Sukses

Rekam Perjalanan Spiritual Mendiang Kiki Fatmala, Pernah Memeluk Agama Islam

Artis sekaligus model Kiki Fatmala wafat setelah melawan penyakit kanker. Jenazahnya dikebumikan di San Diego Hills. Perjalanan spiritual Kiki menuai perhatian sejak pindah agama ke Kristen.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka masih menyelimuti dunia hiburan tanah air atas meninggalnya artis sekaligus model yaitu Kiki Fatmala. Ia meninggal dunia usai berjuang melawan penyakit kanker. Jenazah Kiki kini dimakamkan di pemakaman San Diego Hills, pada Sabtu (2/12/2023).

Selain dikenal melalui film horor “Si Manis Jembatan Ancol”, perjalanan spiritual Kiki Fatmala juga kerap mencuri perhatian publik. Diketahui, Kiki Fatmala memutuskan untuk pindah agama.

Sebelumnya Kiki memeluk agama Islam namun setelah itu ia memilih pindah ke agama Kristen. Meski jarang tersorot, sebelum memeluk agama Kristen, Kiki Fatmala sempat mengunggah potret dirinya mengenakan hijab.

Melalui tayangan di platform YouTube, 'Kesaksian KIKI FATMALA Percaya Tuhan Yesus & Dibaptis', Kiki mengungkap perpindahan agamanya dari Islam ke Kristen sejak tahun 2014. 

Penasaran seperti apa rekam perjalanan spiritual Kiki Fatmala? Yuk selengkapnya yang dilansir dari berbagai sumber, Senin (04/12/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Profil Kiki Fatmala

Kiki Fatmala merupakan artis senior asal Indonesia yang lahir pada 14 Agustus 1967 di Jakarta. Kiki juga dikenal sebagai seorang perempuan keturunan Sunda-Minahasa dan Pakistan-Iran.

Kiki sudah pernah menikah pada 14 Agustus 2004 bersama Christian Froeschel di Swetle, Austria. Namun pernikahannya tidak berlangsung lama karena hanya bertahan selama dua tahun hingga akhirnya bercerai pada 5 Desember 2006.

Setelah 14 tahun lebih menjanda, Kiki kemudian menikah lagi dengan seorang bule bernama Christopher pada akhir 2020. Saat itu, pernikahannya berlangsung secara tertutup dan hanya dihadiri oleh para keluarga dan teman dekatnya saja.

3 dari 11 halaman

Sempat Curi Perhatian saat Mengenakan Hijab

Pada awal ketenarannya, Kiki Fatmala terkenal sebagai penganut agama Islam, di mana potretnya mengenakan hijab mencuri perhatian. Dalam potret tersebut, Kiki terlihat memakai hijab hitam yang dihiasi oleh manik-manik serta mengenakan baju gamis bermotif. Kiki Fatmala juga dulunya sering kali terlihat mengikuti acara kerohanian Islam. 

4 dari 11 halaman

Mengaku Sudah Pindah Agama

Tepat di tahun 2014, Kiki Fatmala mengaku sudah pindah agama. Hingga di tahun 2019 foto Kiki dibaptis ini kerap menjadi perbincangan publik. Kiki mengaku terinspirasi dengan agama Kristen karena mendengar lagu rohani.  Ia mengatakan bahwa sering kali menangis ketika mendengar lagu rohani terutama saat sedang diterpa masalah hidup.

Seiring berjalannya waktu, Kiki Fatmala akhirnya memutuskan untuk berpindah agama dari Islam ke Kristen. Kiki juga sempat menceritakan mengenai kehidupannya usai berpindah agama. 

Ia juga mengaku bahwa kehidupannya lebih damai setelah memilih taat atas perintah Tuhan. Selain merasa lebih damai, Kiki menyebutkan bahwa ia memiliki kehidupan yang bahagia, termasuk dengan pernikahannya bersama Christopher. Bahkan ia merasa tidak terlalu memikirkan hal-hal yang bersifat duniawi.

5 dari 11 halaman

Sebelum Meninggal, Kiki dikenal Sebagai Sosok yang Religius

Dilansir dari YouTube Melaney Ricardo, Senin (04/11/2023), Kiki Fatmala mengatakan bahwa sebelum meninggal, ia ingin beribadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan. 

Tak hanya mendekatkan diri, namun artis pemeran Kesurupan Setan (2014) itu ingin mengamalkan firman Tuhan.

"Aku ingin ibadah, mendekatkan diri lagi dengan Tuhan, aku ingin menjadi manusia yang lebih baik. Aku ingin menjalankan bukan cuman mendengarkan firman, tapi aku ingin menjalankan firman itu, iya jadi pelaku firman," ungkap Kiki Fatmala.

6 dari 11 halaman

Sering Berkunjung ke Wisata Religi

Kiki Fatmala sering mengunjungi tempat-tempat wisata religi, termasuk Tembok Ratapan di Yerusalem. Dalam foto tersebut, terlihat Kiki mengenakan baju lengan panjang berwarna hijau yang serasi dengan sepatunya. Selain itu, ia memakai jeans panjang dan syal di lehernya.

7 dari 11 halaman

Kiki Fatmala Anak Siapa?

Diketahui Kiki Fatmala adalah anak kandung dari Fatma Farida.

8 dari 11 halaman

Apakah Kiki Fatmala Punya Anak Kandung?

Diketahui bahwa Kiki Fatmala dan Christopher tidak mempunyai anak kandung.

9 dari 11 halaman

Suami Kiki Fatmala Kerja Apa?

Diah Permatasari sedikit memberi bocoran bahwa suami kedua Kiki Fatmala tersebut berprofesi sebagai seorang konsultan.

10 dari 11 halaman

Si Manis Jembatan Ancol Kiki Fatmala Tahun Berapa?

Sinetron yang ditayangkan pertama kali pada 1998 di Indosiar tersebut dibintangi oleh Kiki Fatmala yang berperan sebagai Mariam.

11 dari 11 halaman

Bagaimana Awal Mula Kiki dan Christopher Bertemu?

Christopher dan Kiki Fatmala pertama kali bertemu ketika sedang melakukan senam. Dari situ, benih-benih cinta keduanya mulai tumbuh. Menurut informasi, Kiki Fatmala dan Christopher telah berkencan dalam waktu yang cukup lama sebelum akhirnya menikah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.