film keluarga di mana kita semua berkumpul dan menonton film keluarga favorit kita.

4 dari 5 halaman

Pilihlah waktu layar yang berkualitas

Daripada menonton tayangan secara sembarangan, kita harus mendorong anak-anak untuk berinteraksi dengan orang lain, menyelesaikan masalah, menjadi kreatif, dan melakukan perawatan diri dengan waktu layar yang telah mereka berikan.

5 dari 5 halaman

Gunakan gadget sebagai momen pengajaran

 Kita harus menggunakan screen time untuk mengajari mereka berbagai hal. Baik itu acara TV yang informatif atau film yang bermakna, anak-anak dapat belajar banyak dari layar tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.