Sukses

Deretan Olahan Ubi Talas yang Menggoda Selera

Kelezatan dan kandungan gizi yang tinggi membuat ubi talas menjadi pilihan yang tepat untuk dinikmati sebagai camilan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta - Ubi talas, atau yang sering disebut juga sebagai talas bogor, merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang cukup populer di Indonesia.

Selain memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang lembut, ubi talas juga memiliki nilai gizi yang tinggi, sehingga sering dijadikan bahan dasar untuk berbagai jenis makanan dan cemilan.

Berikut beberapa olahan cemilan yang menggugah selera dan dibuat dari ubi talas:

1. Keripik Ubi Talas

Keripik ubi talas merupakan salah satu cemilan favorit banyak orang. Potongan-potongan tipis ubi talas dipanggang atau digoreng hingga renyah, kemudian diberi bumbu-bumbu seperti garam, merica, atau bumbu lain sesuai selera.

Rasanya yang gurih dan renyah membuat keripik ubi talas cocok dinikmati sebagai camilan saat santai di sore hari.

2. Singkong Goreng Ubi Talas

Kombinasi antara ubi talas dan singkong dalam bentuk gorengan membuat camilan ini memiliki rasa yang unik dan menggugah selera.

Potongan-potongan ubi talas dan singkong yang telah dibumbui kemudian digoreng hingga kecokelatan dan renyah. Camilan ini sering disajikan bersama dengan sambal kacang atau saus pedas untuk menambah kenikmatannya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Ubi Talas Panggang

Ubi talas panggang merupakan cemilan yang lebih sehat karena tidak menggunakan minyak untuk proses pengolahan. Potongan-potongan ubi talas dipanggang dalam oven hingga matang dan kecokelatan.

Selain itu, bisa ditambahkan bumbu seperti kayu manis atau gula untuk memberikan aroma dan rasa yang lebih kaya. Ubi talas panggang ini cocok dinikmati sebagai cemilan ringan yang sehat dan lezat.

4. Brownies Ubi Talas

Bagi pecinta kue, brownies ubi talas bisa menjadi pilihan cemilan yang menggugah selera. Penggabungan antara rasa manis ubi talas dan kelembutan tekstur brownies menciptakan harmoni rasa yang sempurna.

Brownies ubi talas ini dapat dihidangkan sebagai cemilan di acara-acara santai bersama keluarga atau sebagai teman bersantai di akhir pekan.

5. Donat Talas

Olahan cemilan dari ubi talas selanjutnya yaitu donat talas. Talas memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang hambar, cocok sekali dijadikan bahan membuat donat.

Adapun caranya antara lain, campur talas kukus dan bahan dasar donat, lalu goreng hingga kuning keemasan dan sajikan bersama aneka topping.

Dari keripik hingga kue, ubi talas dapat diolah menjadi berbagai macam cemilan yang menggugah selera. Kelezatan dan kandungan gizi yang tinggi membuat ubi talas menjadi pilihan yang tepat untuk dinikmati sebagai camilan sehari-hari.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba berbagai olahan camilan dari ubi talas ini dan nikmati kelezatannya bersama keluarga dan teman-teman terdekat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.