Sukses

Cara Praktis Membuat Singkong Goreng Renyah yang Empuk dan Merekah

Inilah cara membuat singkong goreng renyah yang empuk dan merekah

Liputan6.com, Jakarta Singkong, umbi-umbian yang kerap diolah, terutama singkong goreng yang tetap menjadi camilan favorit dengan rasa gurih dan tekstur yang renyah, mengundang selera.

Umumnya, singkong goreng banyak dijual di berbagai tempat, tetapi tidak ada salahnya mencoba membuatnya sendiri di rumah. Agar hasilnya mekar dan bagian dalam empuk, biasanya singkong harus direbus terlebih dahulu. Tidak perlu memasaknya terlalu lama, cukup direbus hingga setengah matang, lalu tiriskan dan goreng dalam minyak panas.

Meskipun cara ini membuat singkong menjadi empuk, proses menggorengnya menjadi lebih lama. Bagi yang ingin menyiasati agar tidak ribet, Anda dapat mengikuti resep dan tutorial yang dibagikan oleh pengguna TikTok @zafaranierohman. Dalam salah satu videonya, ia menunjukkan bahwa singkong tidak perlu direbus terlebih dahulu sebelum digoreng. Meski begitu, warganet ini memiliki cara tersendiri.

Yuk simak informasi selengkapnya, dirangkum dari salah satu pengguna TikTok, @zafaranierohman, pada Jumat (15/12/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Langkah ke-1

Lakukan proses pengupasan dan pencucian singkong yang akan diolah. Setelah singkong bersih, potong menjadi bagian-bagian kecil. Kemudian, lakukan proses penirisan.

3 dari 9 halaman

Langkah ke-2

Persiapkan bumbu halus yang terdiri dari 3 siung bawang putih dan 1-2 sendok teh garam. Hancurkan keduanya hingga merata dan halus. Setelah itu, masukkan bumbu halus ke dalam wadah yang berisi 1 ½ liter air, lalu aduk rata. Sisihkan sejenak.

4 dari 9 halaman

Langkah ke-3

Selanjutnya, tempatkan potongan singkong di dalam panci kukusan. Setelah disusun satu per satu, tutup panci dan kukus hingga singkong matang.

5 dari 9 halaman

Langkah ke-4

Setelah singkong matang, ambil dan rendam dalam bumbu yang telah dipersiapkan. Diamkan beberapa saat hingga singkong perlahan-lahan mengembang secara alami.

6 dari 9 halaman

Langkah ke-5

Setelah mengembang secara optimal, angkat dan tiriskan satu per satu potongan singkong. Tanpa perlu menambahkan bumbu tambahan, masukkan singkong langsung ke dalam minyak panas yang telah dipanaskan.

Selama proses penggorengan, gunakan api kompor dengan intensitas sedang. Pastikan untuk membalik singkong agar matang dengan merata. Setelah warnanya berubah menjadi cokelat keemasan, angkat dan tiriskan singkong goreng.

Dengan telah dikukus dan direndam dalam air bumbu, singkong goreng tampak sangat sempurna. Walaupun begitu, saat dibelah, teksturnya di bagian dalam tetap lembut.

7 dari 9 halaman

Kenapa Singkong Harus Direndam Dulu?

Sebelum dikukus atau direbus, singkong bisa direndam terlebih dahulu untuk mempercepat proses pemasakannya. Lamanya perendaman dapat disesuaikan sekitar 15 menit atau disesuaikan dengan kebutuhan.

8 dari 9 halaman

Apakah Singkong Bisa Dikonsumsi Secara Langsung?

Riset dari Frontiers in plant science (2017) menyarankan untuk menghindari konsumsi singkong mentah karena terdapat kandungan racun sianida yang dapat berakibat fatal. Penelitian lain menyatakan bahwa singkong dapat menyerap racun tanah jika ditanam di daerah industri.

9 dari 9 halaman

Apakah Singkong Baik Untuk Penderita Asam Lambung?

Selain dipercaya dapat meredakan gejala asam lambung dan penyakit lambung lainnya, singkong ternyata juga memiliki manfaat lain yang begitu kaya. Antara lain seperti: 1. Baik untuk diet karena meskipun tinggi karbohidrat, singkong itu rendah lemak dan rendah kolesterol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.